6 Tips Membuat Webtoon Anda Populer

Tips webtoon populer

Cara Membuat Webtoon Populer

 

Popularitas webtoon turut membuat para pencipta/penulisnya menjadi orang terkenal dengan penghasilan yang fantastis lho. Penghasilan tersebut bisa diperoleh dari konten webtoon yang ia publish, merchandise yang dijual hingga ke berbagai iklan atau endorse yang dilakukannya.

Baca: Cara Mendapatkan Penghasilan dari Webtoon

Jadi, jangan heran apabila banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang komikus. Terutama, bagi orang yang memang memiliki hobi membuat cerita dan menggambar. Peluang menjadi komikus juga terbuka lebar lantaran banyak orang yang menggilai komik online. Terlebih, banyak sekali platform yang bisa Anda pilih untuk mempublish webtoon karya Anda. Salah satunya adalah Line Webtoon.

Namun, karena Webtoon juga popular belakangan ini. Anda memiliki banyak sekali pesaing. Nah, agar sukses menjadi seorang komikus ternama tentu saja Anda harus membuat sebuah webtoon yang populer. Untuk membuat webtoon populer, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Ini dia beberapa Tips Membuat Webtoon Populer yang bisa Anda jadikan referensi :

1. Tentukan genre webtoon

Ada banyak sekali genre yang bisa Anda pilih, seperti : Romance, Action, Sci-Fi, Comedy, Horror, Thriller, Fantasy, Slice Of Life, Drama dan lain sebagainya.

Setiap genre memiliki peminatnya masing-masing. Ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan ketika sedang memilih genre sebuah webtoon. Di antaranya adalah :

a. Tentukan target pembaca

Seperti yang kita bahas sebelumnya, bahwa setiap genre memiliki peminatnya tersendiri. Jadi, jika Anda ingin membuat webtoon yang memiliki banyak peminat maka pilihlah genre yang paling diminati. Salah satu contoh genre yang diminati adalah Comedy, Aksi dan Romance.

Contoh webtoon populer dengan genre Comedy antara lain Next Door Country dan Tahi Lalat. Sementara, webtoon aksi populer adalah Lookism karya PTJ dan webtoon The Secret of Angel (Romance).

b. Pilihlah genre yang Anda kuasai

Anda pastinya memiliki kecenderungan terhadap satu atau beberapa jenis genre webtoon. Sebaiknya, Anda memilih genre yang Anda kuasai sehingga Anda bisa mengembangkannya dengan lebih baik lagi. Contohnya, jika Anda memiliki imajinasi yang luas tentang hal-hal yang berbau imajinatif maka Anda bisa memilih genre Fantasy.

2. Tentukan Ide Cerita

Menentukan ide cerita yang akan Anda gunakan. Jadi setelah Anda selesai menentukan genre, selanjutnya Anda bisa menentukan ide cerita apa yang akan menjadi cerita utama webtoon.

Contohnya, Anda memilih genre Aksi. Tentukan ide cerita dan buatlah rancangan scenario cerita sederhana yang akan Anda kembangkan menjadi sebuah cerita webtoon. Seperti, pembalasan anak sekolah yang selama ini di-bully dan akhirnya ia menjadi salah satu murid terkuat di sekolahan atau perjuangan melawan gangster yang jahat dan lain sebagainya. Webtoon dengan jalan cerita seperti di atas cukup populer dan banyak digunakan. Contohnya saja, How to Fight karya PTJ dan Castle.

Terkadang, para pembaca akan merasa bosan dengan jalan cerita yang monoton. Jadi, pastikan Anda memiliki variasi cerita yang lebih baru dan segar untuk menarik minat para pembaca. Lalu, bagaimana cara mendapatkan ide cerita ini? Anda bisa mengamati lingkungan sekitar karena imajinasi kadang bisa timbul dari kehidupan sehari-hari yang selama ini kita lalui.

