10 Makanan Khas Negeri Gajah Putih yang Wajib Anda Coba

Gambar Penjual Thailand di Perahu

Anda memiliki rencana berkunjung ke Thailand dalam waktu dekat ini? Thailand memang negara yang indah. Bukan saja pantai dan keadaan alamnya, kulinernya pun sedap dan bikin ketagihan! Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya yang khas akan citarasanya yang asam dan pedas. Berikut ini ada beberapa rekomendasi makanan khas Thailand yang wajib Anda coba.

 

1. Tom Yam Gung

Anda pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Ya, Tom Yam! Masyarakat Thailand lebih sering memanggilnya Tom Yum Gung Nam Kohn, karena bisa dicampur dengan perasan santan. Tom Yam memiliki rasa yang asam dan pedas, ditambah dengan jeruk nipisnya membuat hidangan ini terasa segar di mulut walaupun menggunakan santai. Terbayang rasanya, bukan?

2. Gang Keow Wan

Campuran pasta kari hijau, rebung, irisan daging ayam, santan, daun basil, lengkuas, serai, hingga terong Thailand membuat Gang Keow Wan menjadi salah satu hidangan yang paling dicari-cari turis di Thailand. Rasanya yang kaya akan rempah membuat lidah menjadi ingin mencicipi lagi dan lagi. Ditambah dengan sepiring nasi hangat, nikmatnya tak dapat dikalahkan.

3. Panang Gai

Panang Gai ini masih masuk ke dalam ranah kari, dan merupakan campuran pasta kari merah yang digoreng dengan suwiran daging ayam sebelum disirami santan. Ditambah dengan perasan jeruk nipis, sensasi pedas dan segarnya “bikin melek”!

4. Gang Som Pak Ruam

Gang Som Pak Ruam terbuat dari perpaduan wortel, daun kubis dan kacang hijau dan biasa disajikan bersama telur dadar dan sayuran hijau khas Thailand. Sup fusion ini memiliki rasa yang asam dan segar yang dapat membangkitkan semangat Anda untuk berlibur di Thailand.

5. Gang Massaman

Gang Massaman juga masih sejenis kari, namun rasanya lebih manis dari kari-kari yang lainnya. Saus karinya dibuat dari kombinasi pasta kari, santan, dan rasa yang kuat dihasilkan dari kacang, sedikit pala dan kayu manis, terbayang betapa harumnya perpaduan rempah ini. Massaman biasa disajikan dengan suwiran ayam dan potongan kentang. Tidak sabar untuk mencoba?

6. Gai Pad Pongali

Gai Pad Pongali terbuat dari daging ayam, bawang, tomat, dan juga paprika, semuanya kemudian dicampurkan dengan pasta kari kuning dan disajikan dengan telur. Gai Pad Pongali sangat nikmat bila dimakan bersama nasi, plus ditambah sedikit cacahan daun peterseli. Mengenyangkan!

7. Kai Jiew Moo Saap

Mungkin inilah menu yang paling sederhana. Dadar telur. Ya, namun tetap nikmat kok dengan ekstra daging bacon di dalamnya!

8. Jim Jum

Jim Jum terbuat dari kubis, telur, soun, dan daun basil khas Thailand yang direbus dalam kaldu bacon yang aromatik, dan disajikan dalam pot. Pot? Ya, pot yang terbuat dari tanah liat. Namun, bukan berarti ini makanan yang kotor, loh, justru kandungan gizi Jim Jum sangat tinggi dan merupakan sup yang nikmat disantap saat cuaca dingin.

9. Gang Jued

Gang Jued sangat pas untuk Anda pencinta makanan sehat. Bagaimana tidak, bahan-bahan untuk membuat Gang Jued seperti wortel, kubis, bawang, tahu, soun, daging bacon yang dicincang halus, hingga daun peterseli, memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dengan warna hidangan yang segar dan memikat. Hmm!

10. Kao Na Phet

Bebek panggang khas Thailand ini memang patut dicoba dengan nasi putih hangat dan sup bebek. Yummy. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencobanya?