Ibu Kota Negara Bosnia and Herzegovina: Sarajevo

Ibu Kota Negara Bosnia and Herzegovina

 

Nama:

SARAJEVO

Foto Pemandangan di Kota Sarajevo

Adalah ibu kota dan kota terbesar di negara Bosnia dan Herzegovina. Wilayah metropolitan Sarajevo termasuk Kanton Sarajevo, Sarajevo Timur dan kotamadya terdekat.

Sarajevo berada di dekat pusat geometris Bosnia dan Herzegovina berbentuk segitiga dan di dalam wilayah bersejarah Bosnia. Terletak 518 meter (1.699 kaki) di atas permukaan laut dan terletak di lembah Sarajevo, di tengah Pegunungan Alpen Dinaric. Kota ini dikelilingi oleh perbukitan berhutan lebat dan lima gunung besar. Puncak tertinggi di sekitarnya adalah Treskavica pada 2.088 meter (6.850 kaki).

Luas wilayah: 141,5 km2

Jumlah Penduduk: 275,5 ribu jiwa (tahun 2013).

Kode Telepon: +387 33

Jarak Jakarta ke Kota Sarajevo: 10.354 km.

Suhu rata-rata: 10,6°C ( 0,2°C s/d 20,4°C).

Rekor Suhu terendah: 26,8°C, Tertinggi: 40°C

 

Bandar Udara

Sarajevo International Airport(IATA: SJJ), juga disebut Butmir adalah bandara internasional utama di Bosnia dan Herzegovina, melayani Sarajevo, ibu kota Bosnia dan Herzegovina. Terletak 6,1 km barat daya stasiun kereta Sarajevo dan sekitar 12,0 km barat pusat kota Sarajevo di kotamadya Ilidža, pinggiran Butmir. Pada 2019, 1.143.680 penumpang melakukan perjalanan melalui bandara. Terpilih sebagai Bandara Eropa Terbaik Dengan Di bawah 1.000.000 Penumpang di ACI-Europe Tahunan ke-15 di Munich pada tahun 2005.

 

Ekonomi

Sektor manufaktur, administrasi, dan pariwisata Sarajevo yang besar menjadikannya wilayah ekonomi terkuat di Bosnia dan Herzegovina. Sarajevo Canton menghasilkan hampir 25% dari PDB negara tersebut. Bank Sentral Bosnia dan Herzegovina dibuka di Sarajevo pada tahun 1997 dan Bursa Efek Sarajevo mulai diperdagangkan pada tahun 2002.

Industri Sarajevo sekarang mencakup produk tembakau, furnitur, kaus kaki, mobil, dan peralatan komunikasi. Perusahaan yang berbasis di Sarajevo antara lain BH Telecom, Bosnalijek, Energopetrol, Pabrik Tembakau Sarajevo, dan Sarajevska pivara (Sarajevo Brewery).

Sebagian besar ekspor Sarajevo (20,5%) ke Jerman, diikuti oleh Serbia dan Kroasia masing-masing sebesar 12%. Jumlah barang impor terbesar berasal dari negara Kroasia, sebesar 20,9%.

 

Wisata

Seri panduan perjalanan, Lonely Planet menobatkan Sarajevo sebagai kota terbaik ke-43 di dunia, dan pada bulan Desember 2009, mencantumkan Sarajevo sebagai salah satu dari sepuluh kota teratas untuk dikunjungi pada tahun 2010.

Pada tahun 2019, 733.259 wisatawan mengunjungi Sarajevo, memberikan 1.667.545 masa inap, yang lebih dari 20% lebih dari tahun 2018.

Kegiatan populer di kalangan warga Sarajevo adalah catur jalanan, biasanya dimainkan di Trg Oslobođenja – Alija Izetbegović. Veliki Park adalah area hijau terbesar di pusat Sarajevo. Itu terletak di antara Jalan Titova, Koševo, Džidžikovac, Tina Ujevića dan Trampina dan di bagian bawah, ada sebuah monumen yang didedikasikan untuk Anak-anak Sarajevo.

Hastahana adalah tempat yang populer untuk bersantai di lingkungan Austro-Hongaria di Marijin Dvor. Jembatan Kambing, yang secara lokal dikenal sebagai Kozija uprija, di Ngarai Miljacka juga merupakan tujuan taman yang populer di sepanjang jalan setapak Dariva dan sungai Miljacka.

Sarajevo juga terkenal dengan pemandangan kotanya; termasuk dek observasi di Avaz Twist Tower, restoran Park Prinčeva, Vidikovac lookout (Mt. Trebević), lookout Zmajevac dan Yellow/White fortresses lookouts (di Vratnik) serta banyak atap lainnya di seluruh kota (yaitu Pusat Perbelanjaan Alta, BBI Centar , Hotel Hecco Deluxe). Simbol Sarajevo adalah kereta gantung Trebević yang dibangun kembali pada tahun 2018, juga merupakan salah satu tempat wisata paling populer di kota yang membawa pengunjung dari pusat kota ke Gunung Trebevi.

nama ibukota negara bosnia dan herzegovina sarajevo, dilut.com