3. Buatlah Kerangka/Outline cerita

Setelah menentukan genre dan menemukan ide cerita. Selanjutnya, Anda bisa membuat kerangka cerita. Kembangkan ide tersebut menjadi sebuah cerita yang utuh. Setidaknya, Anda bisa membuatnya menjadi 3 bagian : Bagian Awal, Klimaks dan Bagian Ending.

Jika Anda berencana untuk membuat webtoon dengan waktu publish yang cukup lama, maka Anda bisa melakukan hal ini secara bertahap. Bahkan, Anda bisa menentukan endingnya di akhir-akhir sesi saja alias pada saat webtoon yang Anda buat akan tamat. Anda juga bisa menyesuaikan endingnya dengan isi cerita yang berjalan dan antusiasme pembaca.

Contoh webtoon yang sudah cukup lama di publish dan berstatus On Going sampai sekarang adalah Tower of God yang dikarang oleh SIU. Webtoon yang saat ini memiliki ratusan jumlah episode tersebut mulai terbit pada tahun 2010-sekarang lho. Meskipun telah berjalan selama lebih dari 10 tahun namun popularitasnya tak redup lantaran jalan ceritanya yang justru semakin seru dan menarik.

4. Asah Kemampuan Menggambar Anda

Mengasah kemampuan menggambar yang Anda miliki. Berbeda dengan Novel yang hanya menggunakan kata-kata untuk membangun imajinasi pembaca.

Selain ceritanya, daya tarik Webtoon juga terletak pada visualnya alias gambarnya. Salah satu webtoon dengan gambar/ilustrasi yang menarik dan keren adalah Solo Leveling. Untuk membuat hasil gambar yang sedemikian bagus dan detail, tentu saja Anda harus terus melatih kemampuan menggambar Anda dan bekerja bersama tim yang profesional.

Selain menciptakan gambar yang keren dan menarik. Anda juga bisa membuat gambar yang unik dan beda dari yang lainnya. Contohnya saja, webtoon Tahilalat. Meskipun dengan gambar yang sederhana, webtoon tersebut mampu meraih puluhan juga pembaca. Daya tarik webtoon Tahilalat tersebut terletak pada jalan ceritanya yang tak monoton, mindblowing dan susah untuk ditebak.

5. Pilih Platform yang Sesuai

Setelah Anda berhasil membuat sebuah webtoon. Selanjutnya Anda harus mencari platform yang Anda gunakan untuk mempublish cerita webtoon yang Anda buat. Ada banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan seperti Line Webtoon, Kakao, Ciayo Comics, Web Comics dan lain sebagianya.

Platform yang Anda gunakan akan sangat memengaruhi kepopuleran webtoon Anda nantinya. Jadi, pemilihan platform adalah hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Di antara beberapa platform di atas, Penulis sendiri paling merekomendasikan Line Webtoon. Berdasarkan data dari Wikipedia,  pada 1 Juli 2019 platform Line WEBTOON telah berkembang hingga lebih dari 100 miliar tampilan setiap tahunnya. Anda juga bisa mengikuti kompetisi webtoon rutin yang diadakan di sana.

6. Promosi

Setelah Anda berhasil mempublish webtoon Anda di salah satu platform. Langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Anda bisa melakukan promosi ini bersama dengan platform (tim) atau juga bisa melakukan promosi secara pribadi melalui akun sosial media yang Anda miliki.

Promosi ini sangat penting untuk debut pertama webtoon yang baru saja Anda rilis. Dengan promosi, Anda bisa menjangkau lebih banyak pembaca untuk datang dan melihat karya Anda.

Agar kegiaan promosi yang Anda lakukan sukses. Anda perlu menerapkan beberapa teknik marketing yang baik.

Itulah 6 Tips Membuat Webtoon populer yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan gambar dan cerita yang menarik serta promosi yang efektif maka peluang karya Anda menjadi salah satu webtoon terpopuler dan terbaik akan semakin terbuka lebar.

Semoga bermanfaat ya . . .

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *