Makanan Lezat Italia Ini Wajib Anda Coba

Ciao! Italia terkenal akan menara Pisanya yang mirip dan kelezatan pizzanya yang tak tertandingi. Selain karena alamnya juga indah, ternyata Italia memiliki keberagaman budaya yang sangat kompleks. Hampir sama seperti Perancis, Italia memiliki banyak bangunan yang bergaya abad pertengahan, memberikan kita sensasi seperti hidup di zaman pertengahan. Kuliner Italia juga tidak kalah mengagumkan! Dengan citarasa gurih dan nikmat, membuat semua orang ketagihan untuk mencicipi semua hidangan Italia. Dari seluruh hidangan tersebut, ada beberapa rekomendasi hidangan yang patut Anda coba agar tidak menyesal nantinya! Silakan disimak, ya!

1. Chicken Parmigiana

Masakan berbahan dasar ayam ini sering juga disebut sebagai Parmi atau parma, berasal dari daerah Parmigiana. Masakan ini terbuat dari dada ayam yang dilapisi tepung roti atau ayam schnitzel, disajikan dengan saus neapolitan yang terbuat dari tomat dan keju. Chicken Parmigiana juga disajikan bersama dengan kentang dan ham, dan ini membuat kandungan lemaknya bertambah. Hidangan ini memiliki citarasa yang tinggi dan cocok disantap saat bersama keluarga besar.

2. Panino

Masih bersama daging, Panino termasuk ke dalam salah satu jenis sandwich ala Italia. Roti yang biasa digunakan untuk menghidangkan Panino adalah ciabatta, rosetta dan baguette. Panino biasanya berisi daging asap, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya, dipadukan dengan bumbu khas Italia membuat masakan ini menjadi sangat lezat.

3. Tramezzino

Sama seperti Panino, Tramezzino juga salah satu jenis sandwich. Di dalamnya diisi dengan potongan ikan tuna, keju dan zaitun serta prosciutto. Tramezzino tergolong makanan yang murah dan dapat dijumpai dimana saja.

4. Tortellini

Tortellini merupakan sejenis pasta yang di dalamnya berisi daging dan keju. Masakan ini biasanya disajikan dengan kaldu daging yang kental. Ada pula versi instan Tortellini, yaitu Tortellini yang dikemas. Cukup dengan menghangatkan Tortellini instan di microwave dan hidangan siap disajikan.

5. Spaghetti

Siapa yang tidak kenal dengan masakan ini? Spaghetti adalah sejenis pasta yang terbuat dari gandum semolina. Cara penyajiannya pun dengan direbus hingga matang lalu disajikan dengan saus tomat dan potongan daging sapi. Banyak juga spaghetti yang disajikan dengan saus khas Italia yang kaya rasa dan nikmat.

6. Pizza

Ah, pizza! Makanan yang terbuat dari roti yang dipanggang dan diberi topping yang beragam ini sudah sangat mendunia. Toko-toko yang menjual pizza atau yang biasa disebut dengan pizzeria biasanya menjual berbagai macam jenis pizza mulai dari yang gurih, pedas, manis dan creamy. Sangat cocok bila disantap bersama keluarga karena porsinya yang pada umumnya besar.

7. Tiramisu

Hmm… Manisnya tiramisu memang menggoda. Tiramisu memiliki rasa seperti kopi sehingga banyak diminati. Hidangan ini terbuat dari terbuat dari kue berbentuk jari (Savoiardi) dicelupkan dalam kopi, dibuat berlapis dengan campuran kuning telur, putih telur, gula dan keju mascarpone, dibumbui dengan bubuk coklat. Resep tiramisu sudah mendunia dan banyak diadaptasi dan dimodifikasi, dengan menambahkan keju, susu dan bahan lainnya.

8. Bruschetta

Bruschetta merupakan roti panggang yang dimasak dengan bawang putih dan atasnya diberi taburan minyak zaitun, garam dan merica. Topping Bruschetta yang bisa dihidangkan yaitu daging sapi, ayam, keju, tomat, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Bisa juga ditambah dengan kemangi segar. Bruschetta sangat cocok untuk mengganjal lapar karena pembuatannya pun mudah.

9. Panna Cotta

Panna Cotta merupakan hidangan sejenis puding yang terbuat dari krim, susu dan gula dan penambahan gelatin. Panna Cotta biasanya disajikan dengan buah, karamel ataupun saus cokelat.

10. Lasagna

Yang terakhir merupakan makanan pertama yang diciptakan di Italia. Lasagna dibuat dengan cara meletakkan lapisan pasta di atas lapisan saus secara berselang-seling, dibuat dengan ragù, bechamel, dan Parmigiano Reggiano. Di luar Italia, Lasagna biasanya dibuat dengan ricotta atau keju mozzarella, saus tomat, berbagai daging (misalnya daging sapi, babi atau ayam), sayuran (misalnya, bayam, zucchini, jamur) dan biasanya dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan oregano kemudian dimasak dalam oven.