Cara Membuat Novel Lewat Pengalaman Terdekat

Gambar Buku Novel Romantis

Bagaimana cara membuat Novel lewat pengalaman terdekat? Tentunya, membuat Novel harus berdasarkan unsur instrinsik yang sudah ditetapkan para penulis Novel. Hal ini harus menjadi dasar membuat Novel. Hanya saja, perlu ada pengalaman dalam pembuatan Novel.

Banyak penulis yang tidak mengindahkan dalam membuat Novel berdasarkan pengalaman. Tentunya, pembahasan pengalaman bisa masuk segala hal, termasuk pengalaman meminum air asam. Karena tidak menceritakan bagaimana kondisi ketika meminum air asam, akhirnya cerita menjadi hambar.

 

Unsur Instrinsik Membuat Novel Berdasarkan Pengalaman Terdekat

Berikut beberapa cara membuat Novel lewat pengalaman terdekat dengan pembahasan unsur intrinsik membuat Novel.

 

1. Tema Membuat Novel

Tema membuat Novel yang mengambil berdasarkan pengalaman nyata, pengalaman terdekat, biasanya mengangkat hal yang sederhana.

Contoh: Seorang wanita introvert yang terlilit hutang pinjaman onine di saat orang tua tidak memberikan bantuan finansial di masa pandemi.

Menentukan tema membuat Novel berdasarkan pengalaman nyata, caranya bisa diambil sesuai pengetahuan penulis. Apapun pengalamannya, bisa diolah menjadi tema membuat Novel.

 

2. Karakter Tokoh Novel

Ketika tema membuat Novel sudah didapatkan, penulis bisa dengan mudah menjabarkan ceritanya sesuai karakter sang tokoh. Karakter tokoh tidak mesti diambil dari pengalaman seseorang yang dijadikan ide cerita. Bisa juga diambil dari pengetahuan si penulis.

Ketika ada kata introvert dalam tema membuat Novel, penulis bisa membayangkan bagaimana karakternya dalam menghadapi konflik, misalnya lilitan utang pinjaman online. Lalu karakter ini, juga akan berlawanan dengan karakter lain seorang tokoh Novel.

 

3. Alur, Plot dalam Latar Sebuah Novel

Bagaimana cara menulis alur berdasarkan pengalaman nyata agar alur terasa hidup? Tentunya, harus ditentukan terlebih dahulu latar-latar cerita yang akan dibuat. Tanpa latar, perjalanan alur akan tampak tidak jelas bahkan tidak masuk akal.

Latar yang matang, berdasarkan pengalaman, bisa anda lihat pada Novel Ayat-Ayat Cinta. Dari sini, alur Novel bisa dibuat dengan baik sesuai pengalaman Kang Abik mendalami latar-Nya.

Bagaimana cara membuat plot?

Plot lebih ke ide kreatif penulis dalam membuat cerita Novel. Plot sendiri adalah sebab-akibat yang harus ada dalam sebuah tema. Plot memang bagian dari alur.

 

4. Sudut Pandang

Sebagai penulis pemula, bila menulis sebuah cerita berdasarkan pengalaman, akan lebih nyaman bila memilih sudut pandang pertama. Cara terbaik bila masih pemula memang bisa dianjurkan memilih sudut pandang pertama. Ketika sudah mahir, bisa menambah pada sudut pandang orang ketiga.

Tetapi, baik sudut pandang orang pertama atau orang ketiga, bisa menulis sebuah cerita berdasarkan pengalaman. Hanya saja, bahasa yang dihadirkan bisa berbeda.

 

Solusi Membangun Pengalaman Dalam Proses Membuat Novel

Inti dari sebuah pengalaman adalah berpengetahuan. Jadi, bila mengalami minim pengalaman, bisa memperbanyak pengetahuan seperti membaca buku, melihat vidio dan lainnya.

Untuk kasus tertentu dalam cerita novel, seperti masalah alur dan latar, memang membutuhkan pengalaman yang matang. Bila memang pengalaman dibutuhkan untuk kebutuhan cerita, bisa melakukan tindakan sesuai kebutuhan ceritanya. Bila membutuhkan cerita soal “teknis pinajam online”, bisa melakukan tindakan peminjaman online.

 

Etika Mengambil Sumber Cerita Sesuai Pengalaman Orang Lain

Cara membuat Novel berdasarkan pengalaman terdekat tidak hanya diambil dari pengalaman pribadi penulis. Bisa saja, teman atau siapapun yang kehidupannya pernah diceritakan, pernah dituliskan atau pernah dilihat, bisa dijadikan ide cerita Nofel.

Namun perlu etika dalam mengambil cerita sesuai pengalaman seseorang yaitu:

  • Menyamarkan identitas seseorang.
  • Menjadi cerita baru seolah pengalaman pribadi penulis.
  • Bercerita soal kehidupan seseorang dengan sisi positifnya.

Memang tidak mudah, menjadikan cerita baru, seolah cerita berdasdarkan pengalaman si penulis sendiri.

Contoh kasus soal Novel Hafalan Surat Delisa yang menceritakan seseorang dalam sunami aceh. Cerita ini tidak bisa lepas dari cerita aslinya, karena ada latar yang diangkat yaitu aceh dan sunami.