Categories
Uncategorized

Cara Mendapatkan Uang dari Bisnis Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu sistem bisnis dengan membayar jasa seseorang apabila seseorang tersebut berhasil menjual produk maupun jasa dari pihak yang memiliki produk melalui jejaring internet atau yang disebut pemasaran secara online. Affiliate marketing merupakan salah satu model bisnis internet marketing.

Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bergabung dengan program afiliasi kemudian pilih produk yang ingin Anda jual. Pemilik produk akan memberi Anda kode afiliasi yang dapat Anda gunakan untuk merujuk lalu lintas ke situs utama.

Juga, Anda akan ditawari spanduk, tautan teks, dan beberapa bentuk salinan kreatif di mana Anda cukup menyalin dan menempelkan kode di situs Anda sendiri untuk merujuk lalu lintas.

Setiap pelanggan yang tertarik yang mengklik tautan dari situs web Anda akan diarahkan ke situs utama tempat produk dijual dan jika mereka membayar produk atau berlangganan program/layanan dan menunjukkan Anda sebagai rujukan, Anda mendapatkan persentase tertentu sebagai Komisi.

Kinerja Anda dapat dilacak oleh penjual melalui ID afiliasi Anda dan perangkat lunak afiliasi lain yang digunakan. Anda juga memiliki akses real-time ke semua komisi dan statistik penjualan.

Apabila ada seseorang yang melakukan pembelian lewat link yang anda bagikan, maka anda akan mendapatkan komisi. Besaran komisi tersebut bergantung pada produk maupun jasa yang ditawarkan. Dan mudahnya, anda tidak perlu membuat website sendiri ataupun menyediakan produknya secara langsung.

 

Mengapa Anda Harus Menjadi Affiliate Marketer?

Bisnis ini dikenal sebagai teknik pemasaran yang paling cepat berkembang dan terbaik di internet. Terdaftar di bawah ini adalah beberapa alasan untuk mempertimbangkan ini untuk menghasilkan dari pemasaran afiliasi:

  • Bebas Biaya: Pemasaran afiliasi melibatkan investasi nol. Memasarkan produk apapun secara online relatif murah, sehingga fungsi bisnisnya hemat biaya karena dibuat oleh orang lain. Juga, Anda tidak perlu mempekerjakan siapa pun atau memiliki kantor.
  • Tidak ada dukungan pelanggan: Ini jelas tidak perlu karena Anda bukan orang yang membuat produk.
  • Tidak ada pengiriman atau penyimpanan: Ini tentu tidak membuat Anda pusing karena akan ditangani oleh penjual jika diperlukan.
  • Penghasilan pasif: Jika Anda memiliki pekerjaan normal di siang hari, Anda dapat terus mendapatkan penghasilan tetap. Di sisi lain, Anda memperoleh penghasilan dari pemasaran afiliasi dengan mantap dan bahkan saat Anda tidak online.
  • Bekerja dengan nyaman dari rumah Anda: Jika Anda mendapatkan penghasilan dari pemasaran afiliasi secara teratur, Anda tidak perlu pergi bekerja setiap hari. Anda memiliki kesempatan untuk bekerja di rumah.
  • Pasar global: Anda dapat menjangkau banyak orang di seluruh dunia dan memperoleh penghasilan dari pemasaran afiliasi.

 

Contoh Affiliate Marketing

Saat ini banyak sekali e-commerce yang memberikan penawaran program affiliate marketing. Beberapa  contoh program afiliasi yang ada di Indonesia diantaranya yaitu :

  • Marketplace

Beragam marketplace di Indonesia menawarkan program afiliasi seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dan Zalora. Hal ini dikarenakan perkembangan marketplace di Indonesia yang sangat pesat. Sehingga banyak orang yang melakukan pembelian melalui transaksi online di marketplace.

Komisi yang didapatkan juga beragam, mulai dari 4 hingga 10%. Penghasilan pasif ini sangat cukup menjadi tambahan uang saku anda. Untuk menjadi afiliator, anda tinggal mendaftar melalui affiliate network maupun melalui situs marketplace langsung.

