Kegiatan Yang Dapat Menghilangkan Stres

Supaya stres yang kamu alami tidak semakin berkepanjangan, lebih baik kita berusaha untuk mencari solusinya. Hilangkan stres segera. Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa cara alami yang bisa kamu ketahui dan bisa kemu lakukan sendiri di rumah. Penasaran? Beberapa cara menghilangkan stres tersebut di antaranya adalah sebagai berikut! Yuk, simak dulu informasi selengkapnya!

1. Berdansa atau menari

Ketika Anda mulai mengalami stres, ada baiknya untuk mulai melakukan dansa atau menari. Pilihlah musik dengan beat cepat. Kemudian lakukan gerakkan tubuh dengan mengikuti irama. Usahakan untuk membebaskan diri Anda dengan menggerakkan tubuh mengikuti irama lagu tersebut. Jika Anda ingin stres yang menumpuk di kepala Anda menghilang, bergeraklah sesuka hati. Usahakan untuk tidak membatasi diri Anda dalam membebaskan setiap otot tubuh untuk dapat bergerak secara bebas penuh kebahagiaan.

Selain itu, Anda juga bisa ikut berteriak, berseru dan ikut bernyanyi sesuai dengan musik atau lagu yang dimainkan. Lepaskan seluruh beban yang Anda rasakan. Dengan begitu, Anda pun akan merasakan beban yang selama ini Anda rasakan terlepas mengikuti irama musik yang dimainkan. Usahakan supaya Anda benar-benar bisa lebih rileks. Buat tubuh Anda menjadi lebih santai. Hilangkan seluruh beban penat dan rasa kaku yang mengikat tubuh Anda. Sudah saatnya Anda untuk dapat terus bergoyang mengikuti irama. Badan pun bisa menjadi lebih segar, perasaan pun menjadi lebih bahagia. Terutama pikiran sudah pasti siap untuk diajak kerja kembali.

2. Bernyanyi Sepuasnya

Anda tidak perlu khawatir suara Anda buruk. Tetaplah bernyanyi, tanpa memikirkan seburuk apapun suara Anda. Keluarkan seluruh beban pikiran yang ada di benak Anda. Ekspresikan diri Anda sesuka hati dan sebebas-bebasnya agar Anda benar-benar merasa puas. Luapkan seluruh emosi dan perasaan yang terpendam melalui lagu-lagu pilihan yang Anda sukai. Bernyanyilah dari hati, dengan demikian Anda pun akan merasa jauh lebih baik, lebih senang dan lebih lega.

Salah satu caranya adalah Anda bisa pergi ke studio karaoke bersama dengan teman-teman Anda. Selain itu, Anda juga bisa bernyanyi sendiri di kamar mandi ataupun kamar tidur. Bernyanyi merupakan salah satu cara terhemat untuk menghilangkan stres. Karena dengan bernyanyi segala aktivitas pun akan kembali menyenangkan. Anda pun bisa membuang rasa stres, pikiran negatif bahkan emosi yang terpendam di dalam hati tanpa khawatir akan beban pikiran yang terus mengganggu Anda. Anda juga bisa memilih lagu apa yang Anda suka untuk dinyanyikan.

3. Berbelanja Bersama

Bagi wanita, aktivitas berbelanja memang sangat sulit dipisahkan. Jika ditanya, tidak ada satupun wanita yang tidak suka belanja atau shopping. Sudah pasti mereka sangat senang jika diajak bepergian lalu berbelanja barang yang mereka suka. Bagi setiap wanita, aktivitas belanja selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Mereka bisa bebas melihat barang-barang baru dengan berkeliling dari satu mall ke mall lainnya hanya untuk menghabiskan sebagian penghasilan mereka untuk belanja. Wanita pasti selalu betah menghabiskan banyak waktu seperti mencoba baju-baju keluaran baru yang terdapat di butik ataupun department store. Aktivitas belanja itulah yang sangat membantu seorang wanita dalam menghilangkan stres.

Meskipun belanja itu tidak dilarang, Anda harus tetap tahu aturan. Apabila ingin membelanjakan busana, usahakan untuk selalu mengontrol diri Anda. Usahakan agar Anda tidak semakin stres karena berbelanja melebihi anggaran bisa membuat tagihan kartu kredit membengkak ataupun isi dompet Anda yang terkuras habis tak tersisa. Oleh karena itu, Anda bisa mengajak teman, pasangan ataupun orangtua ketika berbelanja. Tujuannya adalah sebagai pengingat yang mengontrol kita agar tidak berlebihan dalam berbelanja sehingga belanja yang Anda lakukan hanya untuk penghilang rasa stres saja.

4. Berfoto cantik ataupun melakukan selfie

Setiap orang pasti mengenal bagaimana caranya berfoto cantik ataupun berselfie. Bagi sebagian wanita, berselfie merupakan aktivitas yang tidak bisa terlewatkan dari hidup mereka. Sudah pasti mereka selalu ingin berusaha berpose cantik demi menghilangkan stres. Berfoto cantik atau selfie dipercaya sangat membantu dalam menghilangkan stres karena apabila hasilnya bagus, ada perasaan puas yang timbul dalam diri Anda. Apabila Anda sudah merasa puas, sudah pasti Anda pun merasa bahagia.

Selain berselfie ria, Anda juga bisa berburu foto. Berburu foto bukanlah menjadi hal yang sulit. Anda bisa memulainya dengan mengambil kamera dan keluar rumah, kemudian berjalan-jalanlah. Abadikan setiap momen penting yang Anda temui di sekitar Anda. Ketika mengambil sebuah gambar, pasti selalu ada cerita menarik di balik setiap jepretan yang Anda ambil. Hal inilah yang bisa memberikan rasa puas dan kebahagiaan di dalam hati ketika Anda mendapatkan sebuah foto yang indah beserta pemandangan lanskap yang menawan.

5. Coba Bongkar Seluruh Koleksi Baju

Salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan adalah dengan membongkar seluruh koleksi pribadi yang Anda miliki. Beberapa di antaranya adalah seperti koleksi baju, koleksi buku ataupun beragam koleksi lain yang Anda miliki. Selalu ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menekuni hobi. Selain itu, selalu ada saja hal baru yang menarik dan bisa Anda temukan ketika membongkar koleksi kesayangan yang Anda miliki.

Apabila kamu memiliki sejumlah koleksi baju, cobalah pilih satu per satu. Coba lakukan padu padan yang menarik. Siapa tahu, Anda bisa menampilkan look yang sesuai dengan style Anda. Dalam memadu padankan baju, ada keseruan yang bisa kamu temukan dan rasakan ketika melakukannya. Bongkarlah seluruh koleksi lama dan kenang kembali setiap kenangan manis yang tersimpan di dalamnya. Jika sudah begitu, rasa stres yang menyelimuti pikiran Anda pun bisa hilang seketika.

6. Lakukan olahraga lari atau bersepeda

Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu coba adalah dengan berolahraga lari ataupun bersepeda. Olahraga jenis ini merupakan salah satu olahraga yang mudah dan praktis untuk dicoba. Kamu pun tidak perlu membayar mahal untuk datang ke tempat fitnes. Lari ataupun bersepeda merupakan jenis olahraga yang menyenangkan karena kamu bisa menikmati udara bebas. Kamu pun tidak perlu memiliki peralatan olahraga dengan harga mahal. Cobalah berlari atau bersepeda dengan keliling kompleks. Dijamin, selain senang dan segar tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

Stres memang kerap dapat membuat dada terasa sesak. Napas pun tersengal-sengal dan tidak beraturan. Dengan berolahraga lari ataupun sepeda, pernapasan Anda pun menjadi lebih baik. Dada pun terasa menjadi lebih lapang dan ringan. Caranya pun tidak sulit hanya dengan lari atau bersepeda. Ketika tubuh yang sudah digerakkan pasti keringat pun secara otomatis akan mengalir perlahan. Dari situlah perasaan Anda pun akan jauh lebih baik. Tidak percaya? Cobalah lakukan sekarang juga untuk mendapatkan kondisi tubuh yang segar.

