6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Salah satu pengganggu tidur yang paling umum di malam hari adalah nyamuk. Sudah enak mau tidur, eh malah dikerubungi nyamuk. Kamu pasti akan risih jika hal ini terjadi hampir setiap malam. Suara nyamuk yang mengganggu, belum lagi gigitannya yang bisa membuat gatal-gatal.

Gigitan nyamuk memang bisa menjadi hal yang mengerikan. Kulit yang gatal-gatal bisa berubah menjadi kemerahan. Ditambah lagi resiko terkena penyakit berbahaya seperti malaria ataupun demam berdarah.

Sebelum terlambat, ada baiknya mewaspadai hal tersebut sedini mungkin. Ada beberapa cara yang bisa membantu mencegah diri kita dari gigitan nyamuk. Yuk, simak dulu 5 cara sederhana ini agar terbebas dari resiko gigitan nyamuk! Berikut informasi selengkapnya.

1. Tetap di Dalam Ruangan Saat Senja dan Fajar

Ketika senja atau fajar menjelang, sebaiknya tetaplah berada di dalam rumah. Pasalnya, pada waktu tersebut nyamuk sedang gencar-gencarnya mencari mangsa. Kamu pasti tidak mau dong jadi bagian mangsa nyamuk dan dihisap darahnya?

2. Perhatikan Genangan Air

Air yang tenang merupakan bagian dari rumah nyamuk yang bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan. Pasalnya, nyamuk senang tinggal di dalam air yang diam atau tergenang. Jika Anda memiliki kolam, penampungan air, atau beberapa sudut rumah yang sering digenangi air, sering-seringlah membersihkannya.

3. Gunakan Baju Berwarna Terang

Baju berwarna gelap sering kali membuat nyamuk merasa tertarik. Oleh karena itu, gunakanlah baju berwarna terang dan ringan, misanya warna putih. Tujuannya agar nyamuk tidak mudah menempel pada tubuh Anda.

4. Perhatikan Parfum yang Anda Gunakan

Ternyata nyamuk menyukai aroma nektar bunga, lho! Sebaiknya mulailah hindari parfum yang memiliki aroma bunga menyengat. Ketika musim panas tiba, coba perhatikan parfum yang Anda gunakan. Cobalah untuk jeli dengan memperhatikan aroma parfum yang digunakan. Jangan-jangan nyamuk datang menyerbu Anda karena aroma parfum yang menggoda mereka. Hmmm, tidak mau dong nyamuk datang menggigit tubuh kamu?

5. Gunakan Obat Nyamuk Eletrik

Kamu yang tidak terbiasa menggunakan obat nyamuk bakar atau semprot, sebaiknya coba gunakan obat nyamuk elektrik. Ternyata selain membantu mengusir nyamuk, obat nyamuk elektrik aman saat digunakan pada malam hari ketika kamu tidur terlelap. Nyamuk pergi, kamu pun bisa tidur sampai pagi.

6. Gunakan Kawat Nyamuk

Memasang pintu dan jendela dengan kawat nyamuk dapat mencegah nyamuk masuk kedalam rumah atau kamar. Disamping ukuran kawat nyamuk yang kecil dan transparan yang dapat mencegah nyamuk keluar masuk ruangan, kawat nyamuk juga akan memberikan kesegaran bagi rumah karena Anda tak perlu menutup pintu atau jendela rumah karena sudah terpasang kawat nyamuk.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan kalau faktor tertentu bisa membuat seseorang lebih rentan terkena gigitan nyamuk. Mereka diantaranya adalah wanita yang sedang hamil, demam atau suhu badan meningkat dan seseorang yang memiliki golongan darah O. Selain memperhatikan 5 tips di atas, cobalah untuk memperhatikan juga kondisi tubuh Anda. Bisa saja beberapa faktor di atas bisa menjadi penyebab Anda mudah terkena gigitan nyamuk.