  • Hosting

Mau komisi yang lebih besar? Anda dapat mencoba bergabung menjadi affiliate marketing untuk hosting seperti Niagahoster, Hostinger, dan Exabytes. Dengan merekomendasikan hosting yang anda gunakan kepada para pembaca, anda bisa mendapatkan komisi cukup besar hingga 70%. Untuk anda para blogger, program afiliasi ini sangat cocok untuk anda.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Lewat Affiliate Marketing?

Ada beberapa tips yang dapat menjawab pertanyaan anda tentang cara mendapatkan uang lewat affiliate marketing. Selama kemauan itu ada, menekuni dunia afiliasi tidaklah sulit.

1. Menentukan jenis program afiliasi

Dalam menentukan jenis program affiliate marketing, anda dapat mencari tahu tentang komisi, dukungan, reputasi perusahaan, jenis konten, hingga kondisi pasar pada perusahaan yang menyediakan program affiliate marketing. Jangan lupa pertimbangkan pula sistem afiliasi yang diterapkan oleh perusahaan tersebut.

2. Daftar untuk menjadi affiliate marketer

Setelah menentukan perusahaan, anda dapat melakukan pendaftaran sesuai prosedur yang ada dan tunggu pengecekan sampai anda dinyatakan terdaftar menjadi affiliate marketer di perusahaan tersebut.

3. Tentukan media promosi

Anda dapat menggunakan sosial media yang relevan dan mendukung program afiliasi pada perusahaan tersebut. Umumnya, para affiliate marketer menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Semakin aktif anda melakukan promosi, kemungkinan meraih komisi semakin besar.

4. Buat konten menarik

Untuk mendukung promosi yang anda lakukan, buatlah konten menarik tentang produk maupun jasa yang anda tawarkan. Agar konsumen dapat tertarik melakukan pembelian dari kreativitas konten yang anda hasilkan. Konten yang dibuat dapat berupa review, ulasan, maupun promosi secara umum.

5. Anda harus mengikuti teknik dan metode baru

Ini diperlukan karena sifat kompetitif dari pemasaran afiliasi dan untuk dapat menghasilkan uang secara online. Setiap hari, teknik dan metode baru dikembangkan; Anda tidak ingin ketinggalan saat tren baru mengambil alih.

6. Cari dan pilih merchant yang tepat

Saat mempromosikan suatu produk, Anda juga mempromosikan orang atau organisasi yang memiliki produk tersebut. Ini harus menjadi hal pertama yang perlu diketahui sebelum memilih produk yang Anda promosikan.

Anda tentu tidak ingin klien Anda kecewa setelah membeli produk tersebut. Biasanya, setiap perusahaan atau situs web dengan layanan pelanggan yang baik pasti memiliki pelanggan yang senang.

7. Cari tahu berapa banyak produk yang diinginkan

Untuk menghasilkan uang dari pemasaran afiliasi, Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut memiliki permintaan yang tinggi. Tidak peduli berapa banyak usaha yang Anda lakukan, Anda mungkin membuat sedikit atau tidak ada penjualan, itu sepenuhnya tergantung pada permintaan produk.

Anda perlu tahu apakah itu yang benar-benar dibutuhkan audiens Anda. Jika Anda berhasil mendapatkan jumlah lalu lintas yang wajar di situs Anda, maka Anda dapat menjalankan survey online kecil-kecilan untuk mendapatkan masukan dari pengunjung.

Berikut ulasan mengenai cara mendapatkan uang lewat affiliate marketing yang dapat anda coba. Program affiliate marketing ini masih cukup potensial perkembangannya untuk ditekuni dalam dunia bisnis. Jika anda tertarik mencoba bisnis affiliate marketing, tunggu apalagi? Segera daftar di perusahaan yang anda pilih untuk mendapatkan uang tambahan.