Ibu Kota Negara Ghana: Accra

Gambar Ibu Kota Ghana Accra

Ibu Kota Negara Ghana

Nama:

ACCRA

Adalah ibu kota negara Ghana. Meliputi 12 distrik pemerintah lokal – 11 distrik kotamadya dan Distrik Metropolitan Accra, yang merupakan satu-satunya distrik di ibu kota yang diberikan status kota. Accra biasanya mengacu pada Wilayah Metropolitan Accra, yang berfungsi sebagai ibu kota negara Ghana.

 

Luas wilayah: 173 km2

Jumlah Penduduk: 5 juta jiwa (tahun 2010).

Kode Telepon: +233 030

Jarak Jakarta ke ibu kota Accra: 11.944 km.

Suhu rata-rata: 26,4°C ( 24,3°C s/d 27,7°C).

Rekor Suhu terendah: 15°C, Tertinggi: 38°C

 

Ekonomi

Accra adalah pusat manufaktur, pemasaran, keuangan, asuransi, dan transportasi. Sektor keuangannya mencakup satu bank sentral, sembilan bank komersial (dengan 81 cabang), empat bank pembangunan (dengan 19 cabang), empat bank dagang (dengan tujuh cabang), tiga rumah diskon, satu bank hipotek pembiayaan rumah, beberapa lembaga pembangunan, Ghana Bursa Efek, biro valuta asing, rumah keuangan, perusahaan asuransi, perusahaan pialang asuransi, dua perusahaan simpan pinjam, dan banyak pengembang real estat, dengan lokasi industri dan pengembangan perumahan. Jaringan jalan di Wilayah Metropolitan Accra memiliki panjang total 1.117 kilometer.

Ada lebih dari 50.506 properti residensial yang teridentifikasi di Accra, dan sekitar 4.054 properti komersial/industri/campuran. Ada juga supermarket, 36 fasilitas parkir on-street dan off-street, dan pusat perbelanjaan, serta beberapa fasilitas olahraga dan rekreasi.

 

Bandar Udara

Kotoka International Airport (IATA: ACC, ICAO: DGAA) adalah bandar udara internasional di Accra, ibu kota negara Ghana. Bandara ini dioperasikan oleh Ghana Airports Company Limited (GACL), yang berkantor di properti bandara. Ini adalah satu-satunya bandara internasional di negara Ghana.

Pada tahun 2019, bandara ini melayani rekor 3,019 juta penumpang, meskipun ini berkurang menjadi 1,157 juta pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19.

Bandara ini terdiri dari dua terminal penumpang, Terminal 2 dan Terminal 3. Terminal 2 hanya melayani penerbangan domestik, sedangkan Terminal 3 melayani operator regional, internasional, dan jarak jauh. Terminal 1 saat ini tidak lagi digunakan, tetapi akan dibangun kembali menjadi FBO.

 

nama ibukota negara ghana accra, dilut.com