Pura Batu Bolong Pantai Senggigi, Lombok Barat

Belum lengkap rasanya jika ke berkunjung ke pulau Lombok akan tetapi tidak mengunjungi Pantai Senggigi. Pantai ini terletak di sisi sebelah barat kota Mataram. Di pantai senggigi ini Anda bisa menikmati keindahan pantai yang tiada dua dengan salah satu objek wisata andalan yang ada di sana berupa sebuah pura yang berdiri di atas sebuah bebatuan bernama Pura Batu Bolong.

Jika Anda melihat pura ini untuk pertama kalinya Anda pasti akan langsung teringat pura yang berada di atas bebatuan di Pulau Bali yang juga dikenal dengan Pura Tanah Lot. Antara Pura Tanah Lot dan Pura Batu Bolong memang memiliki kesamaan yaitu berada di atas bebatuan yang menjorok ke arah laut, sehingga bagi siapapun yang berkunjung ke sana pasti akan mendapatkan sensasi berbeda memandangi laut dari atas bebatuan. Pura merupakan bangunan untuk tempat beribadah penganut Hindu. Pura yang berada di Pantai Senggigi, Lombok Barat ini memang berada di atas bebatuan berwarna hitam yang memiliki lubang besar di tengahnya, sehingga dinamakan Pura Batu Bolong.

Baik itu penganut Hindu maupun wisatawan lain yang berkunjung ke sana pasti akan merasakan keadaan di sekitar pura ini sangat sakral ditambah lagi dengan keadaan lingkungannya yang mendukung. Deburan ombak yang menghantam bebatuan yang kemudian menyisakan percikan-percikan di dalam lubang batuan yang menganga ditambah lagi dengan angin pantai berhembus kencang menambah aura di sekitar tempat itu menjadi sangat ajaib.

Pura ini langsung berhadapan dengan Selat Lombok dan juga Gunung Agung Bali. Pura Batu Bolong ini terdiri dari dua buah pura. Pura yang pertama terletak di bawah pohon yang rindang sedangkan pura yang kedua terletak di atas batu yang lebih tinggi. Wisatawan yang mendatangi pura ini sangat wajib membawa kamera karena di setiap sudut area pura ini merupakan spot berfoto yang sangat indah. Saat siang hari dan cuaca terang maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Agung Bali yang megah menjulang tinggi, sedangkan saat sore hari pemandangan matahari terbenam dan semburat warna di langit yang mulai gelap juga tak bisa sayang sekali jika dilewatkan.

Satu lagi yang membuat keberadaan Pura Batu Bolong ini menjadi sangat indah adalah karena keberadaan Pura ini tak membuat jarak antara para warga sekitar yang berbeda agama. Contohnya saja saat Hari Raya Idul Fitri tiba bagi umat Islam, maka pantai di sekitar Pura akan penuh oleh warga yang akan membagikan opor ayam serta makanan lain kemudian semua warga akan makan bersama tanpa memikirkan perbedaan agama yang ada di antara mereka. Keselarasan dan kerukunan beragama yang ada di sana menjadi satu lagi keindahan yang tak bisa diabaikan dari Pura Batu Bolong, Pantai Senggigi, Lombok Barat.