Kebiasaan Yang Membuat Tubuh Kehilangan Banyak Air

Gambar Haus Minum Air

Kehilangan banyak air di dalam tubuh sangat berbahaya. Apalagi jika saat kehilangan banyak air diikuti dengan dehidrasi. Tidak hanya pingsan, namun menimbulkan bahaya lainnya pun tidak dapat terelakkan.

Anjuran untuk mematuhi minum dua liter air putih setiap hari memang perlu. Mengingat tubuh menjadi tidak sehat jika kekurangan air. Air yang hilang di dalam tubuh perlu segera disuplai. Tentu Anda akan langsung merasakan efek di dalam tubuh ketika terjadi kehilangan air. Yaitu, lemas, mudah capek, dan juga malas untuk beraktivitas.

Sedapat mungkin Anda mampu menghindari kelima ulasan di bawah ini agar tubuh tidak mengalami kehilangan air. Siapa tahu Anda baru akan menyadari bahwa ternyata kebiasaan tersebut dapat menyebabkan tubuh Anda kehilangan banyak air.

 

Menghindari Kebiasaan Konsumsi Minuman Berkafein Dan Alkohol

Minuman berkafein tinggi ada pada kopi. Ternyata kebiasaan minum kopi menjadi salah satu penyebab dari tubuh Anda dapat kehilangan banyak air. Terlebih dalam sehari, Anda tidak cukup minum satu gelas kopi. Dengan begitu, maka akan sangat banyak air yang hilang. Jika memang terbiasa minum minuman berkafein hendaknya tidak setiap hari. Begitu juga bagi Anda yang memiliki kebiasaan minum minuman beralkohol.

Beruntung Indonesia menjadi negara yang tegas untuk memberantas keberadaan minuman beralkohol. Sebab alkohol termasuk minuman yang dapat membuat tubuh kehilangan banyak air. Jadi, untuk apa Anda menjalankan kebiasaan yang membuat tubuh harus rela kehilangan banyak air.

 

Menghindari Kebiasaan Terlalu Berat Menjalankan Aktivitas

Menjalankan aktivitas yang berlebih dan terlalu berat akan membuat tubuh kehilangan banyak air. Di dalam tubuh terjadi proses pembakaran uap air. Sehingga semakin banyak aktivitas, maka akan semakin banyak pula pembakaran uap air. Jika Anda memang diharuskan untuk menjalankan aktivitas yang dapat menghilangkan banyak air di dalam tubuh, maka siasatilah. Dengan cara ketika tubuh lelah, lebih baik beristirahatlah sejenak.

Jangan terus paksa tubuh untuk beraktivitas. Kemudian minumlah air putih sampai Anda tidak kehausan kembali. Pastikan sebelum menjalankan aktivitas yang berat, Anda sudah mengisi perut dengan makanan yang mengenyangkan. Jangan sampai Anda belum makan sama sekali. Tubuh harus kehilangan banyak air. Anda pun akan lemas dan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

 

Menghindari Kebiasaan Sedikit Konsumsi Air Saat Suhu Dingin Dan Udara Kering

Jika Anda tinggal di negara empat musim dan sedang masuk musim dingin, maka suhu akan sangat dingin. Saat suhu dingin, udara sekitar menjadi kering. Tubuh Anda pun akan jelas-jelas langsung merasakan perubahannya. Saat demikian, maka banyaklah konsumsi air terutama air putih. Jangan sampai Anda sedikit konsumsi air saat suhu dingin dan udara kering. Selain suhu dingin akan membahayakan tubuh jika dalam keadaan kehilangan banyak air, juga membuat Anda akan mudah jatuh sakit.

 

Menghindari Kebiasaan Terlalu Banyak Minum Air Putih

Minum melebihi kebutuhan tubuh ternyata menjadi kebiasaan yang juga membuat tubuh mengalami kehilangan air dalam jumlah banyak. Diibaratkan ketika Anda menyiram tanaman yang sudah cukup diberi air. Kemudian terus saja Anda beri air. Apa yang akan terjadi. Tentu saja air akan merembes dan menggenangi pot tanaman tersebut berada. Tanaman dan tanah tidak lagi mampu menyerap air yang Anda berikan. Jadi sama saja dengan sia-sia dan menjadi kehilangan banyak air di dalam tubuh tidak dapat terhindarkan.