Ibu Kota Negara Chili: Santiago

Gambar Pemandangan Ibu Kota Negara Chili Santiago

Ibu Kota Negara Chili

Nama:

SANTIAGO

Santiago juga dikenal sebagai Santiago de Chile, adalah ibu kota dan kota terbesar negara Chili. Ini adalah pusat wilayah terpadat di Chili, Wilayah Metropolitan Santiago, yang total populasinya adalah 8 juta jiwa, di mana lebih dari 6 juta tinggal di daerah perkotaan kota yang berkelanjutan. Kota ini sepenuhnya berada di lembah tengah negara itu. Sebagian besar kota terletak antara 500–650 m (1.640–2.133 kaki) di atas permukaan laut.

Didirikan pada tahun 1541 oleh penakluk Spanyol Pedro de Valdivia, Santiago telah menjadi ibu kota Chili sejak zaman kolonial. Santiago adalah pusat budaya, politik dan keuangan Chili dan merupakan rumah bagi kantor pusat regional banyak perusahaan multinasional. Eksekutif dan yudikatif Chili berlokasi di Santiago.

Bandara internasional Santiago, di barat, terletak pada ketinggian 460 m (1.509 kaki). Plaza Baquedano, dekat pusat, terletak di 570 m (1.870 kaki). Estadio San Carlos de Apoquindo, di tepi timur kota, memiliki ketinggian 960 m (3.150 kaki).

Luas wilayah: 641 km2

Jumlah Penduduk: 6,2 juta jiwa (tahun 2017).

Kode Telepon: +56 2

Jarak Jakarta ke kota Santiago: 15.588 km.

Suhu rata-rata tahunan: 14°C ( 7,5°C s/d 20,4°C).

Rekor Suhu terendah: -6,8°C, Tertinggi: 39,3°C

Ekonomi

Santiago adalah pusat industri dan keuangan Chili, dan menghasilkan 45% dari PDB negara itu. Beberapa lembaga internasional, seperti ECLAC (Komisi Ekonomi untuk Amerika Latin dan Karibia), berkantor di Santiago. Ekonomi yang kuat dan utang pemerintah yang rendah menarik para migran dari Eropa dan Amerika Serikat.

Pertumbuhan ekonomi Santiago yang stabil selama beberapa dekade terakhir telah mengubahnya menjadi kota metropolitan modern. Kota ini sekarang menjadi rumah bagi teater dan restoran yang berkembang, pengembangan pinggiran kota yang luas, lusinan pusat perbelanjaan, dan cakrawala yang menjulang, termasuk gedung tertinggi di Amerika Latin, Gran Torre Santiago. Ini mencakup beberapa universitas besar, dan telah mengembangkan infrastruktur transportasi modern, termasuk sistem jalan bebas hambatan berbasis tol arus bebas, sebagian bawah tanah dan Metro de Santiago, sistem kereta bawah tanah paling luas di Amerika Selatan.

Bandar Udara

Arturo Merino Benítez International Airport (IATA: SCL, ICAO: SCEL), juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Santiago dan Bandar Udara Nuevo Pudahuel, terletak di Pudahuel, 15 km utara- sebelah barat pusat kota Santiago, adalah fasilitas penerbangan terbesar Chili dan bandara internasional tersibuk.

Bandara Internasional Arturo Merino Benítez memiliki layanan domestik dan internasional ke tujuan di Eropa, Oseania, Afrika (khusus kargo), Asia, dan Amerika. Pada tahun 2011 itu adalah bandara tersibuk kesembilan di Amerika Latin dan keenam tersibuk di Amerika Selatan oleh lalu lintas penumpang. Itu adalah bandara tersibuk ketujuh di Amerika Latin menurut pergerakan pesawat, melayani 124.799 operasi. Pada tahun 2020 melayani 8,5 juta penumpang.

Eulogio Sánchez Airport  (ICAO: SCTB), juga dikenal sebagai Bandara Tobalaba, adalah sebuah bandara di La Reina, pinggiran timur Santiago, Chili.

Bandara ini terdiri dari 120 hektar di tepi timur wilayah metropolitan Santiago. Dibangun pada tahun 1954 dan dinamai untuk presiden Klub Aéreo de Santiago, Eulogio Sánchez Errazuriz (1903-1956).

Universitas

  1. Universidad de Chile (U or UCH).
  2. Pontificia Universidad Católica de Chile (PUC).
  3. Universidad de Santiago de Chile (USACH).
  4. Universidad Metropolitana de Ciencias de la Educación (UMCE).
  5. Universidad Tecnológica Metropolitana (UTEM).
  6. Universidad Técnica Federico Santa María (UTFSM).
  7. Universidad Adolfo Ibáñez (UAI).
  8. Universidad del Desarrollo (UDD).
  9. Universidad Diego Portales (UDP).
  10. Universidad Alberto Hurtado (UAH).
  11. Universidad Central de Chile (Ucen).
  12. Universidad Nacional Andrés Bello (Unab).
  13. Universidad Academia de Humanismo Cristiano (UAHC).
  14. Universidad de Ciencias de la Informática (UCINF).
  15. Universidad Mayor (UM).
  16. Universidad Finis Terrae.
  17. Universidad de Los Andes.
  18. Universidad Gabriela Mistral (UGM).
  19. Universidad del Pacífico.
  20. Universidad de las Américas.
  21. Universidad de Artes, Ciencias y Comunicación (UNIACC).
  22. Universidad San Sebastián (USS).
  23. Universidad Bolivariana.

nama ibukota negara chili santiago, dilut.com