10 Makanan Nikmat Khas Kuliner Papua

Ini saatnya memanjakan lidah dan perut dengan makanan nikmat khas Papua. Beragam makanan khas yang wajib dicoba semua. Walaupun ada juga makanan yang sedikit ekstrim dan bagi yang terbiasa maka akan berpikir beberapa kali untuk mencoba. Tapi, mumpung ada di Papua kenapa nggak mencoba makanan yang berbeda dengan makanan yang biasa kita makan.

1.Sate Ulat Sagu

Untuk beberapa orang mungkin ini jenis kuliner yang sedikit ekstrim. Ulat sagu didapat dari pohon sagu yang sudah tua lalu diolah dengan cara dibakar seperti sate. Jika datang ke Raja Ampat maka sate ulat sagu menjadi makanan khas di sana. Walaupun banyak yang geli makan sate ulat sagu ini tapi makanan ini nikmat dan mengandung protein tinggi. Berani mencoba nggak?

2. Papeda Ikan Kuning

Papeda merupakan makanan khas Papua yang bentuknya berupa bubur sagu. Biasanya dimakan bersama dengan ikan kuah kuning. Konon katanya akan lebih nikmat jika dimakan tidak mengenakan sendok tapi langsung diseruput seperti minum.

3. Udang Selingkuh

Nah, ini udang paling terkenal di Papua. Wisatawan yang datang ke sini pasti mencari udang selingkuh. Namanya memang udang selingkuh karena bentuknya yang unik. Ia memiliki capit seperti kepiting dan memiliki tubuh seperti udang. Jadi, udang ini selingkuh dengan kepiting maka bentuknya menarik. Udang selingkuh hanya hidup di sungai lembah Baliem tapi tersedia di banyak rumah makan di sana. Kalau ke Papua, jangan lupa makan udang selingkuh. Sajian ini sangat populer.

4. Martabak Sagu

Ini bukan martabak biasa seperti martabak telor atau martabak manis yang sering kita makan. Martabak ini terbuat dari sagu yang dihaluskan dan digoreng lalu diberi gula merah. Makanan ini menjadi makanan khas di daerah Fakfak. Tapi dijamin, nikmanya juara banget!

5. Ikan Bakar

Sebagai daerah yang kaya dengan beragam ikan maka sajian ikan tongkol bakar ini menjadi makanan khas daerah Manokwari. Rasanya yang pedas ditemani dengan nasi hangat dan sambal untuk penambah nikmat, dijamin deh makan bisa tambah terus.

6. Ikan Bungkus

Ikan bungkus mirip seperti pepes ikan. Hanya saja masakan ini menggunakan ikan laut dan campuran bumbu lain yang membuat rasanya menjadi khas.

7. Gabus Danau Sentani

Danau Sentani memiliki beragam jenis ikan tawar, diantaranya adalah ikan gabus, ikan pelangi Sentani, ikan Pelangi Merah dan Hiu Gergaji. Di beberapa rumah makan disediakan ikan gabus sentani yang nikmat banget.

8. Ayam Cemete

Masakan ini berupa ayam bakar yang diberi bumbu kacang mete. Campuran kacang mete ini yang membuat rasa ayam berbeda dengan hidangan ayam lainnya. Dihidangkan dengan nasi panas dan sambal maka rasa di lidah begitu nikmat.

9. Roti Gulung Abon

Makanan ini bisa jadi oleh-oleh saat pulang ke rumah. Roti gulung ambon ini memiliki tekstur roti yang lembut dan abon yang nikmat. Jadi, selain belanja souvenir untuk oleh-oleh, roti gulung abon bisa jadi pilihan.

10. Sayur Ganemo

Sayur ganemo biasa dijumpai di daerah Danau Sentani. Sayur ini terdiri dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya dan cabai. Akan lebih nikmat jika dimakan bersama dengan Ikan Kuah Kuning dan Papeda.