Cara Mudah Menggunakan Google Meet di HP dan Laptop

Aplikasi Google Meet

Cara Menggunakan Google Meet

 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas sosial kita sedikit terhalangi dan cukup berkurang. Demi mengurangi penyebaran virus, kegiatan yang umumnya dilakukan secara langsung, terpaksa dilakukan secara online. Mulai dari sekolah, kuliah, bekerja, hingga event-event seperti seminar pun terpaksa diadakan melalui media online.

Umumnya, jika ingin mengadakan pertemuan secara online, kita biasa menggunakan Zoom. Namun, Zoom sendiri memiliki kelemahan. Untuk pengguna free akan dibatasi penggunaan selama 40 menit saja. Untuk mengatasi itu, kita memerlukan aplikasi lain, misalnya Google Meet.

Sesuai dengan namanya, Google Meet sendiri dikembangkan oleh Google, sehingga tak sulit untuk ditemui di perangkat Android.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Google Hangouts, sehingga saat kita lihat, keduanya tidak begitu berbeda jauh. Aplikasi ini juga cukup ringan saat dijalankan. Selain itu, di PC kita cukup mengaksesnya melalui web, sehingga tidak perlu repot untuk men-download aplikasi terlebih dahulu.

Bagi yang belum pernah menggunakan Google Meet atau masih bingung menggunakannya, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut.

 

Menggunakan Laptop atau PC

Untuk menggunakan Google Meet di laptop, kamu tidak perlu repot melakukan instalasi aplikasi apapun. Kamu hanya perlu menggunakan browser dan mengunjungi situsnya, maka google meet sudah bisa digunakan. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Bukalah browser yang ada pada laptop kamu. Kamu bisa menggunakan browser apapun. Disini saya menggunakan Google Chrome.
  2. Kemudian, masuklah ke https://meet.google.com/.
  3. Membuat Meeting Baru.

 

Untuk membuat meeting baru, cukup tekan tombol New Meeting (berwarna biru).

Setelah itu akan muncul pilihan seperti berikut:

  • Create a meeting for later: Membuat meeting dengan waktu terjadwal.
  • Start an instant meeting: Membuat dan memulai meeting secara langsung.
  • Schedule in Google Calendar: Membuat meeting terjadwal dan menambahkannya pada Google Calendar.
  • Namun, disini saya akan mencoba Instant Meeting. Pilih Start an Instant Meeting. Maka, meeting akan langsung dimulai.
  • Jika ingin mengundang peserta lainnya, klik Add others dan ketikkan email orang yang ingin diajak bergabung.
  • Cara lainnya, kamu cukup menyebarkan link yang dicantumkan.
  • Link ini juga akan tetap bisa dipakai setelah kita mengakhiri meeting dan ingin tetap melakukan pertemuan menggunakan link yang sama.
  1. Bergabung ke meeting.

 

Untuk masuk ke pertemuan, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu

  1. Cukup dengan masuk ke link yang sudah disebarkan saat membuat room meeting. Link bisa digunakan pada PC maupun HP.
  2. Cara lainnya kamu bisa memasukkan kode meeting pada kolom yang berada di samping tombol New Meeting pada meet.google.com.
  1. Fitur-fitur pada Google Meet

Ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan saat menggunakan Google Meet. Sebenarnya fitur-fitur ini cukup dasar dan umumnya juga hampir sama pada aplikasi Video Conference lainnya. Namun, disini akan saya jelaskan lagi agar yang awam juga bisa memahaminya.

  1. Me-non/aktifkan mikrofon.
  2. Me-non/aktifkan kamera.
  3. Menampilkan Subtitle/Caption.
  4. Membagikan layar kerja (Share Screen).
  5. Berisi fungsi-fungsi lainnya, seperti Report, Setting atau Whiteboard.
  6. Mengakhiri meeting (Host) atau keluar dari meeting.

 

Menggunakan HP

Untuk Menggunakan Google Meet pada Smartphone kita perlu menginstal aplikasinya. Disini saya akan memberikan cara menggunakan Google Meet pada perangkat Android.

Cara Instalasi:

  1. Bukalah aplikasi Google Play Store pada perangkatmu.
  2. Pada kolom pencarian, ketikkan Google Meet. Maka, akan muncul pada pilihan teratas. Pilih yang paling atas.
  3. Setelah itu, lakukan instalasi seperti biasa.
  4. Jika telah selesai, bukalah aplikasinya.

Membuat Meeting

  1. Sama seperti menggunakan PC. Pada aplikasi Google Meet, ada 2 pilihan tombol, yaitu New Meeting atau Join with a code.
  2. Untuk membuat meeting, klik tombol New Meeting. Kemudian akan muncul 3 pilihan seperti pada saat menggunakan PC.
  3. Pilih Start an instant meeting untuk membuat dan meeting masuk ke meeting langsung.

Bergabung ke Meeting

  1. Sama seperti sebelumnya, untuk masuk ke room meeting kita cukup membagikan link yang sudah di-generate kepada peserta lainnya.
  2. Cara lain bisa dengan cara memasukkan kode meeting pada saat membuka aplikasi. Kode yang digunakan adalah kode yang tercantum pada link.

Fitur pada Aplikasi Google Meet

Dari segi fitur hampir sama dengan saat mengakses pada PC. Yang membedakan adalah tampilan yang lebih sederhana dan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan.

Itulah cara untuk menggunakan Google Meet baik pada Laptop maupun HP. Bagi yang suka menggunakan aplikasi gratisan, menurut saya Google Meet adalah yang paling cocok di antara yang lainnya. Meskipun memiliki versi premium, tetapi versi gratisnya pun sudah sangat powerful untuk digunakan.

Fitur-fitur Google Meet premium antara lain, seperti durasi yang tanpa batas, jumlah peserta yang lebih besar, fitur raise hand, polling dan tanya jawab, serta breakout rooms. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur tersebut dengan harga 8 dolar per bulan atau sekitar 100 ribu rupiah. Informasi lainnya bisa dilihat pada link berikut.

https://apps.google.com/intl/id/meet/pricing/

Baik menggunakan versi berbayar atau gratis, semuanya kembali tergantung pada kebutuhan pengguna. Sekian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu. Terima kasih.