Jenis Makanan Yang Tidak Baik Untuk Kesehatan

Dalam mengkonsumsi makanan, kita harus memperhatikan jenis makanan yang kita makan. Apakah makanan yang kita konsumsi bergizi atau tidak, sehat atau tidak? Kita harus memperhatikan hal-hal tersebut agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Tapi apa jadinya kalau makanan yang kita konsumsi malah membahayakan kesehatan tubuh kita. Ada banyak makanan dan minuman yang tersedia, namun tidak semuanya sehat jika diperhitungkan dalam jangka panjang. Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang perlu Anda ketahui dampaknya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Minuman Berkalori

Ada beragam jenis minuman yang bisa Anda temukan di pasaran. Minuman-minuman tersebut terdiri dari beragam rasa dan jenis. Faktanya, minuman-minuman tersebut tidak memiliki gizi yang nyata bahkan mengandung kadar gula yang tinggi dari pemanis buatan! Wah, menyeramkan ya?

Seseorang bisa saja mengkonsumsi minuman yang mengandung gula. Kebutuhan akan air memang terpenuhi, namun kalorinya berlebih. Pasalnya, minuman manis dapat memicu terjadinya kegemukan. Minuman manis yang dikonsumsi seseorang, tidak ada bedanya dengan mengkonsumsi makanan berlemak.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, sudah saatnya menghindari minuman manis. Apabila bobot tubuh Anda tidak juga turun, mungkin saja salah satu penyebabnya adalah terlalu sering mengkonsumsi minuman berkalori tinggi.

Tentu saja minuman seperti itu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Kecuali minuman yang Anda buat sendiri seperti jus dari buah-buahan alami. Selain itu seperti smoothie sehat yang mengandung serat, protein dan lemak sehat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari minuman berkalori tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Minum di Pagi Hari

Minum minuman berkalori tinggi lebih baik dilakukan di pagi hari, seperti coffee blended ataupun milk shake. Apabila Anda mengkonsumsi minuman ini dipagi hari, aktivitas yang akan Anda lakukan yang dapat membakar kalori tersebut.

2. Minum Jus Buah

Apabila Anda ingin minum jus buah, minumlah dengan cermat. Buatlah jus buah segar tanpa gula. Kalori yang murni berasal dari buah sangat aman untuk kesehatan tubuh Anda. Jika Anda ingin membeli jus buah dalam kemasan, pilihlah yang berlabel 100 persen buah karena mengandung sedikit gula.

3. Susu Kedelai

Ketika Anda ingin mengkonsumsi minuman manis di siang hari, jangan pilih minuman yang banyak mengandung kalori namun tidak memiliki kandungan gizi. Lebih baik pilihlah susu kedelai. Susu kedelai lebih sehat, kalorinya pun lebih sedikit dengan kandungan protein di dalamnya yang lebih tinggi.

4. Tambahkan Perasa Alami Pada Air Putih

Banyak orang yang beranggapan, mengkonsumsi air putih sepanjang hari sangat membosankan. Ada kalanya seseorang ingin mengkonsumsi minuman segar yang terasa manis. Untuk mengurangi minuman yang mengandung kalori tinggi, manfaatkan mentimun, irisan jeruk ataupun daun mint pada air putih Anda. Tujuannya agar air putih yang Anda konsumsi memiliki rasa segar.

Makanan Yang Digoreng

Hati-hatilah dengan makanan yang digoreng sejak dini. Pasalnya, makanan yang digoreng bisa merusak tubuh Anda. Jarang sekali orang yang bisa menghindari makanan yang satu ini. Walaupun Anda menyadari jumlah lemak trans yang terdapat pada gorengan sangat tidak baik untuk tubuh.

Bagi Anda yang sedang diet, gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang seharusnya diharamkan. Kandungan lemak pada gorengan bisa membuat proses pencernaan Anda terhambat. Apabila Anda sering mengkonsumsi gorengan, perut pun akan terasa kembung.

Gorengan juga memiliki banyak kandungan lemak yang bisa meningkatkan kolesterol jaha dalam darah. Lemak pun banyak yang menumpuk dalam tubuh. Cobalah untuk mengganti menu makanan Anda sehari-hari dengan sayuran atau buah-buahan segar. Selain itu, perbanyak pula minum air putih untuk mengurangi efek lapar yang sering kali muncul secara berlebihan.

Makan Gula dan Biji-bijian Pada Malam Hari

Biji-bijian sebetulnya baik untuk tubuh. Namun, Anda perlu menghindari untuk mengkonsumsi jenis makanan tersebut di malam hari. Gula dan biji-bijian perlu dihindari pada malam hari karena kalori yang terkandung lebih padat dan tubuh juga tidak membutuhkannya.

Biji-bijian memang mengandung protein dan serat. Namun, mengkonsumsi kacang polong, kacang merah, kacang panjang, buncis sebaiknya tidak dikonsumsi sebelum tidur. Pasalnya, jenis-jenis makanan tersebut dapat memicu timbulnya gas dalam perut. Jika Anda tetap mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dipastikan perut akan terasa tidak nyaman sepanjang malam. Ada baiknya jika ingin mengkonsumsi biji-bijian, makanlah pada siang atau sore hari.

Makanan yang mengandung gula seperti cookies, cake, dan es krim juga perlu Anda hindari sebelum tidur di malam hari. Gula disinyalir dapat menaikkan gula darah dan menambah energi yang tidak dibutuhkan ketika tidur. Jika Anda tetap ingin mengkonsumsi makanan manis tersebut, coba carilah alternatif lain. Anda bisa kok mengkonsumsi buah-buahan segar seperti apel, pisang ataupun mangga. Pasalnya, buah lebih mudah dicerna apabila dikonsumsi sebelum tidur.

Hasrat makan atau ngemil memang bisa terjadi pada siapa saja. Termasuk pada diri Anda ketika akan beranjak tidur. Anda boleh saja memuaskan keinginan untuk makan di malam hari. Tapi ingat, pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori. Agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga, hindari jenis-jenis makanan seperti di atas sedini mungkin. Cobalah untuk menerapkanya dan jadikan tubuh Anda lebih sehat!