Ibu Kota Negara Brazil/Brasil : Brasilia

Ibu Kota Negara Brazil (Brasil)

 

Nama:

BRASILIA

Gambar Pemandangan Ibu Kota Negara Brasil (Brasilia)

Brasília adalah ibu kota federal negara Brasil dan pusat pemerintahan Distrik Federal. Kota ini terletak di puncak dataran tinggi Brasil di wilayah barat tengah negara itu. Didirikan oleh Presiden Juscelino Kubitschek pada 21 April 1960, sebagai ibu kota negara yang baru. Brasilia diperkirakan menjadi kota terpadat ketiga di Brasil. Di antara kota-kota besar Amerika Latin, ia memiliki PDB per kapita tertinggi.

Kota ini terletak di puncak dataran tinggi Brasil di wilayah barat tengah negara itu.

Danau Paranoá, sebuah danau buatan yang besar, dibangun untuk meningkatkan jumlah air yang tersedia dan untuk menjaga kelembapan kawasan. Memiliki marina, dan menyelenggarakan wakeboarder dan selancar angin. Menyelam juga bisa dilakukan dan salah satu atraksi utama adalah Vila Amaury, sebuah desa tua yang terendam di danau. Di sinilah para pekerja konstruksi pertama di Brasilia dulu tinggal.

Luas wilayah: 5.802 km2

Jumlah Penduduk: 480,8 ribu jiwa (tahun 2017).

Kode Telepon: +55 61

Jarak Jakarta ke kota Brasilia: 16.300 km.

Suhu rata-rata tahunan: 21°C ( 19,0°C s/d 22,4°C).

Rekor Suhu terendah: 1,6°C, Tertinggi: 36,4°C

Ekonomi

Peran utama konstruksi dan jasa (pemerintah, komunikasi, perbankan dan keuangan, produksi makanan, hiburan, dan jasa hukum) dalam perekonomian Brasilia mencerminkan status kota sebagai pusat pemerintahan daripada pusat industri. Industri yang berhubungan dengan konstruksi, pengolahan makanan, dan perabotan adalah penting, seperti yang terkait dengan penerbitan, percetakan, dan perangkat lunak komputer. Produk domestik bruto (PDB) dibagi dalam Administrasi Publik 54,8%, Jasa 28,7%, Industri 10,2%, Perdagangan 6,1%, Agrobisnis 0,2%.[48]

Selain sebagai pusat politik, Brasilia merupakan pusat ekonomi yang penting. Ini memiliki PDB tertinggi kota-kota di Brasil, mewakili 3,76% dari total PDB Brasil. Sebagian besar kegiatan ekonomi di ibukota federal dihasilkan dari fungsi administratifnya. Perencanaan industrinya dipelajari dengan cermat oleh Pemerintah Distrik Federal.  pemerintah di Brasilia telah memilih untuk mendorong pengembangan industri non-polusi seperti perangkat lunak, film, video, dan gemologi antara lain, dengan penekanan pada pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan ekologi, melestarikan properti kota.

Menurut peringkat kota Mercer tentang biaya hidup untuk karyawan ekspatriat, Brasilia menempati peringkat ke-45 di antara kota-kota termahal di dunia pada tahun 2012, naik dari posisi ke-70 pada tahun 2010, peringkat di belakang São Paulo (12) dan Rio de Janeiro (13).

Industri di kota termasuk konstruksi (Paulo Octavio, Via Construções, dan Irmãos Gravia antara lain); pengolahan makanan (Perdigão, Sadia); pembuatan furnitur; daur ulang (Novo Rio, Rexam, Latasa, dan lainnya); obat-obatan (União Química); dan industri grafis. Hasil pertanian utama yang dihasilkan di kota ini adalah kopi, jambu biji, stroberi, jeruk, lemon, pepaya, kedelai, dan mangga. Ini memiliki lebih dari 110.000 sapi dan mengekspor produk kayu ke seluruh dunia.

Desain kota yang direncanakan mencakup area spesifik untuk hampir semua hal, termasuk akomodasi, Sektor Perhotelan Utara dan Selatan. Fasilitas hotel baru sedang dikembangkan di tempat lain, seperti hotel dan pariwisata Sektor Utara, yang terletak di tepi Danau Paranoá. Brasilia memiliki berbagai akomodasi wisata mulai dari penginapan, penginapan, dan hostel hingga jaringan hotel internasional yang lebih besar. Restoran kota melayani berbagai macam makanan mulai dari hidangan lokal dan regional Brasil hingga masakan internasional.

Bandar Udara

Brasília–Presidente Juscelino Kubitschek International Airport (IATA: BSB, ICAO: SBBR) adalah satu-satunya bandara internasional yang melayani Brasília. Bandara ini dinamai Juscelino Kubitschek (1902–1976), Presiden ke-21 Brasil. Terletak di wilayah administratif Lago Sul, di Distrik Federal.

Beberapa fasilitasnya digunakan bersama dengan Pangkalan Angkatan Udara Brasilia dari Angkatan Udara Brasil.

Bandara ini pada tahun 2015 melayani 19,8 juta orang dan 711.756 diantaranya penumpang tujuan internasional.

Rute Internasional Tersibuk

No Kota Penumpang Pesawat
1. Miami

USA

166.326 Gol Linhas Aéreas
2. Lisbon

Portugal

134.583 TAP Portugal
3. Buenos Aires

Argentina

110.032 Gol Linhas Aéreas
4. Orlando

USA

101.870 Gol Linhas Aéreas
5. Panama City

Panama

95.347 Copa
6. Cancún

Mexico

21.859 Gol Linhas Aéreas
7. Santiago

Chile

12.090 LATAM Chile
8. Punta Cana

Dominican Republic

9.535 LATAM
9. Lima

Peru

5.608 LATAM Peru

nama ibukota negara brasil brazil, dilut.com