Keuntungan , Manfaat dan Cara Kerja Asuransi Jiwa

Home » Keuntungan , Manfaat dan Cara Kerja Asuransi Jiwa

Apa Itu Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa adalah kontrak atau perjanjian antara penerbit polis asuransi dengan nasabah yang menjamin pembayaran dana kepada pihak yang ditanggung oleh nasabah (contohnya keluarga) jika sewaktu-waktu nasabah pemegang polis asuransi meninggal dunia.

Pihak penerbit polis menjamin akan membayarkan ganti rugi kematian kepada pihak yang ditanggung nasabah sebagai ganti dari pembayaran premi nasabah.

Tujuan dari asuransi jiwa adalah memberikan perlindungan finansial kepada pihak yang ditanggung oleh nasabah jika sewaktu-waktu nasabah pemegang polis asuransi meninggal dunia.

Sebelum membeli polis asuransi jiwa, penting bagi nasabah untuk menganalisis terlebih dahulu kondisi keuangannya dan menentukan biaya hidup yang diperlukan oleh pihak yang ditanggung nasabah.

Peran agen asuransi penting dalam menilai kebutuhan pihak yang ditanggung nasabah dan menentukan jenis asuransi jiwa mana yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Meninjau ulang kebutuhan asuransi jiwa setiap tahun atau ketika ada peristiwa penting seperti perceraian, kelahiran, adopsi anak atau pembelian aset besar seperti rumah merupakan tindakan yang bijaksana.

Cara Kerja Asuransi Jiwa

asuransi jiwa dilut 8787d8i89

Mengutip dari laman Investopedia.com, paling tidak ada tiga komponen penting dalam asuransi jiwa:

1. Death benefit

Death benefit adalah semacam ganti rugi kematian.

Perusahaan asuransi akan menjamin pembayaran sejumlah uang kepada pihak yang ditanggung nasabah yang tercantum dalam polis jika sewaktu-waktu nasabah pemegang polis meninggal dunia.

Nasabah akan memilih jumlah uang ganti rugi kematian (death benefit) yang diinginkan sesuai dengan penghitungan kebutuhan ahli waris yang masih hidup di masa depan. Selanjutnya perusahaan asuransi akan menentukan apakah nasabah dapat memperoleh perlindungan berdasarkan kriteria dari underwriting.

2. Premi

Premi adalah pembayaran rutin yang didasarkan pada statistik aktuaria.

Nasabah akan dikenakan biaya asuransi, atau sejumlah dana yang dibutuhkan untuk menutupi biaya kematian (mortality cost), biaya administrasi atau biaya lainnya terkait pemeliharaan polis asuransi. Faktor lain yang mempengaruhi besarnya premi adalah umur, riwayat medis, resiko pekerjaan dan resiko dari kebiasaan buruk nasabah.

3. Cash Value

Nilai kas (cash value) pada asuransi jiwa memiliki dua tujuan:

Pertama sebagai tabungan yang dapat digunakan oleh pemegang polis selama masa hidup pihak yang diasuransikan dengan akumulasi kas yang pajaknya ditangguhkan. Beberapa polis mungkin membatasi penarikan kas, tergantung dari penggunaan uang yang telah ditarik tersebut.

Tujuan kedua dari nilai kas adalah mengimbangi kenaikan biaya asuransi.

Manfaat atau Keuntungan Asuransi Jiwa

1. Memberikan Keamanan dan Perlindungan

Keunggulan utama dari asuransi jiwa adalah mampu menawarkan keamanan dan perlindungan kepada keluarga Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Jika Anda membeli polis asuransi, perlindungan dan keamanan keluarga Anda dari kondisi yang tidak menentu akan lebih terjamin.

2. Masalah Utang

Jika Anda memiliki masalah utang, asuransi jiwa akan menjamin pelunasan utang-utang Anda. Tidak ada seorang pun yang menginginkan utang turunan dari anggota keluarga yang telah meninggalkannya. Asuransi jiwa akan memastikan masalah seperti itu tidak akan terjadi. Baik itu utang properti, utang pribadi atau utang jenis lainnya, polis asuransi yang telah Anda beli akan membantu untuk melunasi semuanya.

3. Perencanaan Dana Pensiun

Ketika Anda pensiun, pendapatan bulanan Anda juga akan berakhir. Ini mungkin akan menjadi sumber stress dan kekhawatiran Anda. Tetapi polis asuransi dapat memastikan masalah seperti ini tidak akan terjadi. Begitu Anda menganggarkan uang Anda untuk rencana dana pensiun, di masa pensiun Anda akan menikmati hasilnya.

4. Rencana dan Mimpi Jangka Panjang

Anda selalu dapat memenuhi harapan, mimpi atau rencana jangka panjang Anda menggunakan uang dari asuransi jiwa. Anda dapat membangun bisnis Anda sendiri atau membeli rumah dari dana ini.

5. Bisnis Berjalan Lancar

Asuransi jiwa selain menguntungkan bagi keluarga dan rencana jangka panjang Anda, juga menguntungkan bagi bisnis Anda. Ada banyak jenis asuransi jiwa. Salah satunya adalah asuransi jiwa berjangka (term insurance) yang dapat memberikan perlindungan pada jangka waktu yang tetap dan keuntungan akan dibayarkan di saat Anda meninggal.

6. Aman dari Pajak

Salah satu alasan lainnya yang membuat investasi asuransi jiwa unggul adalah karena aman dari pajak. Terlepas dari rencana pembelian polis yang Anda inginkan, beberapa polis yang berbeda dapat memberikan keamanan terhadap pajak.

7. Semakin Awal Memulai Semakin Baik

Semakin awal Anda memulai berinvestasi pada asuransi jiwa, hasil yang Anda dapatkan akan semakin baik. Ketika Anda semakin bertambah tua, Anda semakin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan polis asuransi. Seiring pertambahan usia juga, kondisi kesehatan Anda menjadi semakin tidak menentu. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperoleh harga polis yang lebih murah jika Anda membeli polis pada usia muda. Jadi, alasan itulah yang dapat meyakinkan Anda untuk memperoleh polis pada usia yang masih muda.

8. Sebagai Salah Satu Tabungan

Tak diragukan lagi, asuransi jiwa dapat berperan sebagai alat dan salah satu sumber uang tabungan. Asuransi jiwa ibarat celengan hidup Anda, uang maupun dana investasi dapat Anda masukkan ke dalamnya. Selain itu berbagai polis yang ditawarkan dapat menjamin keamanan masa depan Anda. Ketika Anda membayar premi, uang ekstra ditambahkan dalam bentuk nilai kas (cash value). Anda dapat menarik kas ini atau membelikan polis lagi.

9. Ketentraman Jiwa

Anda tidak dapat menghindar dari tragedi kehidupan yang datang secara tiba-tiba. Kematian adalah salah satu tragedi yang datang tanpa terduga. Jika Anda memiliki asuransi jiwa, pikiran Anda akan tenang. Anda sadar bahwa ada perlindungan dan kestabilan finansial yang dapat Anda berikan pada keluarga dan kerabat ketika Anda tiada. Bahkan polis yang paling kecil sekalipun dapat memberikan manfaat yang sangat besar di masa-masa sulit.

Memutuskan untuk membeli polis asuransi jiwa memang suatu keputusan besar. Begitu polis didapat, nasabah perlu membayar premi dalam waktu yang sangat lama dengan nilai yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, nasabah dan perusahaan asuransi. Namun hasilnya, asuransi jiwa mampu memberikan perlindungan keuangan pada Anda dan keluarga di masa depan.

About the Author:

Leave A Comment