Keterampilan Wajib Seseorang Yang Baru Memiliki Bayi

Kehadiran si kecil di tengah Anda, menuntut sebagai seorang ayah baru Anda harus belajar beberapa keterampilan ini dengan cepat. Keterampilan ini umumnya sudah dimiliki ibu, dan sebaiknya keterampilan ini juga dimiliki ayah.

Berikut ini adalah keterampilan yang wajib dimiliki seorang ayah baru, yaitu:

Menggendong Bayi

Gendonglah bayi Anda dengan penuh percaya diri, berikut tip sederhana menggendong bayi:

  1. Letakkan satu tangan Anda di belakang kepala dan leher bayi, topang kepalanya dengan telapak tangan dan tangan kanan menopang tubuh dan bokongnya.
  2. Angkat dan dekap bayi Anda lalu letakkan kepala bayi dalam lipatan siku dengan posisi satu tangan tetap menyangga bokong hingga punggung. Posisi kepala bayi harus lebih tinggi dari bokong.
  3. Pada usia tiga bulan bayi dapat mengangkat kepalanya. Anda dapat menggendongnya dengan tangan kiri diletakkan di atas dadanya, dan tangan kanan menahan bokongnya, dan posisi bayi menghadap ke depan. Bau tubuh, kontak kulit, suara, dan kehadiran Anda akan membentuk ikatan batin yang kuat dengan si kecil.

Mengganti Popok Bayi

Bayi seringkali buang air kecil, dan pup (buang air besar) sehingga popoknya wajib diganti segera.  Almarhum Abdurrahman Wahid, adalah ayah yang pintar mengganti popok, ujar Istrinya Sinta Nurwahid, dalam sebuah acara di televise. Persiapkanlah dalam mengganti popok si kecil adalah sebagai berikut.

  1. Letakkan semua kebutuhan untuk mengganti popok dalam jangkauan Anda.
  2. Saat mengganti popok, tarik dari depan ke belakang, agar tidak ada kotoran yang tertinggal.
  3. Bersihkan dengan tisu basah, dari depan ke belakang, lalu keringkan.
  4. Pasangkan popok baru, pilihlah model popok celana untuk memudahkan Anda.

Menidurkan Bayi

Kondisi tidur bayi adalah mudah terbangun, tidur nyenyaknya hanya berlangsung 50-60 menit. Untuk menidurkan bayi, nyanyikanlah sebuah lagu pengantar tidur : Nina Bobo, Belaian Sayang, dan lain-lain. Gantilah lirik lagunya dengan nama anak Anda.

Memandikan Bayi

Untuk memandikan bayi dibutuhkan sebuah keterampilan khusus, yaitu:

  1. Gunakan tangan Anda untuk memeriksa suhu air, pastikan suhu air merata.
  2. Dalam posisi terlentang, dengan kepala dan leher tersangga tangan, letakkan bayi dalam bak mandi.
  3. Gunakan tangan lain untuk membasuh seluruh badan bayi.
  4. Basahi lap dengan sedikit sabun dan air, kemudian usap muka, leher, dan area seputar telinga.
  5. Basahi lap lainnya dengan sedikit sabun da air, kemudian bersihkan bagian punggung, bokong, dan kaki.
  6. Bayi cepat merasa dingin, maka tak perlu waktu lama dalam memandikan bayi. Setelah 2 menit, segera bungkus dengan handuk dan keringkan.

Mengenali Isyarat Tangisan Bayi

Bayi hanya memiliki satu bahasa. Apa pun dikomunikasikan dengan cara menangis. Ketika perasaan bayi membuat perasaan Anda tidak nyaman, kenalilah apakah isyarat yang hendak dikatakan si kecil. Apakah ia pup, lapar, haus, kepanasan, mengantuk, dan sebagainya.