Ibu Kota Negara Ekuador: Quito

Ibu Kota Negara Ekuador

Nama:

QUITO

Pemandangan Ibu Kota Negara Ekuador (Quito)

Quito adalah ibu kota Ekuador dan pada ketinggian 2.850 m (9.350 kaki) di atas permukaan laut, itu adalah ibu kota resmi tertinggi kedua di dunia, dan yang paling dekat dengan khatulistiwa. Terletak di lembah sungai Guayllabamba.

Pada tahun 2008, kota ini ditetapkan sebagai markas Persatuan Bangsa-Bangsa Amerika Selatan.

Pusat bersejarah Quito adalah salah satu yang terbesar, paling tidak berubah dan paling terpelihara di Amerika. Quito dan Kraków, Polandia, adalah Situs Warisan Budaya Dunia pertama yang dideklarasikan oleh UNESCO, pada tahun 1978. Alun-alun pusat Quito terletak sekitar 25 km selatan khatulistiwa; kota itu sendiri meluas hingga sekitar 1 km dari garis lintang nol. Sebuah monumen dan museum yang menandai lokasi umum khatulistiwa dikenal secara lokal sebagai la mitad del mundo (tengah dunia), untuk menghindari kebingungan, karena kata Ekuador adalah bahasa Spanyol untuk khatulistiwa.

 

Luas wilayah: 372 km2

Jumlah Penduduk: 2 juta jiwa (tahun 2020).

Kode Telepon: +593 2

Jarak Jakarta ke ibu Kota Quito: 19.080 km.

Suhu rata-rata: 15°C

Rekor Suhu terendah: 22°C, Tertinggi: 33°C

 

Ekonomi

Quito adalah kota terbesar dalam kontribusi terhadap PDB nasional, dan pendapatan per kapita tertinggi. Quito memiliki tingkat pengumpulan pajak tertinggi di Ekuador, melebihi nasional 57% per tahun 2009, saat ini menjadi wilayah ekonomi terpenting negara, sebagai “studi” terbaru yang dilakukan oleh Bank Sentral Ekuador.

Industri utama teratas di Quito meliputi tekstil, logam, dan pertanian, dengan tanaman utama untuk ekspor adalah kopi, gula, kakao, beras, pisang, dan minyak sawit.

Petroecuador, perusahaan terbesar di negara ini dan salah satu yang terbesar di Amerika Latin berkantor pusat di Quito.

Kantor pusat dan kantor regional dari banyak lembaga keuangan nasional dan internasional, perusahaan minyak dan bisnis internasional juga berlokasi di Quito, menjadikannya kota bisnis kelas dunia.

 

Bandar Udara

Mariscal Sucre International Airport (IATA: UIO, ICAO: SEQM) adalah bandara tersibuk di negara Ekuador dan salah satu bandara tersibuk di Amerika Selatan. Terletak di paroki Tababela, sekitar 18 kilometer timur ibu kota Quito dan berfungsi sebagai pusat terbesar untuk Avianca Ekuador dan LATAM Ekuador. Bandara ini dibuka pada Februari 2013 dan menggantikan bandara berusia 53 tahun dengan nama yang sama. Bandara ini dinilai sebagai satu-satunya bandara bintang 5 di Belahan Barat oleh Skytrax. Pada tahun 2018 melayani 5,1 juta penumpang.

 

nama ibukota negara ekuador, dilut.com