Ibu Kota Negara Fiji: Suva

Ibu Kota Negara Fiji

Nama:

SUVA

Pemandangan Ibu Kota Suva

Suva adalah ibu kota Negara Fiji, dan kota metropolitan terbesarnya. Terletak di pantai sekitar pelabuhan semenanjung berbukit di sudut tenggara pulau Viti Levu antara Teluk Laucala dan Pelabuhan Suva., di Provinsi Rewa, Divisi Tengah.

Pada tahun 1877, diputuskan untuk menjadikan Suva sebagai ibu kota negara Fiji. Administrasi koloni dipindahkan dari Levuka ke Suva pada tahun 1882.

Kota Suva adalah pusat politik, ekonomi, dan budaya negara Fiji. Ini juga merupakan ibu kota ekonomi dan budaya di wilayah Pasifik Selatan, yang menampung sebagian besar kantor pusat regional perusahaan2 besar internasional, badan internasional, dan misi diplomatik. Suva juga memiliki panggung seni dan pertunjukan yang berkembang pesat, dan reputasi yang berkembang sebagai ibu kota mode di kawasan ini.

Pantai terdekat berjarak 40 kilometer (25 mil), di Pacific Harbour. Sebagian besar pusat kota, termasuk gedung Parlemen, dibangun di atas lahan rawa bakau yang direklamasi.

 

Luas wilayah: 26,2 km2

Jumlah Penduduk: 93,9 ribu jiwa (tahun 2017).

Jumlah Penduduk Metropolitan: 185 ribu jiwa (tahun 2017).

Kode Telepon: +679

Jarak Jakarta ke kota Suva: 7.845 km.

Suhu rata-rata: 25,6°C ( 23,7°C s/d 27,6°C).

Rekor Suhu terendah: 13°C, Tertinggi: 37°C

 

Ekonomi

Ibu kota Suva secara bertahap berkembang menjadi kota terbesar dan tercanggih di Kepulauan Pasifik, dan pusat regional. Suva adalah pusat komersial negara Fiji: Sebagian besar bank internasional memiliki kantor pusat Pasifik mereka di sini, termasuk ANZ dan Westpac Bank. Selain itu, sebagian besar lembaga keuangan Fiji, organisasi non-pemerintah, dan kementerian dan departemen pemerintah berkantor pusat di Suva.

Sebagian besar pelayaran internasional Fiji, serta docking kapal pesiar internasional, berlangsung di Suva’s Kings Wharf. Hal ini telah menyebabkan pertumbuhan industri pariwisata Suva.

Beberapa kawasan industri terbesar di kota Suva adalah Teluk Walu, yang merupakan kawasan bagi pabrik, gudang, perusahaan ekspor-impor, galangan kapal, galangan kontainer, tempat pembuatan bir, dan banyak percetakan. Kawasan industri terkenal lainnya berada di Vatuwaqa, Raiwaqa, dan Pantai Laucala.

 

Bandar Udara

Nausori International Airport (IATA: SUV, ICAO: NFNA), juga dikenal sebagai Luvuluvu, adalah bandara internasional sekunder di negara Fiji. Terletak di Nausori di sisi tenggara Viti Levu (pulau utama Fiji). Bandara Nausori berjarak sekitar 23 km (45 menit berkendara) dari ibu kota Fiji, Suva. Pada tahun 2019 melayani 366.506 penumpang.

Nadi International Airport (IATA: NAN, ICAO: NFFN) adalah bandar udara internasional utama Fiji serta hub regional penting untuk kepulauan Pasifik Selatan, yang terletak di tepi pantai di sisi barat pulau utama Viti Levu. Bandara ini terletak di Namaka 10 km dari kota Nadi dan 20 km dari kota Lautoka. Pada 2019, maskapai ini menangani 2.485.319 penumpang pada penerbangan internasional dan domestik. Ini menangani sekitar 97% dari pengunjung internasional ke Fiji, dimana 86% adalah turis. Meskipun merupakan bandara utama Fiji, jaraknya cukup jauh dari pusat populasi utama negara itu; terletak 192 kilometer (119 mil) barat laut ibu kota negara dan kota terbesar Suva.

 

Tempat Menarik

  1. Suva City Carnegie Library, dibangun tahun 1909.
  2. Suva’s governmental building complex.
  3. Government House.
  4. The Suva campus of the University of the South Pacific (USP), adalah universitas terbesar di Kepulauan Pasifik di luar Hawaii, dan program studinya diakui dan didukung secara internasional.
  5. Museum Fiji.
  6. Suva memiliki sekitar 78 taman. Takashi Suzuki Garden yang baru, di Apted Park di Suva Point, adalah tempat populer untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Thurston Gardens, yang dibuka pada tahun 1913, menampilkan flora dari seluruh Pasifik Selatan.
  7. Tempat belanja: Cumming Street, Suva Central Shopping Mall, the Mid-City Mall, dan MHCC, TappooCity.
  8. Victoria Parade (Signals Night Club, East Court Restaurant and Angel Night Club).
  9. Downtown Suva.

Pendidikan

  1. Fiji School of Medicine.
  2. University of Fiji.
  3. Fiji School of Nursing.
  4. University of the South Pacific.
  5. Fiji National University (Politeknik utama di negara Fiji dan melayani mahasiswa dari banyak negara kecil di Kepulauan Pasifik).
  6. Fiji College of Advanced Learning.
  7. TPAF (The Training and Productivity Authority of Fiji).

 

nama ibukota negara fiji suva, dilut.com