Ibu Hamil Harus Paham 5 Hal Dasar Ini

Menjadi seorang ibu hamil tentunya memiliki kebahagiaan tersendiri. Bisa jadi, rasa bahagia bercampur dengan rasa gugup ketika menanti kelahiran si buah hati. Hal tersebut biasanya akan lebih dirasakan bagi ibu hamil dengan masa kehamilan pertama. Maka tak jarang timbul juga rasa khawatir dan ketakutan tentang masalah kehamilan yang akan terjadi. Oleh sebab itu, ibu hamil harus banyak belajar serta memahami hal baru sepanjang masa kehamilan mereka.

Bagi Anda sebagai calon ibu ada baiknya untuk memahami lima hal dasar berikut pada masa kehamilan:

1. Hindari Mengobati Diri Sendiri

Sering kali ibu hamil mengalami kepanikan terhadap masalah kesehatan. Terkadang mereka ceroboh dan selalu bertindak sendiri tanpa pendampingan dokter ahli. Sebagai contoh, ibu hamil kerap mengkonsumsi obat ketika terjangkit flu. Padahal flu merupakan hal yang wajar dalam sistem kekebalan tubuh. Dalam masalah kesehatan seharusnya ibu hamil selalu berkonsultasi dengan dokter dan jangan mengkonsumsi obat sembarangan tanpa resep serta anjuran dokter. Perlu diketahui obat memiliki efek samping yang berbeda untuk ibu hamil.

2. Kurang Cukup Tidur

Tidak ada salahnya jika Anda sebagai ibu hamil mengubah gaya serta pola tidur. Perlu Anda ketahui bahwa pola tidur yang cukup sangatlah penting untuk kesehatan ibu dan buah hati. Maka untuk menghindari efek samping bagi kesehatan ibu hamil dan buah hati mulailah mengatur pola tidur yang proporsional.

3. Menghindari Makanan, Terutama Makanan Enak

Biasanya ibu hamil sering dilibatkan mitos yang berkembang di masyarakat. Ibu hamil terkadang harus merelakan makanan yang bergizi terkait adanya mitos tersebut. Namun seyogyanya, ibu hamil harus memenuhi makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi. Nutrisi dan gizi yang proporsional bermanfaat untuk menjaga kesehatan buah hati. Untuk urusan konsumsi makanan yang sesuai seharusnya ibu hamil mengkonsultasikan kepada dokter atau ahli gizi dan nutrisi.

4. Pilihlah Dokter Ahli Kandungan Yang Tepat

Memilih dokter ahli yang tepat dan sesuai kebutuhan pada masa kehamilan adalah sebuah keharusan. Kita dapat memperoleh berbagai informasi mengenai referensi pemilihan dokter mulai dari bertanya pada teman hingga melakukan survey di internet, serta berbagai media massa lainnya. Hal ini dilakukan guna mengetahui reputasi baik dari dokter ahli. Setelah menemukan dokter ahli kandungan yang tepat, lakukan penjadwalan secara rutin guna mengetahui pertumbuhan buah hati Anda di dalam kandungan.

5. Atur konsumsi makanan dengan proporsional

Ibu hamil banyak salah kaprah dengan adanya mitos “ketika hamil harus makan untuk dua porsi”. Buah hati Anda di dalam kandungan hanya menyerap nutrisi dari hasil konsumsi sang ibu. Guna memberikan nutrisi yang tepat pada buah hati Anda, pastikan lakukan diet seimbang yang kaya akan vitamin dan mineral. Tentunya diet seimbang tidak boleh dilakukan sembarangan hanya dengan bermodalkan sepengetahuan Anda, berkonsultasilah pada dokter ahli kandungan Anda.