Keuntungan Menerbitkan  E-Book Di Amazon Kindle

Home » Keuntungan Menerbitkan  E-Book Di Amazon Kindle

Keuntungan Menerbitkan  E-Book Di Amazon Kindle

Bagi anda yang kebetulan memiliki bakat sebagai penulis dan ingin karyanya dapat diakses oleh para pembaca  di seluruh dunia, maka menerbitkan E-Book di Amazon Kindle merupakan cara paling ampuh yang bisa dicoba.

Aplikasi Amazon Kindle yang dirilis pada 9 November 2011 memungkinkan para pengguna/pembaca untuk membeli, mengunduh serta membaca berbagai judul buku, majalah, surat kabar dalam format e-book yang tersedia pada Kindle Store.

amazon kindle dilut wye74ko

(sumber udemy.com)

Selain mudah dan cepat, menerbitkan buku pada platform ini juga tidak dikenai biaya sepeser pun alias gratis. Hal ini mungkin terasa kontras jika buku-buku anda diterbitkan oleh penerbit konvensional yang memakan waktu berbulan-bulan, dengan resiko penolakan atau revisi dari penerbit yang cukup membuat frustasi dan kehilangan semangat dalam menulis.

ebook amazon kindle dilut aihe8w8ji

(sumber amazon.com)

Berbagai karya tulis dengan beragam genre dapat diterbitkan melalui platform tersebut yang tentunya akan memberikan keleluasan dalam mengekspresikan ide-ide brilian anda kepada komunitas internasional. Jika buku anda diterima dengan baik, maka bukan suatu yang mustahil bila popularitas berlevel dunia akan segera menghampiri anda.

karya buku elektronik amazon dilut inuy87bh7

(sumber amazon.com)

Jika anda melakukan pencarian  lebih jauh di internet, maka akan anda temukan banyak penulis amatir/non professional yang telah meraup keuntungan ribuan dollar setiap bulannya hanya dengan menerbitkan karya-karya ebook mereka di Amazon Kindle. Bagi mereka, Amazon Kindle menjanjikan passive income yang lumayan besar. Karena itulah, mengapa banyak sekali para penggiat media sosial selalu menganjurkan para freelancer untuk menggunakan platform ini.

membaca buku elektronik amazon dilut 8n7y987gr5

(sumber howtogeek.com)

Menariknya, tidak hanya buku berbahasa Inggris yang diterbitkan oleh Amazon Kindle, akan tetapi buku-buku dari berbagai bahasa di dunia bisa diterbitkan melalui platform ini.

ilustrasi membaca ebook amazon kindle dilut 98987ssnji

( sumber : celebral-overload)

Berikut ini merupakan lima keuntungan menerbitkan E-Book di Amazon Kindle :

1. Langsung Diterbitkan dan Tidak Ada Biaya Penerbitan Sama Sekali

Anda cukup log-in di situs Amazon Kindle tanpa dikenakan biaya registrasi, lalu upload karya anda berdasarkan petunjuk yang ada, maka dalam waktu biasanya tidak lebih dari dua atau tiga hari, buku-buku anda pun akan dapat  diakses oleh para pembaca internasional. Menariknya pada saat mengupload karya E-Book Anda, pihak situs Kindle Amazon akan memberikan segala kemudahan lainnya, seperti menawarkan pembuatan cover buku yang sudah tersedia dengan berbagai ilustrasi dan layout, sehingga anda tak perlu lagi bersusah payah membuat cover bagi buku anda.

Pihak Amazon sangatlah memahami bahwa tugas seorang penulis adalah menulis, bukan mendesain buku. Para penulis berbakat seperti anda mesti diberikan segala kemudahan dalam menerbitkan dan memasarkan buku-buku hasil karya anda.

2. Royalti Penjualan Buku Bisa Mencapai 70%

Jika dibandingkan dengan berbagai penerbit konvensional yang hanya memberikan royalti penjualan buku sebesar 8 hingga 15%, maka royalti yang bisa anda dapatkan pada platform ini adalah sebesar 70% dengan ketentuan buku yang anda jual harus di atas US$ 2,99.  Cukup menggiurkan, bukan?  Apalagi di platform tersebut, hasil royalti anda dapat ditransfer ke rekening anda setiap bulannya. Hal ini cukup berbeda dengan para penerbit buku konvensional yang biasanya mengeluarkan kebijakan pentransferan royalti penjualan setiap enam bulan sekali.

Oh iya, perlu diketahui juga, selain berformat buku, Kindle Amazon juga memasarkan karya anda ke seluruh dunia dalam format kertas dengan royalti fantastisnya yang juga mencapai 70%.

3. Segmen Pembaca Yang Lebih Luas

Amazon digadang-gadang sebagai retailer berbasis online terbesar di dunia yang sudah tidak lagi diragukan kredibilitasnya, bahkan lebih besar dari para pesaing utamanya, yaitu aplikasi –aplikasi e-book di Android dan Apple. Tidak hanya itu, berdasarkan sebuah penelitian, Amazon merupakan salah satu dari sepuluh website paling dikunjungi pengguna internet dunia dan satu dari lima website paling dikunjungi di Amerika Serikat.

Karena itulah tak mengherankan, jika anda menerbitkan buku anda pada platform ini, maka target segmen pembaca untuk karya ebook Anda, akan lebih luas yang mencakup para pembaca di hampir seluruh benua. Apalagi para pembaca pun dapat membaca karya anda melalui PC computer, tablet maupun smartphone.

4. Kebebasan Merevisi Karya Anda Termasuk Harga Jual Buku

Tidak seperti penerbit konvensional pada umumnya yang sangat mengikat para penulis dari beberapa aspek, maka dalam menerbitkan buku pada platform ini, anda akan diberikan kebebasan untuk secara cepat dan simpel memodifikasi dan merevisi layout cover buku dan substansi pada isi buku, kemudian mengupload-nya kembali seperti sediakala.

Tidak hanya itu, yang tentunya sangat mengejutkan adalah pihak Amazon pun memberikan keleluasaan dan tidak merasa keberatan jika anda harus merevisi harga jual buku elektronik anda, apakah akan dijual lebih mahal atau lebih murah.

5. Amazon Pun Akan Mempromosikan Karya Anda

Mengingat ketatnya persaingan dalam menjaring para pembaca dunia, pihak Amazon yang begitu menghargai kerja keras para penulis pemula seperti anda, telah membuat berbagai program menarik yang bisa anda ikuti. Salah satu program tersebut adalah KDP Select dimana ketika buku anda didaftarkan pada program tersebut, maka buku anda akan dipromosikan secara otomatis dan gratis selama 5 hari setiap 90 hari.

Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk menarik banyak review terhadap buku anda, yang pastinya akan menaikkan harga jual buku anda di kemudian hari usai masa promosi tersebut. Namun tentunya, pada saat buku anda dipromosikan selama lima hari itu, para pengguna/pembaca di seluruh dunia dapat mengunduh atau membaca buku elektronik anda secara gratis, dan karena itulah, anda tidak diberikan royalti oleh Amazon.

6. Dapat Mengecek Laporan Penjualan Kapan pun Anda Inginkan

Nah satu lagi keuntungan menerbitkan / menjual E-Book melalui amazon kindle ini adalah anda diberikan akses untuk memonitor perkembangan penjualan setiap harinya. Jadi kapan pun anda mau, anda cukup membuka situsnya dan mengklik tombol report yang ada. Maka data-data statistik mengenai penjualan buku anda pun, akan segera ditampilkan dengan penuh transparan.

*Penulis : Sugiri Plara

By | 2019-03-10T17:35:44+00:00 March 10th, 2019|Bisnis|0 Comments

Leave A Comment