Ibu Kota Negara United Kingdom / Inggris : London

Ibu Kota Negara United Kingdom (Inggris Raya): London

 

Nama:

LONDON

Gambar Pemandangan Ibu Kota Inggris London

London adalah ibu kota dan kota terbesar di Inggris dan Britania Raya. Kota ini berdiri di atas Sungai Thames di tenggara Inggris, di ujung muara sepanjang 50 mil (80 km) yang mengarah ke Laut Utara. London telah menjadi pemukiman utama selama dua milenium, dan awalnya disebut Londinium, yang didirikan oleh orang Romawi.  Wilayah London diperintah oleh walikota London dan Majelis London.

London, juga disebut sebagai London Raya, adalah salah satu dari sembilan wilayah di Inggris dan subdivisi tingkat atas yang mencakup sebagian besar kota metropolis.

Empat puluh persen dari Greater London ditutupi oleh kota pos London, di mana ‘LONDON’ merupakan bagian dari alamat pos. Kode area telepon London (020) mencakup area yang lebih luas, ukurannya mirip dengan London Raya, meskipun beberapa distrik luar tidak termasuk dan beberapa tempat di luar disertakan. Batas Greater London telah disejajarkan dengan jalan raya M25 di beberapa tempat.

Wilayah diperluas yang dikenal sebagai Wilayah Metropolitan London atau Aglomerasi Metropolitan London, terdiri dari total luas 8.382 km2 memiliki populasi 13.709.000 dan kepadatan penduduk 1.510 jiwa per kilometer persegi. London modern berdiri di atas Sungai Thames, fitur geografis utamanya, sebuah sungai yang dapat dilayari yang melintasi kota dari barat daya ke timur. Lembah Thames adalah dataran banjir yang dikelilingi oleh perbukitan yang landai termasuk Parliament Hill, Addington Hills, dan Primrose Hill. Secara historis London tumbuh di titik jembatan terendah di Sungai Thames. Sungai Thames dulunya merupakan sungai yang jauh lebih luas dan lebih dangkal dengan rawa-rawa yang luas; saat air pasang, pantainya mencapai lima kali lebarnya saat ini.

Olahraga paling populer di London adalah sepak bola dan memiliki enam klub di Liga Utama Inggris pada musim 2021–22: Arsenal, Brentford, Chelsea, Crystal Palace, Tottenham Hotspur, dan West Ham United. Tim profesional lainnya di London adalah AFC Wimbledon, Barnet, Bromley, Charlton Athletic, Dagenham & Redbridge, Fulham, Leyton Orient, Millwall, Queens Park Rangers dan Sutton United.

Luas wilayah: 1.572 km2

Jumlah Penduduk: 8,9 juta jiwa (tahun 2021).

Kode Telepon: +44 020

Jarak Jakarta ke Kota London: 11.711 km.

Suhu rata-rata tahunan: 11,3°C ( 5,2°C s/d 18,7°C).

Rekor Suhu terendah: -16,1°C, Tertinggi: 38,1°C

Ekonomi

Produk regional bruto London pada 2018 hampir £500 miliar, sekitar seperempat dari PDB Inggris. London memiliki lima distrik bisnis utama: kota, Westminster, Canary Wharf, Camden & Islington dan Lambeth & Southwark.

London Raya memiliki 27 juta m2 ruang kantor pada tahun 2001, dan Kota memiliki ruang paling banyak, dengan 8 juta m2 ruang kantor. London memiliki beberapa harga real estat tertinggi di dunia. London adalah pasar perkantoran termahal di dunia selama tiga tahun terakhir menurut laporan jurnal properti dunia (2015). Pada 2015 properti residensial di London bernilai $2,2 triliun—nilai yang sama dengan PDB tahunan Brasil. Kota ini memiliki harga properti tertinggi di antara kota-kota Eropa lainnya menurut Kantor Statistik Nasional dan Kantor Statistik Eropa. Rata-rata harga per meter persegi di pusat kota London adalah €24.252 (April 2014). Ini lebih tinggi dari harga properti di ibu kota G8 Eropa lainnya; Berlin €3.306, Roma €6.188 dan Paris €11.229.

Bandar Udara

Wilayah metropolitan London, Inggris, Inggris Raya dilayani oleh enam bandara internasional dan beberapa bandara kecil. Bersama-sama, mereka membuat sistem bandara tersibuk di dunia berdasarkan jumlah penumpang dan tersibuk kedua berdasarkan pergerakan pesawat. Pada 2018, keenam bandara tersebut menangani total 177.054.819 penumpang. Bandara London menangani lebih dari 60% dari semua lalu lintas udara Inggris. Bandara ini melayani total 14 destinasi domestik dan 396 destinasi internasional.

