Categories
Usaha

5 Tips Bisnis Thrift Shop Baju untuk Pemula

Semakin banyak anak muda yang menggemari thrifting belakangan ini. Hal ini tentu memicu banyaknya thrift shop yang bermunculan, baik dalam berbentuk toko offline maupun melalui e-commerce.

Bisnis Thrift shop adalah usaha toko yang menjual barang2 bekas seperti Pakaian (Baju, celana, rok, jubah, kaos, pakaian dalam dll), sepatu, buku, perlengkapan rumah tangga dll. Jika Anda berminat untuk membuka thrift shop pakaian, mari simak tips bisnis thrift shop di bawah ini.

Tips Merintis Bisnis Thrift Shop Pakaian

Untuk memulai bisnis thrift shop pastinya membutuhkan beberapa persiapan agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

 

1. Modal Usaha Thrift

Modal adalah hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum memulai sebuah bisnis. Akan tetapi, karena bisnis thrift maksudnya adalah menjual pakaian bekas, Anda tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa memulai dengan modal kurang dari satu juta rupiah untuk merintis bisnis ini.

Sudah banyak pengusaha thrift yang menceritakan modal awal mereka membangun bisnis. Bahkan, biaya tersebut tidak hanya membeli baju bekas, tetapi bisa Anda gunakan sebagai biaya pengemasan atau laundry baju.

 

2. Riset dan Target Pasar Thrift Shop

Menentukan tujuan atau ciri khas dari toko juga menjadi hal awal yang cukup penting. Pasalnya, ada banyak sekali jenis thrift yang bisa diperjual belikan. Maka dari itu, untuk bisa membuat karakteristik toko, Anda harus melakukan riset terhadap produk terlebih dahulu. 

Contohnya adalah menjual baju bekas dengan merk branded atau baju bekas ekspor – impor. Anda juga bisa menjual barang-barang bekas Anda sendiri. Yang terpenting adalah terdapat ciri khas dari barang-barang yang Anda jual.

Selain berdasarkan produk, Anda juga bisa menentukan penjualan barang melalui riset pasar. Caranya adalah dengan melihat trend masa kini.

Berikut beberapa ide Thrift shop baju:

  • Baju bekas import.
  • Celana bekas import.
  • Celana bekas branded.
  • Baju bekas import korea.
  • Limited edition pakaian bekas import.
  • Baju bekas branded.
  • Kaos bekas original.
  • Pakaian bekas bermerek.
  • Pakaian bekas wanita.
  • Pakaian bekas pria dll.

 

3. Supplier Thrift Pakaian

Mencari barang bekas tentu cukup mudah. Anda hanya harus menemukan supplier terpercaya agar dapat memenuhi kebutuhan stok barang Anda. Bukan hanya terpercaya, dalam memilih supplier juga membutuhkan beberapa pertimbangan.

Contohnya adalah sistem paket. Harga paket ini akan memberikan harga yang lebih murah sehingga Anda tidak perlu menentukan harga jual yang terlalu tinggi. Kemudian, pastikan bahwa barang yang mereka jual masih layak untuk diperjual belikan kembali.

 

4. Harga Jual Thrift Shop

Agar bisnis dapat berjalan dengan lancar, Anda harus menghitung harga jual dengan baik. Pastikan bahwa harga yang Anda tentukan tidak terlalu murah atau mahal. Harga yang terlalu murah tidak akan membawa keuntungan, sedangkan harga terlalu mahal dapat menurunkan minat pembeli.

Anda bisa melihat kondisi, merek barang, harga pasaran, biaya operasional, dan lainnya.

 

5. Membuat Strategi Marketing Thrift Shop

Apalah arti berbisnis jika tanpa strategi. Anda bisa mendapatkan keuntungan apabila memiliki strategi yang tepat.

Menentukan strategi bisa berdasarkan target pasar dan media yang akan gunakan. Seperti memanfaatkan platform media sosial atau e-commerce. Promosi bisnis thrift shop akan menjangkau banyak pengguna.

Selain itu, melakukan promosi di media sosial terbilang mudah. Anda juga bisa berkomunikasi dengan pelanggan melalui chat tanpa harus membuat pelanggan mengunjungi toko Anda secara langsung.

Contoh media sosial yang bisa Anda gunakan adalah Instagram, Facebook, Tiktok, dan WhatsApp. Dan e-commerce yang dapat Anda pakai adalah Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Jangan lupa untuk memanfaatkan setiap fitur yang tersedia, seperti Live.

Banyaknya peminat tentu membuat peluang bisnis thrift shop pakaian ini sangat menguntungkan bagi Anda. Untuk meraih tujuan tersebut, terapkan 5 tips bisnis thrift shop dalam merintis usaha thrift. Semoga menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *