Ibu Kota Negara Denmark

Ibu Kota Negara Denmark

 

Nama:

COPENHAGEN

Pemandangan Ibu Kota Negara Denmark (Copenhagen)

Kopenhagen (København [kʰøpm̩ˈhɑwˀn]) adalah ibu kota dan kota terpadat di negara Denmark. Kopenhagen terletak di pantai timur pulau Zealand; bagian lain dari kota ini terletak di Amager, dan dipisahkan dari Malmö, Swedia, oleh selat resund. Jembatan resund menghubungkan kedua kota dengan kereta api dan jalan raya.

Kopenhagen menghadap resund ke timur, selat air yang memisahkan Denmark dari Swedia, dan yang menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik. Melalui jalan darat, Kopenhagen berjarak 42 kilometer barat laut Malmö, Swedia, 85 kilometer timur laut Næstved, 164 kilometer timur laut Odense, 295 kilometer timur Esbjerg dan 188 kilometer tenggara Aarhus melalui laut dan jalan melalui Sjællands Odde.

 

Luas wilayah: 179,8 km2

Jumlah Penduduk: 799 ribu jiwa (tahun 2021).

Kode Telepon: +45 3

Jarak Jakarta ke kota Copenhagen: 10.839 km.

Suhu rata-rata: 9,1°C ( 1,4°C s/d 18,1°C).

Rekor Suhu terendah: 26,3°C, Tertinggi: 33,8°C

Ekonomi

Kopenhagen adalah pusat ekonomi dan keuangan utama negara Denmark. Perekonomian kota sebagian besar didasarkan pada jasa dan perdagangan. Statistik untuk tahun 2010 menunjukkan bahwa sebagian besar dari 350.000 pekerja di ibu kota Kopenhagen bekerja di sektor jasa, terutama transportasi dan komunikasi, perdagangan, dan keuangan, sementara kurang dari 10.000 bekerja di industri manufaktur. Tenaga kerja sektor publik sekitar 110.000, termasuk pendidikan dan perawatan kesehatan. Dari tahun 2006 hingga 2011, ekonomi tumbuh sebesar 2,5% di Kopenhagen, sementara di Denmark turun sekitar 4%. Pada tahun 2017, Wilayah Ibu Kota Denmark yang lebih luas memiliki produk domestik bruto (PDB) sebesar €120 miliar, dan PDB per kapita wilayah terbesar ke-15 di Uni Eropa.

Bandar Udara

Copenhagen Airport, Kastrup (Københavns Lufthavn, [kʰøpm̩ˈhɑwns lɔftˌhɑwˀn kʰæˌstʁɔp]; IATA: CPH, ICAO: EKCH) adalah bandara internasional utama yang melayani Kopenhagen, Denmark, seluruh Selandia, Wilayah Øresund, dan sebagian besar Swedia selatan termasuk Scania. Ini adalah bandara terbesar di negara-negara Nordik dengan hampir 30,3 juta penumpang pada 2019 dan salah satu bandara internasional tertua di Eropa. Ini adalah bandara tersibuk ketiga di Eropa Utara, dan tersibuk untuk perjalanan internasional di Skandinavia.

Bandara ini terletak di pulau Amager, 8 kilometer (5 mil) selatan pusat ibu kota Kopenhagen, dan 24 km (15 mil) barat pusat kota Malmö, yang terhubung ke Kopenhagen melalui Jembatan resund. Bandara ini meliputi area seluas 11,8 km2. Sebagian besar bandara terletak di kotamadya Tårnby, dengan sebagian kecil di kota Dragør.

nama ibukota negara denmark copenhagen, dilut.com