Ibu Kota Negara El Salvador: San Salvador

Gambar Ibu Kota San Salvador

Ibu Kota Negara El Salvador

Nama:

SAN SALVADOR

Pemandangan Ibu Kota San Salvador

San Salvador (“Penyelamat Suci”) adalah ibu kota dan kota terpadat di negara El Salvador. Sekaligus adalah pusat politik, budaya, pendidikan dan keuangan. Wilayah Metropolitan San Salvador, yang terdiri dari ibu kota itu sendiri dan 13 kotamadyanya.

Kota ini terletak di Lembah Gunung Berapi Boquerón, wilayah dengan aktivitas seismik tinggi. Ketinggian rata-rata kota adalah 659 meter (2.162 kaki) di atas permukaan laut. Titik tertinggi di kotamadya pada ketinggian 1.929 m (6.329 kaki). Gunung Api El Boquerón tidak aktif sejak letusan terakhirnya pada tahun 1917, tetapi telah aktif baru-baru ini. Di sebelah timur kota terletak Bukit San Jacinto dan kaldera Danau Ilopango, badan air alami terbesar di negara ini dengan luas 72 kilometer persegi (28 mil persegi). Kaldera ini aktif secara seismik, tetapi belum meletus sejak 1880.

 

Luas wilayah: 72,2 km2

Jumlah Penduduk: 570 ribu jiwa (tahun 2019).

Jumlah Penduduk Metropolitan: 2,4 juta jiwa (tahun 2018).

Kode Telepon: +503

Jarak Jakarta ke ibu kota San Salvador: 18.059 km.

Suhu rata-rata: 23,7°C ( 22,8°C s/d 25,0°C).

Rekor Suhu terendah: 11,1°C, Tertinggi: 38,4°C

 

Ekonomi

Wilayah metropolitan hanya mencakup 3% dari wilayah nasional, namun 70% dari investasi publik dan swasta dilakukan di sana.

Perekonomian San Salvador, Antiguo Cuscatlán, dan Santa Tecla adalah perekonomian campuran yang sebagian besar terdiri dari jasa, pendidikan swasta, perbankan, kantor pusat bisnis, dan manufaktur industri.

Kota-kota lain di wilayah metropolitan bergantung baik pada industri, seperti Soyapango dan Ilopango, pada layanan publik, seperti Mejicanos, atau pada pembangkit listrik, seperti di Nejapa dan Apopa. Kota-kota lain belum mengembangkan ekonomi mereka sendiri, namun, mereka telah menyediakan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk industri di kota-kota tetangga.

San Salvador, serta bagian negara lainnya, telah menggunakan dolar AS sebagai mata uang pertukarannya sejak 2001. Di bawah Undang-Undang Integrasi Moneter, El Salvador mengadopsi dolar AS sebagai alat pembayaran yang sah di samping tanda titik dua. Keputusan ini muncul sebagai upaya untuk mendorong investor asing untuk meluncurkan perusahaan baru di El Salvador, menyelamatkan mereka dari ketidaknyamanan konversi ke mata uang lain. Perekonomian San Salvador sebagian besar didasarkan pada sektor jasa dan ritel, bukan pada industri atau manufaktur.

 

Bandar Udara

  1. El Salvador International Airport Saint Oscar Arnulfo Romero y Galdámez (IATA: SAL, ICAO: MSLP), sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Comalapa adalah sebuah bandara yang melayani San Salvador , ibu kota negara El Salvador. Terletak di kota San Luis Talpa, Departemen La Paz, dan menempati dataran segitiga seluas 2.519,8 hektar. Kota ini terhubung ke ibu kota San Salvador, El Salvador melalui jalan raya empat lajur modern, dengan jarak tempuh 42 kilometer (26 mil) dalam waktu rata-rata 30 menit. Melayani 1 juta penumpang pada tahun 2020.
  2. Ilopango International Airport (IATA: ILS, ICAO: MSSS) adalah bandar udara yang terletak di bagian timur kota San Salvador, negara El Salvador, pernah melayani kota tersebut sebagai bandara internasionalnya hingga digantikan oleh El Salvador International Airport Saint Oscar Arnulfo Romero y Galdámez yang lebih besar dan lebih modern. Bandara Internasional, terletak sekitar 50 km selatan kota. Saat ini, Ilopango hanya digunakan untuk penerbangan militer, taksi udara, dan charter. Ini juga mengadakan Pertunjukan Udara Ilopango tahunan. Bandara ini juga merupakan rumah bagi Museum Penerbangan Nasional (Museo Nacional de Aviación) San Salvador, yang bertempat di gedung terminal lama.

 

nama ibukota negara el salvador san salvador, dilut.com