Ibu Kota Negara Ethiopia: Addis Ababa

Gambar Ibu Kota Addis Ababa

Ibu Kota Negara Ethiopia

Nama:

ADDIS ABABA

Pemandangan Ibu Kota Addis Ababa

Addis Ababa Adalah ibu kota dan kota terbesar di negara Ethiopia. Addis Ababa adalah kota sewaan, dan merupakan ibu kota Oromia.

Di sinilah Uni Afrika bermarkas dan di mana pendahulunya, Organisasi Persatuan Afrika (OAU), bermarkas. Ini juga menjadi tuan rumah markas besar Komisi Ekonomi PBB untuk Afrika (ECA), serta berbagai organisasi kontinental dan internasional lainnya. Oleh karena itu Addis Ababa sering disebut sebagai “ibu kota politik Afrika” karena signifikansi historis, diplomatik, dan politiknya bagi benua tersebut.

Kota ini terletak beberapa mil di sebelah barat Celah Afrika Timur yang membelah Ethiopia menjadi dua, antara Lempeng Nubia dan Lempeng Somalia. Kota ini dikelilingi oleh Zona Khusus Oromia dan dihuni oleh orang-orang dari berbagai daerah di Ethiopia. Ini adalah rumah bagi Universitas Addis Ababa.

Addis Ababa terletak di ketinggian 2.355 meter (7.726 kaki) terletak di 9°1′48″LU 38°44′24″BT.

 

Luas wilayah: 527 km2

Jumlah Penduduk: 3,3 juta jiwa (tahun 2008).

Kode Telepon: +251 11

Jarak Jakarta ke kota Addis Ababa: 7.728 km.

Suhu rata-rata: 16,4°C ( 15,2°C s/d 18,2°C).

Rekor Suhu terendah: 0°C, Tertinggi: 30,6°C

 

Ekonomi

Menurut statistik resmi dari pemerintah federal, sekitar 119.197 orang di kota terlibat dalam perdagangan di Ibu Kota Addis Ababa. 113.977 di bidang manufaktur dan industri; 80.391 Ibu rumah tangga dari berbagai varietas; 71.186 dalam administrasi sipil; 50.538 di bidang transportasi dan komunikasi; 42.514 di bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan sosial; 32.685 di hotel dan jasa katering; dan 16.602 di bidang pertanian.

Kota ini baru-baru ini mengalami ledakan konstruksi dengan gedung-gedung tinggi menjulang di banyak tempat. Berbagai layanan mewah juga telah tersedia dan pembangunan pusat perbelanjaan akhir-akhir ini meningkat. Menurut Tia Goldenberg dari IOL, profesional spa area mengatakan bahwa beberapa orang telah menyebut kota itu, “ibukota spa Afrika.

 

Bandar Udara

Addis Ababa Bole International Airport (IATA: ADD, ICAO: HAAB) adalah sebuah bandar udara internasional di Addis Ababa, ibu kota negara Ethiopia. Terletak di distrik Bole, 6 km (3,7 mil) tenggara pusat kota dan 65 km (40 mil) utara Bishoftu. Bandara ini sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Haile Selassie I.

Ini adalah hub utama Ethiopian Airlines, maskapai penerbangan nasional yang melayani tujuan di Ethiopia dan di seluruh benua Afrika, serta layanan nonstop ke Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Bandara ini juga merupakan basis dari Akademi Penerbangan negara Ethiopia. Per Juni 2018, hampir 450 penerbangan per hari berangkat dari dan tiba di bandara melayani 12,1 juta penumpang.

 

nama ibukota negara ethiopia addis ababa, dilut.com