Contoh Alat Musik Elektrofon

Gambar Alat Musik Elektrofon

Elektrofon adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya / suaranya dibangkitkan / dihasilkan oleh tenaga listrik (elektronik).

Contoh Jenis Macam Alat Musik Elektrofon (Electrophone):

 

1. ANS Synthesizer : Adalah alat musik fotoelektronik. Dasar teknologi dari penemuan ini adalah metode perekaman suara grafis yang digunakan dalam sinematografi yang memungkinkan untuk memperoleh gambar yang terlihat dari gelombang suara, serta untuk mewujudkan tujuan yang berlawanan—mensintesis suara dari spektogram suara yang dibuat secara artifisial).

2. Chamberlin adalah instrumen keyboard elektro-mekanis yang merupakan pendahulu Mellotron.

3. Mellotron adalah alat musik elektro-mekanis erevolusi dari Chamberlin. Instrumen dimainkan dengan menekan tuts-tutsnya, yang masing-masing mendorong pita magnetik panjang ke penggulung, yang menariknya melintasi kepala pemutaran. Kemudian saat kunci dilepaskan, pita ditarik oleh pegas ke posisi awalnya. Bagian yang berbeda dari kaset dapat dimainkan untuk mengakses suara yang berbeda.

4. Clavioline adalah instrumen keyboard elektronik.

5. Croix Sonore adalah alat musik elektronik awal dengan nada kontinu, mirip dengan theremin.

6. Drum Elektrik adalah alat musik elektronik modern, terutama dirancang untuk berfungsi sebagai alternatif untuk drum kit akustik. Drum elektronik terdiri dari modul suara elektronik yang menghasilkan suara perkusi yang disintesis atau sampel dan satu set ‘pad’, biasanya dibangun dalam bentuk menyerupai drum dan simbal, yang dilengkapi dengan sensor elektronik (atau pemicu) untuk mengirim sinyal elektronik ke modul suara yang mengeluarkan suara ke pemutar. Seperti drum biasa, pad dipukul dengan stik drum dan dimainkan dengan cara yang mirip dengan drum kit akustik.

7. Gitar Listrik

Bermain Gitar Listrik

Adalah Gitar yang membutuhkan amplifikasi eksternal agar dapat didengar pada volume kinerja yang khas. Ia menggunakan satu atau lebih pickup untuk mengubah getaran senarnya menjadi sinyal listrik, yang akhirnya direproduksi sebagai suara oleh pengeras suara. Suara kadang-kadang dibentuk atau diubah secara elektronik untuk mencapai timbre atau kualitas nada yang berbeda dari gitar akustik. Seringkali, ini dilakukan melalui penggunaan efek seperti reverb, distorsi dan “overdrive”.

 

 

8. Kibor / Keyboard elektronik / Keyboard portabel / Keyboard digital adalah alat musik elektronik, turunan elektronik atau digital dari instrumen keyboard. Secara garis besar, istilah keyboard elektronik atau hanya sekedar keyboard bisa merujuk pada semua jenis instrumen keyboard digital atau elektronik. Ini termasuk synthesizer, piano digital, piano panggung, organ elektronik, dan stasiun kerja audio digital. Namun, keyboard elektronik lebih khusus merupakan synthesizer dengan power amplifier low-watt built-in dan loudspeaker kecil.

9. Hammond organ (Organ Hammond) adalah organ listrik yang menghasilkan suara dengan menciptakan arus listrik dari memutar tonewheel logam di dekat pickup elektromagnetik, dan kemudian memperkuat sinyal dengan amplifier untuk menggerakkan kabinet speaker.

10. Moog modular synthesizer.

11. Novachord adalah alat musik elektronik yang sering dianggap sebagai synthesizer polifonik.

12. Ondes Martenot alat musik elektronik ini dimainkan dengan keyboard atau dengan menggerakkan cincin di sepanjang kabel, menciptakan suara yang mirip dengan theremin.

13. Ondioline.

14. Oramics.

15. Radiodrum adalah alat musik yang dimainkan dalam ruang tiga dimensi dengan menggunakan dua buah palu (snare drum stick dengan kabel).

16. Spharophon.

17. Stylophone adalah keyboard mini yang dioperasikan dengan stylus analog.

18. Synthesizer adalah alat musik elektronik yang menghasilkan sinyal audio. Synthesizer menghasilkan audio melalui metode termasuk sintesis subtraktif, sintesis aditif, dan sintesis modulasi frekuensi. Suara ini dapat dibentuk dan dimodulasi oleh komponen seperti filter, amplop, dan osilator frekuensi rendah. Synthesizer biasanya dimainkan dengan keyboard atau dikendalikan oleh sequencer, perangkat lunak, atau instrumen lain, seringkali melalui MIDI.

19. Telharmonium / Dynamophone adalah organ listrik awal. Sinyal listrik dari Telharmonium ditransmisikan melalui kabel yang terdengar di ujung penerima melalui pengeras suara.

20. Theremin / Electronde adalah alat musik elektronik yang dikendalikan tanpa kontak fisik.

21. Trautonium.

 

contoh alat musik elektrofon electrophone modern, dilut.com