Cara Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok sering kali menjadi masalah pada banyak wanita. Terutama bagi wanita yang memiliki rambut panjang. Kerontokan pun tidak bisa dihindari. Masalah tersebut membuat sebagian dari banyak wanita menjadi malas menyisir rambut. Apalagi ketika selesai keramas, rambut yang rontok jumlahnya berkali-kali lipat.

Menurut American Hair Loss Association, 40% dari wanita dapat mengalami kerontokan pada rambutnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya disebabkan karena pola makan hingga kebiasaan buruk dalam merawat rambut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah rambut rontok:

 

Pijat kulit kepala

Memijat kepala bisa menjadi solusi ketika rambut mengalami kerontokan. Pasalnya, pijatan yang dilakukan di kulit kepala dapat menstimulasi folikel rambut yang tumbuh dan melancarkan aliran darah. Sisirlah rambut secara perlahan. Caranya dengan menyisir dari akar hingga ke ujung rambut. Kemudian, sisirlah rambut dari bagian satu ke bagian lainnya.

Hati-hati dengan rambut basah

Rambut yang basah biasanya lebih mudah patah. Hal tersebut disebabkan karena kutikula pelindungnya tidak terangkat secara sempurna. Apabila Anda ingin menyisir atau menguncir, sebaiknya tunggu hingga rambut benar-benar dalam kondisi kering.

Ketika rambut Anda basah, jangan bungkus rambut dengan handuk karena dapat membuat rambut mudah patah. Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan menepuk-nepuk rambut basah dengan handuk. Selain itu, Anda juga harus membatasi paparan sinar matahari yang mengenai rambut. Rambut yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa membuat rambut rusak dan kusam. Hal itu disebabkan protein keratin pada rambut bisa rusak setelah terkena sinar UV.

Konsumsi lebih banyak protein

Tahukah Anda, bahwa rambut Anda terbuat dari protein? Sel-sel yang menyusun setiap helai rambut merupakan jenis sel yang memiliki proses berkembang paling cepat kedua di tubuh kita. Kekurangan gizi bisa mengakibatkan rambut lebih mudah rontok. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan asupan protein yang Anda konsumsi setiap hari. Sumber protein alami bisa didapatkan dari daging ayam, ikan, telur, maupun yogurt rendah lemak.

Usahakan untuk tidak menggunakan produk perawatan rambut secara berlebih. Produk-produk perawatan rambut tidak baik untuk kesehatan rambut. Apabila sering digunakan akan membuat rambut menjadi kering dan mudah patah.

Gunakan air dingin

Untuk mencegah kerontokan berlebih pada rambut, sebaiknya gunakan air dingin pada saat keramas. Pasalnya, air panas bisa menghilangkan minyak alami pada rambut. Akibatnya, pori-pori kulit kepala bekerja lebih keras untuk memproduksi minyak agar tetap stabil. Rambut pun akan menjadi rusak dan mudah rontok.

Agar kesehatan rambut Anda tetap terjaga, perhatikanlah gaya hidup Anda setiap harinya. Faktor gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Apabila rambut Anda mengalami kerontokan secara terus-menerus, segera datang ke dokter yang mengerti kesehatan rambut. Tujuannya agar dapat ditangani dengan tepat.