8 Fakta Unik Penelitian Tentang Nyamuk

Ternyata di balik gigitan nyamuk yang menyebalkan, ada fakta unik di dalamnya lho! Berikut adalah penelitian tentang nyamuk :

1. Nyamuk menyukai tubuh yang berkeringat

Ternyata nyamuk bukan tertarik dengan bau darah, melainkan karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh. Semakin banyak karbondioksida yang dikeluarkan dari dalam tubuh Anda, semakin menarik perhatian nyamuk juga lho! Nyamuk akan semakin mengerumuni Anda seusai olahraga. Ketika olahraga yang Anda lakukan sudah selesai, produksi karbondioksida dari dalam tubuh pun meningkat.

2. Nyamuk yang menggigit hanya nyamuk betina

Tahukah Anda, ternyata nyamuk yang biasa menggigit adalah nyamuk betina. Nyamuk jantan tidak membutuhkan darah manusia. Pasalnya, nyamuk jantan sudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dari nektar. Sedangkan nyamuk betina membutuhkan darah karena mengandung protein yang bisa mengembangkan telur-telurnya. Wow, menarik ya?

3. Nyamuk menyukai bir

Wah, menakjubkan ya, ternyata nyamuk suka dengan bir. Jadi bagi kamu yang gemar meminum bir harus hati-hati. Khawatirnya, kamu malah akan dapat serangan nyamuk setelah minum bir. Pasalnya, seseorang yang meminum bir akan terjadi perubahan senyawa kimia di dalam tubuhnya yang bisa menarik perhatian nyamuk.

4. Nyamuk menyukai bau kaki

Bau kaki memang sangat mengganggu. Tapi, tahukah kamu nyamuk malah menyukai baunya? Aroma kaki yang tidak sedap dipercaya menarik perhatian nyamuk.

5. Nyamuk suka dengan orang yang berdiri di pinggir

Jika kamu tidak ingin digigit nyamuk, jangan berdiri di pinggir ketika sedang berada di dalam kerumunan. Nyamuk akan lebih mudah mendekati orang-orang yang berdiri di pinggir daripada orang-orang yang berdiri di tengah. Jadi, kamu harus mulai mewaspadainya ya!

6. Nyamuk tidak menyukai taman yang terawat

Taman yang penuh dengan tanaman biasanya akan lebih disukai oleh nyamuk. Jika taman dirawat dengan baik, nyamuk dapat diminimalisir keberadaannya. Mulailah secara rutin membersihkan taman, pangkas tanaman yang tumbuh dengan liar dan tidak beraturan. Satu lagi, jangan lupa untuk bersihkan kolam secara berkala agar tidak menjadi sarang baik nyamuk.

7. Alat “pemancing” nyamuk bisa membuat nyamuk semakin banyak

Kamu yang sering menggunakan pemancing nyamuk, mulailah untuk mengurangi penggunaannya. Alat pemancing nyamuk disinyalir mengeluarkan gas karbondioksida dan memerangkap nyamuk. Sebaiknya Anda tidak menggunakan lagi alat pemancing nyamuk yang justru membuat jumlah nyamuk semakin banyak.

8. Wanita hamil disukai oleh nyamuk

Ternyata, wanita hamil mengeluarkan gas karbondioksida dalam jumlah banyak. Terutama bagian perut karena bayi ikut menyumbang emisi. Itulah mengapa wanita hamil sangat disukai oleh nyamuk. Apalagi bagian perutnya.