1. Heathrow Airport (IATA: LHR, ICAO: EGLL), adalah sebuah bandara internasional utama di London, Inggris. Ini adalah salah satu dari enam bandara internasional yang melayani wilayah London. Pada tahun 2019, ini adalah bandara tersibuk kedua di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang internasional, bandara tersibuk ketujuh di dunia berdasarkan total lalu lintas penumpang, dan bandara tersibuk di Eropa berdasarkan lalu lintas penumpang. Melayani 80,8 juta penumpang pada tahun 2019.

Heathrow Airport

2. Gatwick Airport (IATA: LGW, ICAO: EGKK), adalah sebuah bandara internasional utama di dekat Crawley, West Sussex, Inggris, 29,5 mil (47,5 km) selatan London Pusat. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua berdasarkan total lalu lintas penumpang di Inggris Raya, setelah Bandara Heathrow. Gatwick adalah bandara tersibuk kesepuluh di Eropa. Melayani 46,5 juta penumpang pada tahun 2019.

3. London Stansted Airport (IATA: STN, ICAO: EGSS) adalah bandar udara internasional yang terletak di Stansted Mountfitchet, Essex, Inggris, 42 mi (68 km) timur laut dari Central London. Melayani 25,9 juta penumpang pada tahun 2017.

4. London Luton Airport (IATA: LTN, ICAO: EGGW), adalah bandar udara internasional yang terletak 1,5 mil (2,4 km) di sebelah timur pusat kota Luton di Inggris, dan berjarak 28 mil (45 km) utara dari London Pusat. Melayani 18,2 juta penumpang pada tahun 2019.

5. London City Airport (IATA: LCY, ICAO: EGLC) adalah sebuah bandar udara internasional di London, Inggris. Terletak di Royal Docks di London Borough of Newham, sekitar 11 km sebelah timur Kota London. Melayani 5,1 juta penumpang pada tahun 2019.

6. London Southend Airport (IATA: SEN, ICAO: EGMC) adalah bandar udara internasional yang terletak di pinggiran Southend-on-Sea di Essex, Inggris, sekitar 36 mil (58 km) dari pusat kota London. Bandara ini melintasi perbatasan antara wilayah Southend-on-Sea dan Distrik Rochford. Melayani 2 juta penumpang pada tahun 2019.

Wilayah di Ibu Kota London

  1. Brent.
  2. Bexley.
  3. Barnet.
  4. Barking and Dagenham.
  5. Bromley.
  6. Camden.
  7. City of Westminster.
  8. Croydon.
  9. Enfield.
  10. Ealing.
  11. Greenwich.
  12. Hackney.
  13. Hammersmith and Fulham.
  14. Havering.
  15. Haringey.
  16. Harrow.
  17. Hounslow.
  18. Hillingdon.
  19. Islington.
  20. Kensington and Chelsea.
  21. Kingston upon Thames.
  22. Lambeth.
  23. Lewisham.
  24. Merton.
  25. Newham.
  26. Richmond upon Thames.
  27. Redbridge.
  28. Southwark.
  29. Sutton.
  30. Tower Hamlets.
  31. Wandsworth.
  32. Waltham Forest.

Universitas di Ibu Kota London

Universitas Besar

  1. Birkbeck, University of London.
  2. Brunel University London.
  3. City, University of London.
  4. Goldsmiths, University of London.
  5. Imperial College London.
  6. King’s College London.
  7. Kingston University.
  8. London Metropolitan University.
  9. London School of Economics.
  10. London South Bank University.
  11. Middlesex University.
  12. Queen Mary University of London.
  13. Royal Holloway, University of London.
  14. SOAS, University of London.
  15. St George’s, University of London.
  16. St Mary’s University, Twickenham.
  17. University College London.
  18. University of East London.
  19. University of Greenwich.
  20. University of Roehampton.
  21. University of the Arts London.
  22. University of West London.
  23. University of Westminster.

Cabang Universitas Inggris di London

  1. Anglia Ruskin University.
  2. Coventry University.
  3. CU London.
  4. Loughborough University.
  5. Newcastle University.
  6. Northumbria University.
  7. Warwick Business School.
  8. University of the West of Scotland.
  9. York St John University.
  10. Staffordshire University.
  11. Ulster University.

Universitas Asing

  1. Booth School of Business.
  2. Center for Transnational Legal Studies, Georgetown University.
  3. Fordham University.
  4. Grenoble Graduate School of Business, GGSB.
  5. Hult International Business School.
  6. Jagiellonian University.
  7. Limkokwing University of Creative Technology.
  8. New York University.
  9. Richmond, The American International University.
  10. Schiller International University.
  11. Syracuse University.
  12. University of Notre Dame.

nama ibukota negara united kingdom inggris, dilut.com