Categories
Usaha

Pengusaha? Ketahui Cara Membuat Surat Izin Usaha untuk Legalitas

Penting bagi Anda yang sedang menjalankan usaha untuk mengetahui cara membuat surat izin usaha. Badan hukum mengeluarkan surat ini guna menunjukkan bahwa usaha tersebut legal dan sesuai hukum.

Pengertian Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan atau biasa disingkat SIUP merupakan surat yang menyatakan bahwa usaha yang memiliki surat tersebut sudah legal untuk beroperasi. 

Langkah untuk Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Untuk membuat SIUP, terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu secara daring (online) atau luring (offline).

Lalu, tidak perlu khawatir apabila Anda sebagai pemilik berhalangan untuk mengurus SIUP. Pembuatan surat ini dapat menggunakan perwakilan dengan syarat memiliki surat kuasa yang sudah Anda tanda tangani sebagai pimpinan perusahaan di atas materai terbaru.

Pembuatan SIUP secara Offline

Berikut adalah tata cara untuk membuat SIUP secara langsung atau offline.

1. Mengisi Formulir

Hal pertama yang pastinya Anda lakukan adalah mengisi formulir pendaftar yang dengan baik dan detail. Setelah Anda memastikan bahwa form tersebut sudah Anda isi secara lengkap, Anda bisa mengembalikan form tersebut kepada petugas.

Jangan lupa untuk menyertakan pula berkas atau dokumen yang menjadi syarat dalam pembuatan SIUP.

2. Melakukan Pembayaran Pembuatan Surat Izin

Setelah mengisi formulir, Anda harus melakukan pembayaran pembuatan SIUP. Biaya membuat surat izin usaha ini tergantung dari daerah usaha Anda berada. Setiap daerah memiliki biaya yang berbeda-beda.

Untuk memastikannya, Anda bisa menanyakannya kepada pebisnis lain atau mendatangi Kantor Dinas Perdagangan untuk lebih yakinnya.

3. Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Selesai

Kemudian, setelah form, berkas, dan pembayaran selesai. Petugas akan memproses SIUP perusahaan Anda kurang lebih selama 14 hari kerja. Setelah 14 hari kerja, petugas akan menghubungi Anda apabila SIUP sudah siap dan dapat Anda ambil di Kantor Dinas Perdagangan

Pembuatan SIUP secara Online

Selain proses offline, terdapat pula pembuatan secara online. Membuat surat izin usaha online bisa Anda lakukan melalui laman OSS (Online Single Submission). 

Cara ini akan lebih mudah dan praktis karena Anda tidak perlu datang ke Kantor Dinas Perdagangan. Berikut langkahnya.

1. Melakukan Registrasi atau Pendaftaran

Sebelum menggunakannya, Anda bisa mengakses OSS melalui oss.go.id untuk melakukan registrasi atau pendaftaran. Dalam melakukan pendaftaran ini, Anda harus memasukkan data personal, NIK, tempat dan tanggal lahir, nomor telepon, alamat tempat tinggal, dan lainnya.

Pastikan bahwa data yang Anda input merupakan data yang sebenar-benarnya dan sudah lengkap.

2. Melakukan Verifikasi Akun dan Melengkapi Data

Setelah melakukan registrasi, klik tombol submit untuk mengakhiri proses pendaftaran. Kemudian Anda akan mendapatkan sebuah tautan atau link dari OSS yang gunanya adalah memverifikasi akun yang sudah Anda daftarkan.

Jika sudah menerima link verifikasi, Anda dapat melakukan login dengan nama pengguna dan kata sandi yang sudah Anda dapatkan. Kemudian klik menu Perizinan Berusaha.

Jika Anda sudah melengkapi data awal, Anda akan melakukan pengisian terhadap data lanjutan. Seperti pemegang saham, kepemilikan modal, jumlah investasi, dan lain sebagainya.

Setelah itu, klik menu Permohonan Berusaha dan menu Pilih Akta. Dan Anda akan mendapatkan informasi Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Klik proses.

Anda harus memastikan kembali data yang sudah Anda masukkan. Jika Anda sudah yakin bahwa data yang Anda masukkan sudah tidak terdapat kesalahan, Anda dapat menekan tombol Lanjut.

Terakhir, tandai ceklis di setiap izin yang Anda perlukan ketika berada di halaman Komitmen Izin Usaha dan Komitmen Izin Komersial. Dan Anda dapat melakukan pemantauan terhadap status surat izin Anda sampai Nomor Induk Berusaha diterbitkan.

Itulah cara membuat surat izin usaha, baik secara online atau offline. Kepemilikan surat ini penting agar usaha yang sedang Anda jalani mendapatkan pengakuan secara hukum. Jangan lupa untuk mengetahui syaratnya sebelum mendaftar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.