5 Jenis Makanan Perusak Otak

Otak adalah struktur pusat pengaturan dengan volume sebesar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Dalam hal ini, otak berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinir gerakan, perilaku serta fungsi tubuh manusia. Fungsi tubuh yang diatur oleh otak seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan serta suhu di dalam tubuh.

Oleh karena itu, otak memiliki fungsi yang sangat esensial dan berkaitan erat dengan proses pola pikir manusia. Otak juga dapat mempengaruhi kognisi manusia dengan sel saraf yang ada di dalamnya. Selain itu, otak juga bertanggungjawab pada fungsi pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan jenis pembelajaran lainnya yang dilakukan oleh manusia.

Pengaruh dari makanan yang kita konsumsi bisa memberikan dampak baik ataupun buruk pada tubuh. Oleh karena itu, mengetahui jenis makanan yang akan kita konsumsi sangat penting untuk memberikan gambaran apakah makanan tersebut memberikan dampak yang baik atau buruk pada otak kita.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda ketahui karena disinyalir memberikan dampak buruk pada otak Anda. Hmm, mengerikan ya?

1. Makanan Olahan

Tahukah Anda? Makanan olahan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan otak Anda. Pasalnya makanan olahan tergolong sebagai jenis makanan instan yang biasa dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki aktivitas tinggi dan malas memasak baik di rumah ataupun di rumah kost. Anda perlu waspada terhadap jenis makanan yang satu ini karena makanan olahan dapat berpengaruh pada sistem saraf pusat dan dapat meningkatkan risiko gangguan pada otak degeneratif seperti Alzheimer.

2. Makanan yang Memiliki Rasa Asin Tinggi

Makanan yang memiliki rasa asin tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Pasalnya makanan yang terlalu asin bisa meningkatkan tekanan darah manusia. Makanan yang mengandung terlalu banyak garam ini bisa mempengaruhi sistem fungsi kognitif seseorang dan dapat merusak kemampuan berpikir. Selain itu, makanan asin juga bisa mempengaruhi kecerdasan dalam cara berfikir.

3. Lemak Trans

Ternyata makanan yang mengandung lemak trans sangat berbahaya, lho! Pasalnya makanan jenis ini bukan saja dapat mengakibatkan masalah pada jantung, kolesterol tinggi ataupun obesitas. Lemak trans dipercaya bisa menyebabkan kerja otak menjadi lambat dan kualitas respon otak pun menjadi menurun.

4. Pemanis Buatan

Ternyata pemanis buatan juga bisa mengakibatkan kerusakan pada otak. Selain itu kemampuan kognitif Anda pun dapat terganggu. Oleh karena itu, Anda wajib mewaspadai berbagai macam jenis makanan yang mengandung pemanis buatan.

5. Protein Olahan

Ternyata protein olahan bisa memberikan dampak buruk pada otak. Berbeda dengan protein alami yang malah bisa membantu melindungi sistem saraf. Sosis misalnya, termasuk ke dalam salah satu jenis protein olahan yang tidak baik untuk fungsi otak. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengganti protein alami seperti ikan.