7 Cara Mudah dan Alami Menjaga Kesehatan Tubuh

Olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh

Kesehatan merupakan rezeki yang sangat berharga di dalam hidup. Untuk itu, kita perlu memperhatikan kondisi kesehatan kita. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat tidak semahal biaya yang diperlukan untuk membayar biaya obat dan perawatan saat sakit. Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang wajib agar tidak terkena penyakit.

Ada kalanya kita cukup sulit memahami pola hidup sehat agar tubuh fit. Kita perlu konsisten untuk menjalankannya. Meski tampak berat, tetapi jika dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat dan kita akan terbiasa. Berikut adalah cara menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Pola makan 4 sehat 5 sempurna sudah diajarkan sejak kecil tetapi penerapannya cukup sulit. Setidaknya, kita perlu memastikan tubuh kita mengkonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang.

Untuk protein kita dapat makan telur, ikan, daging, tempe, tahu, atau sumber protein lainnya. Konsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin dan mineral juga sangat penting. Untuk karbohidrat, kita bisa menyesuaikan jumlahnya sesuai kebutuhan tergantung seberapa besar energi yang kita butuhkan.

2. Cukup Minum Air Putih

Kurangi minum-minuman manis dan kafein dan mulai perbanyak air putih.

8 gelas sehari adalah takaran yang paling sering di sarankan, Namun, kebutuhan air perlu kita sesuaikan dengan intensitas kegiatan dan berat badan. Jika kita banyak beraktivitas artinya kita perlu banyak konsumsi air putih. Dengan tercukupinya air, organ tubuh kita dapat bekerja maksimal dan tidak dehidrasi.

3. Olahraga Rutin

Selain konsumsi yang cukup, kita perlu rutin olahraga agar tubuh tetap fit. Apalagi jika kita sering duduk di depan laptop untuk bekerja, penyakit kronis dapat datang jika kita tidak berolahraga.

Olahraga dapat mencegah penyakit serta mengurangi stress. Luangkan waktu setiap hari selama 20-30 menit untuk olahraga kecil-kecilan, seperti jalan kaki. Jika ingin olahraga yang agak berat, kita bisa meluangkan waktu 3 kali seminggu dengan berolahraga 45-60 menit.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang teratur dan cukup besar manfaatnya untuk tubuh. Tidur menjadi kunci kekebalan tubuh yang baik, mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan kita dapat mengendalikan nafsu makan dengan baik. Orang dewasa perlu tidur maksimal 8 jam sehari dan minimal 6 jam sehari. Jika kurang dari 6 jam, tubuh akan mengalami berbagai masalah.

5. Menjaga Kebersihan

Menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan sangatlah penting. Baik kesehatan pribadi maupun kesehatan lingkungan sekitar. Dengan begitu, daya tahan tubuh kita semakin baik. Ada banyak cara untuk menjaga kebersihan seperti mandi, mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas, dan membersihkan tempat tinggal.

6. Kelola Stres dengan Baik

Stres yang berterusan dapat merusak tubuh. Kita perlu mengelola stres dengan baik dengan berbagai cara di atas dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Namun, jika stres tidak dapat hilang meski sudah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, tidak ada salahnya meminta bantuan ahli untuk berkonsultasi.

7. Bersosialisasi

Jarang bersosialisasi meningkatkan stres karena perasaan kesepian, dan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. American Psychological Association menjelaskan terbatasnya sosialisasi saat karantina ini memperlambat respon imun tubuh dan menyembuhkan dengan cepat. Tidak ada salahnya untuk bersosialisasi secara terbatas dan berkabar dengan kawan via media sosial.

Itulah cara menjaga kesehatan tubuh. Dengan menjalankan pola hidup sehat, kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Jangan lupa untuk menyisihkan waktu olahraga dan melakukan hobi yang menyenangkan untuk kesehatan mental dan tubuh.