Ketahuilah Penyebab Stunting Agar Tidak Terjadi Pada Anak Anda

Pernahkah Anda mendengar penjelasan mengenai tinggi badan seseorang kurang dari batas standar diakibatkan oleh asupan gizi yang kurang? Atau, pernahkah Anda mendengar penjelasan mengenai gangguan pertumbuhan linier pada anak karena asupan gizi yang kurang? Jika belum, tentu Anda lebih familiar dengan kata “stunting”. Dua penjelasan sebelumnya merupakan pengertian dari stunting. Zaman dulu dan zaman sekarang, stunting masih terlihat. Coba perhatikan tinggi badan anak-anak saat ini. Pernahkah Anda bertanya mengapa cenderung pendek-pendek atau mengapa ada yang tinggi dan ada yang pendek? Bagaimana dengan anak Anda sendiri? Beruntung jika Anda belum memiliki anak karena dapat mempersiapkan jauh-jauh hari gizi lengkap bagi si buah hati agar terhindar dari stunting. Dengan mengetahui penyebab dari stunting, maka diharapkan ketika Anda ingin memiliki anak, dapat menghindari semua penyebab anak mengalami stunting berikut ini.’

Penyebab Stunting Dari Faktor Internal

Faktor internal alias faktor stunting yang berasal dari dalam atau berasal dari diri Anda sendiri. Hindari ketika Anda hamil untuk kekurangan mengkonsumsi kalsium atau yang dikenal pula dengan Ca. Akibat kekurangan kalsium menghambat hormon pertumbuhan anak. Kemudian Anda juga perlu menghindari kebiasaan tidak sarapan tepat waktu bahkan ada kalanya Anda mengabaikan sarapan. Ingat, jika Anda hamil dengan kebiasaan seperti ini akan membuat anak kelak menjadi stunting. Terlebih sangat membahayakan kondisi Anda ketika persalinan. Mengingat energi Anda selalu tidak tercukupi dengan baik karena tidak teratur sarapan, maka ketika persalinan Anda akan memerlukan energi yang sangat besar. Ketika anak lahir, jangan sampai Anda tidak memberikan ASI eksklusif. Penyebab stunting faktor internal ini juga berkaitan dengan ibu yang tidak mampu memberikan ASI eksklusif. Usahakan enam bulan penuh Anda memberikan ASI pada anak Anda. Sebab ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna di dunia.

Penyebab Stunting Dari Faktor Eksternal

Faktor eksternal alias faktor stunting yang berasal dari luar atau berasal dari lingkungan. Hindari selama kehamilan Anda terserang oleh infeksi karena secara langsung juga akan berdampak pada bayi di kandungan. Terlebih ketika Anda juga kurang gizi selama hamil, maka sangat mempengaruhi pertumbuhan bayi yang terhambat. Ketika lahir ke dunia selama pertumbuhannya, anak Anda akan mengalami hambatan akibat salah ibu yang tidak menghindari faktor eksternal stunting. Seorang ibu yang ketika hamil mengalami kekurangan mineral karena faktor geografi lingkungan yang memang tidak memungkinkan pun juga akan menjadikan anak kelak mengalami stunting.

Penyebab Stunting Dari Faktor Tidak Imunisasi Dengan Teratur

Faktor tidak imunisasi dengan teratur lebih ditujukan kepada anak, bukan Anda, sebagai ibunya. Jika anak tidak dibiarkan untuk imunisasi, maka akan menyebabkan stunting. Sebab anak menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Padahal imunisasi itu perlu bagi anak untuk menjadikan daya tahan anak menjadi lebih terjaga. Imunisasi adalah bentuk perlindungan tubuh anak karena dapat melemahkan virus yang hendak menyerang tubuh. Jika Anda sudah menerima jadwal imunisasi anak, maka ketika jadwal itu tiba, ajak anak untuk melakukan imunisasi segera. Karena memang itulah waktu yang tepat untuk segera menangkal kuman penyakit seperti virus yang hendak menyerang tubuh anak sehingga menyebabkan jatuh sakit.

Pahami dengan baik dan lebih baik hindari apa saja yang menjadi penyebab anak harus menjadi bahkan mengalami stunting. Jika Anda sayang anak, maka akan peduli dengan apa yang memang seharusnya diberikan kepada si buah hati. Jangan sampai anak Anda harus menjadi stunting karena kesalahan orang tua.