7. Bermainlah Bersama Hewan Peliharaan Anda

Hewan peliharaan merupakan salah satu hewan yang dirawat atas dasar kecintaan dan kasih sayang terhadap hewan tersebut. Kamu yang memiliki hewan kesayangan di rumah, atau ada tetangga yang memiliki kucing atau kelinci kesayangan, coba sesekali luangkan waktu sejenak minimal beberapa menit untuk bermain bersama hewan peliharaan. Ada rasa senang, tenang dan nyaman apabila kita bisa bermain dengan sosok yang menggemaskan bersama hewan lucu.

Kamu bisa memperlakukan hewan-hewan tersebut mulai dari memandikannya, memberi makan, ataupun hanya sekedar mengelus atau mengajak bercanda. Bermain bersama hewan peliharaan menjadi terapi tersendiri lho, dan dipercaya bisa menghilangkan atau meredakan stres yang berkepanjangan. Apalagi jika hewan yang Anda pelihara sudah lengket dengan majikannya, tentunya hewan tersebut tidak mau terlepas sedikitpun. Tentu Anda akan merasa semakin bahagia bermain bersama hewan peliharaan Anda. Setidaknya dengan bermain bersama hewan kesayangan, Anda tahu bahwa Anda sebetulnya tidak sendiri lho.

8. Konsumsilah Teh Hijau

Ternyata teh hijau kaya akan kandungan antioksidan dan teh hijau dipercaya memiliki theanine seperti asam amino yang sangat baik dalam memberikan relaksasi dan menstimulasi otot agar menjadi lebih santai. Untuk mengatasi stres terhadap pekerjaan setiap harinya, mulailah mengkonsumsi teh hijau dari sekarang agar rasa stres Anda pun dapat terkikis perlahan.

9. Mandi Air Hangat

Air hangat yang Anda gunakan untuk mandi, sangat baik dalam memberikan efek relaksasi pada beberapa bagian otot dan saraf yang tegang. Mandi dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu cara untuk melepas stres yang paling mudah dan bisa membuat Anda menjadi lebih cepat tidur.

10.Lakukan Pemijatan

Melakukan pemijatan pada beberapa bagian tubuh bisa memberikan rasa nyaman. Beberapa bagian seperti kaki dan tangan yang dipijat bisa membuat otot dan saraf yang awalnya terasa lelah dan tegang bisa terasa lebih santai dan nyaman. Peredaran dalam tubuh pun menjadi lebih lancar. Bahkan, Anda pun bisa berpikir lebih positif. Untuk cara yang satu ini, mintalah bantuan pada pasangan atau teman untuk membantu memijat beberapa bagian tubuh Anda agar terasa lebih rileks.

11. Konsumsi Buah Pisang

Pisang yang memiliki kandungan yang kaya akan potasium, ternyata dapat membantu memperbaiki peredaran dalam darah. Selain itu, tekanan darah dalam tubuh Anda bisa menurun sehingga dapat membantu agar tubuh terhindar rasa stres.

12. Berkeliling atau Berjalan-Jalan di Taman

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan berjalan-jalan. Melihat tanaman yang berwarna hijau atau lahan kosong yang memberikan ketenangan bisa membantu Anda mengurangi rasa stres. Udara taman yang segar ditambah dengan pemandangan alam yang sejuk bisa dijadikan sebagai obat relaksasi alami yang sangat baik untuk menghilangkan stres.

13. Menonton

Ketika Anda merasa stres, buatlah diri Anda tertawa. Salah satu caranya adalah dengan menonton video, film atau acara yang lucu sehingga dapat menghibur diri Anda. Menonton video, film atau acara yang lucu dan Anda tertawa ternyata dapat membantu dalam merangsang senyawa dalam otak untuk menjadi lebih positif.

14. Gunakan Lilin Aromaterapi

Lilin aromaterapi bisa kamu temukan di mana saja. Supaya kamu merasa lebih rileks, pilihlah kamar tidur dan tempatkan lilin aromaterapi di sana. Cara ini sangat ampuh dalam membuat tempat istirahat Anda sebagai tempat relaksasi. Gunakanlah pada malam hari, selain Anda merasa tenang, tidur pun menjadi lebih nyenyak.