Hal Penting Saat Mendekorasi Kamar Tidur Balita

Anda memiliki seorang balita. Maka, Anda perlu untuk cermat mengawasi tumbuh kembangnya. Bagaimana tidak? Usia balita atau sering disebut dengan periode golden age adalah masa dimana balita akan menghabiskan waktunya di dalam rumah, terutama dikamar tidur. Itu sebabnya mengapa anda perlu memperhatikan desain kamar tidur balita Anda, selain mengawasi tumbuh kembangnya.

Percaya atau tidak, kamar tidur adalah suatu tempat utama atau awal sikecil menjalani proses perkembangannya. Untuk melewati itu, desain kamar tidur akan menjadi partner pendukung si kecil melewati proses berkembangnya. Ada beberapa hal penting yang perlu anda tahu saat mendesain atau mendekorasi kamar tidur balita anda. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

Pemilihan Furniture

Anda pasti tetap membutuhkan furniture seperti tempat tidur dan lemari untuk menyimpan segala kebutuhan sikecil. Anda juga membutuhkan aksesoris seperti mainan untuk sikeci bermain. Pastikan jika furniture dan aksesoris yang akan anda gunakan aman. Pilihlah tempat tidur yang memiliki sisi pengaman untuk menghindari sikecil jatuh. Lihatlah bahan material yang digunakan pada furniture tersebut. Balita sangat suka sekali memanjat benda-benda besar yang ada disekitarnya, jadi pastikan anda memilih furniture yang kuat agar tidak mudah roboh.

Pemilihan Aksesoris

Anda akan membutuhkan beberapa aksesoris seperti mainan, papan untuk menulis, dan juga papan untuk memajang hasil karya. Pasanglah beberapa aksesoris ini didalam kamar tidur sikecil. Namun, tetap pastikan bahwa itu semua aman. Pilihlah mainan yang tidak memiliki sisi atau tepi yang tajam untuk menghindari bahaya balita tergores. Peletakan papan menulis dan papan karya juga tidak boleh terlalu tinggi. Ini supaya memudahkan sikecil untuk menggapainya.

Pemilihan Cahaya

Saat anda mendesain kamar tidur sikecil. Pastikan jika ruangan kamar tersebut cukup untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Perhatikan pula sirkulasi udara dari ventilasi kamar tidur sikecil. Ini bertujuan supaya udara yang masuk akan selalu bersih.

Jenis Lantai

Usia balita sangat membuat mereka begitu aktif. Untuk menghindari risiko jatuh dan terpeleset. Pilihlah jenis lantai yang tidak licin seperti lantai vinyl atau lantai parket. Anda juga bisa letakkan karpet di atas lantai tersebut untuk menjaga alas kaki mereka tetap hangat.

Warna Dinding Kamar Tidur

Anak kecil sangat menyukai warna-warna terang yang mana akan membuat mereka merasa ramai dan nyaman. Menggunakan wallpaper dinding atau cat dinding anti drop yang mudah dibersihkan juga sangat dianjurkan untuk kamar tidur balita ini. Mereka sangat suka mencoret-coret segala sesuatu termasuk dinding, maka dari itu anda perlu memasang sesuatu yang mudah dirawat dan dibersihkan.