10 Ekspresi Dukungan Terhadap Anak

Gambar Anak Kecil Main Gitar

Setiap orang tua pasti mencintai dan mendukung anak-anaknya. Berikut ini saya rangkumkan 10 langkah-langkah teruji untuk mengekspresikan dukungan terhadap anak Anda, yaitu:

 

1. Frasa Kesayangan

Buatlah rangkaian kata-kata spesial yang hanya Anda bagi bersama anak Anda. Ulangi kata-kata itu secara teratur untuk membuat anak Anda merasa spesial. Misalnya: Peluk anak Anda sebelum tidur, katakan,”Kamu adalah hadiah terbaik yang pernah Mama terima dari Tuhan.”

 

2. Dorongan yang Positif

Saat anak Anda melakukan sesuatu yang baik dan patut dipuji, ceritakan kepada orang lain dengan sepengetahuannya. “Kamu hebat, sudah mau berbagi buku dengan anak-anak jalanan. Mama bangga sekali sama kamu.” Mama akan beritahu nenek, pasti nenek juga kagum sama kamu.

 

3. Nama Kesayangan

Pilihlah sebuah nama kesayangan untuk anak-anak Anda. Pilih yang mereka suka, pastikan hanya memakai nama itu di rumah. Misalnya : “Besok kita main monopoli ya Neng Dara, sampai ketemu lagi anak cantik, jangan lupa buat pe er ya anak pintar.

 

4. Alasan untuk Aturan

Sediakan waktu untuk menjelaskan alasan-alasan di balik aturan. Anda mungkin pernah berkata: “Jangan sentuh colokan listrik! Ketika anak bertanya mengapa? Cobalah untuk tidak membalasnya dengan mengatakan anak kecil nggak perlu tahu! Berikan penjelasan sederhana yang dapat dipahami anak. Jawablah: “Kalau kamu sentuh colokan listriknya, nanti kamu digigit setrum.

 

5. Ajarkan Empati

Beri kesempatan kepada anak-anak Anda untuk melihat perhatian yang Anda berikan kepada orang-orang lain yang kurang beruntung. Jika Anda menemukan pengamen cilik di jalanan, jelaskan mengapa dan bagaimana anak itu sampai harus mengamen di jalanan. Ajak mereka melihat aksi sosial yang Anda lakukan, berbagi nasi dengan orang-orang yang tidur di emperan toko, mengajar sukarela di sekolah alam @terminalhujan. Dalam empati kita “meminjam” perasaan orang lain untuk mengamati, merasa, dan memahami orang-orang tersebut- tapi tidak menjadikan orang tersebut bagian dari diri kita.

 

6. Satu Hal yang Berharga

Temukan paling tidak satu hal yang membangkitkan pengharapan untuk dikatakan kepada anak-anak Anda setiap hari. Pujilah mereka karena mau meletakkan sepatunya di rak sepatu, tersenyum kepada penjaga sekolah. Ini akan membantu mereka untuk fokus pada pekerjaan baik yang mereka lakukan.

 

7. Perkenalkan Anak-anak Anda dengan Benar

Perkenalkan anak-anak Anda kepada orang asing, sama seperti Anda memperkenalkan rekan kerja maupun teman. Ajarkan juga anak-anak Anda menghadapi acara perkenalan. Tunjukkan kepada mereka cara bersalaman, membuat kontak mata, menambahkan kata Kak, Bu, atau Pak sebagai bentuk penghormatan. Selanjutnya berikan komentar atas kesopanan mereka.

 

8. Aku Sayang Kamu

Jangan pernah lupa untuk memperbaharui ungkapan cinta kepada anak-anak Anda. Katakan bahwa Anda mencintai mereka. Aku sayang kamu, dan sebuah pelukan akan menjelaskan betapa berharganya mereka di mata Anda.

 

9. Dengarkan Lebih Dahulu

Kadangkala yang terbaik yang dapat dilakukan orang tua adalah tetap diam, ketika anak-anak perlu bicara, orang tua haruslah ingat untuk mendengarkan terlebih dahulu sebelum memberi nasihat. Anak-anak mungkin akan mengejutkan Anda dengan menemukan sendiri solusi bagi masalah yang mereka temukan.

 

10. Selamat Datang di Podium

Penelitian telah menunjukkan bahwa rasa takut berbicara di depan umum dapat menghinggapi siapa pun, termasuk anak-anak Anda. Jadi, kapan pun ada kesempatan untuk melakukannya, doronglah anak Anda untuk berbicara di hadapan kumpulan saudara-saudara atau teman-teman Anda.