Ibu Kota Negara Benin: Porto-Novo

Ibu Kota Negara Benin

 

Nama:

PORTO-NOVO

Foto Ibu Kota Negara Benin

Porto-Novo (pengucapan bahasa Prancis: [pɔʁtɔnɔvo]; juga dikenal sebagai Hogbonu dan Ajashe; Fon: Xɔ̀gbónù) adalah ibu kota Negara Benin.

Seperti namanya, Porto-Novo (bahasa Portugis: “Pelabuhan Baru”, pengucapan bahasa Portugis: [ˈpoɾtu novu]) pada awalnya dikembangkan sebagai pelabuhan untuk perdagangan budak transatlantik yang dipimpin oleh Kekaisaran Portugis.

Porto-Novo adalah pelabuhan di teluk Teluk Guinea, di bagian tenggara negara itu. Ini adalah kota terbesar kedua di Benin, dan meskipun Porto-Novo adalah ibu kota resmi, tempat badan legislatif nasional berada, kota Cotonou yang lebih besar adalah pusat pemerintahan, tempat sebagian besar gedung pemerintah berada dan departemen pemerintah beroperasi.

Luas wilayah: 110 km2

Jumlah Penduduk: 264 ribu jiwa (tahun 2013).

Kode Telepon: +229

Jarak Jakarta ke Porto-Novo: 11.642 km.

Suhu rata-rata: 26 °C

 

Bandar Udara

Cotonou Cadjehoun Airport (IATA: COO, ICAO: DBBB) adalah sebuah bandar udara di kawasan Cadjehoun di Cotonou, kota terbesar di Benin, di Afrika Barat. Bandara ini adalah yang terbesar di negara ini, dan dengan demikian, merupakan titik masuk utama ke negara itu melalui udara, dengan penerbangan ke Afrika dan Eropa.

nama ibukota negara benin porto novo, dilut.com