Ibu Kota Negara Burkina Faso : Ouagadougou

Ibu Kota Negara Burkina Faso

 

Nama:

OUAGADOUGOU

Gambar Pemandangan Ibu Kota Negara Burkina Faso

Ouagadougou adalah ibu kota Burkina Faso dan pusat administrasi, komunikasi, budaya, dan ekonomi negara dan juga merupakan kota terbesar di negara itu. Nama kota ini sering disingkat menjadi Ouaga. Penduduknya disebut ouagalais. Ejaan nama Ouagadougou berasal dari ortografi Prancis yang umum di bekas koloni Prancis di Afrika. dan telah menjadi Ibukota sejak tahun 2002.

Ouagadougou, terletak di dataran tinggi tengah (12,4°LU 1,5°W), tumbuh di sekitar istana kekaisaran Mogho Naaba. Sebuah pusat administrasi pemerintahan kolonial, itu menjadi pusat kota penting di era pasca-kolonial. Pertama ibu kota Kerajaan Mossi dan kemudian Volta Atas dan Burkina Faso, Ouagadougou menjadi pusat komunal yang sesungguhnya pada tahun 1995.

Ekonomi

Ekonomi Ouagadougou didasarkan pada industri dan perdagangan. Beberapa fasilitas industri telah dipindahkan dari Bobo-Dioulasso ke Ouagadougou, yang menjadikan kota ini sebagai pusat industri penting di Burkina Faso. Kawasan industri Kossodo dan Gounghin adalah rumah bagi beberapa pabrik pengolahan dan pabrik.

Ouagadougou adalah pusat komersial yang penting. Ini adalah pusat di mana barang dikumpulkan dan diarahkan ke daerah pedesaan. Dengan basis konsumen yang besar, sejumlah besar sumber energi, bahan baku untuk bangunan, produk pertanian dan produk peternakan diimpor ke kota.

Luas wilayah: 520 km2

Jumlah Penduduk: 2,4 juta jiwa (tahun 2019).

Kode Telepon: +226

Jarak Jakarta ke kota Ouagadougou: 12.137 km.

Suhu rata-rata: 16 °C s/d 28 °C.

Rekor Suhu terendah: 8,5°C, Tertinggi: 46,1°C

Pendidikan:

  1. University of Ouagadougou.
  2. Lycée Saint-Exupéry de Ouagadougou (French school).
  3. International School of Ouagadougou.

Bandar Udara

Thomas Sankara International Airport Ouagadougou (IATA: OUA, ICAO: DFFD), adalah sebuah bandara internasional di pusat ibu kota Ouagadougou di Burkina Faso. Dibangun pada tahun 1960-an, dan berjarak sekitar 1,5 kilometer (0,93 mil) tenggara dari area komersial utama. Landasan pacunya memiliki panjang 3.000 meter (9.800 kaki). Ketika bandara dibangun itu berada di batas selatan kota. Ouagadougou telah mengalami urbanisasi yang cepat dan bandara sekarang dikelilingi oleh pembangunan perkotaan.

Selain telah melampaui batasan kapasitasnya, Bandara Ouagadougou merupakan sumber polusi dan risiko. Pemerintah memiliki rencana untuk membangun bandara baru 30 km di utara ibu kota.

Pada tahun 2019 melayani 600 ribu penumpang.

Maskapai Tujuan
Air Algérie Aljazair (Algiers).
Air Burkina

Abidjan, Accra, Bamako, Bobo-Dioulasso,

Cotonou, Dakar–Diass, Lomé, Niamey.

Air Côte d’Ivoire Abidjan
Air France AccraParis–Charles de Gaulle.
Air Senegal
Dakar–Diass
ASKY Airlines
ConakryLoméNiamey.
Ethiopian Airlines
Addis AbabaNiamey.
Royal Air Maroc Casablanca
Tunisair AbidjanTunis
Turkish Airlines ConakryFreetownIstanbul (Turki).

nama ibukota negara burkina faso Ouagadougou, dilut.com