Cara Membuat Blog Tampil Menarik bagi Pembaca

Gambar Desain Blog

Mempunyai blog yang menarik tentu impian dari semua blogger. Blog yang menarik tidak hanya dari segi tampilan / Template blog saja tapi juga dari isi blog itu sendiri yang harus bisa memanjakan pengunjung agar betah berlama lama di blog karena memang blog memeiliki konten / artikel yang berkualitas.

Bila ingin membuat blog sendiri agar tampilannya menarik, Anda perlu memperhatikan cara membuat blog menarik sesuai rekomendasi beberapa pakar.

 

1. Struktur Blog

Rekomendasi pakar blog berpendapat bahwa struktur blog sebagai berikut:

  • Header (atas).
  • Post (sebelah kiri dari sidebar).
  • Sidebar (sebelah kanan sidebar).
  • Footer (bawah).

Itulah struktur atau kerangka dasar blog yang disarankan pakar, khususnya pakar SEO.

Tetapi, tidak semua blog didesain dengans struktur blog di atas sekalipun dengan tetap memperhatikan tampilan menariknya.

Misal, mereka membuat 3 kolom di bagian tengahnya yakni ‘sidebar kiri-post-sidebar kanan’. Atau, tidak membuat sidebar.

 

2. Navigasi Mudah dan Sederhana

Umumnaya, navigasi disebut juga menu navigasi. Kode dari ini juga menunjukan navigasi yaitu tag ‘nav’. Navigasi yang menarik adalah ketika tampil responsive, dikumpulkan dari satu tombol “MENU”. Jadi bentul list-nya sudah dalam bentuk mobile.

Navigasi yang mirip menu juga ada seperti widget popuper, widget post, widget label dan sebagainya.

 

3. Logo

Tujuan utama dari sebuah logo adalah sebagai salah satu proses branding dan strategi marketing. Logo menjadi bentuk penggambaran maupun identitas dari Blog, sehingga logo tersebut akan menjadi citra dari Blog / Web.

 

4. Memakai Slider

Memiliki slider bisa membuat blog terlihat menarik. Ya, hal ini menarik ketika tampilannya di komputer. Ketika tampilan mobile, slider memiliki tampilan yang kurang terlihat menarik.

Slider berguna untuk menampilkan halaman pilihan. Tetapi, menurut peneitian, tidak banyak orang yang mau melihat apa yang tersedia di slider.

 

5. Mengatur Warna dengan Baik

Salah menempatkan warna, bisa saja berakibat fatal dalam hal tampilan. Banyak blog yang tidak enak dilihat bisa jadi bukan karena desainnya. Bisa jadi karena penempatan warna yang kurang tepat. Atau, menggunakan banyak warna dalam template

Setidaknya, warna itu ada 3 dalam blog, maksimalnya. Warna pertama tentu putih. Karena putih itu warna dasar blog. Tetapi biasanya hanya dua warna, putih dan warna lainnya.

Untuk warna lainya mungkin saja lebih dari dua, tetapi warna lainnya tidak ada kaitanya dengan warna untuk kerangka blog.

 

6. Mengatur Heading Dengan Benar

Template bawaan blogger.com memang kurang bagus dalam sisi heading. Di tampilan halaman homepage, pengaturannya dari h1 (judul blog) langsung ke h3 (judul post). Tidak ada h2. Parahnya lagi, ketika berada di tampilan halaman postingan artikel, judul artikel masih diberi h3.

Pengaturan heading seperti blogger.com menurut pakar SEO memang kurang dianggap menarik menurut Google. Jadi, dalam hal membuat blog yang menarik, perlu juga memperhatikan cara pandang Google.

Lebih baik mencari template gratisan di internet daripada memakai template bawaan blogger.com

 

7. Memberikan Gambar Yang Terbaik

Di dalam blog, gambar memiliki peranan penting untuk membuat blog menjadi lebih menarik. Karena, setiap tampilan postingan, akan memperlihatkan gambarnya. Ketika salah memberikan gambar atau tidak memiliki gampar, desain blog sebagus apapun seperti menjadi sia-sia saja.

Tetapi setidaknya, anda perlu memasukkan gambar yang memang sesuai topik pembahasan. Jangan sampai tidak memasukkan gambar karena bisa merusak tampilan blog.

 

8. Menggunakan Template Yang Responsive

Ada tampilan responsive dan ada tampilan mobile. Dua tampilan ini berbeda kalau menggunakan settingan blogspot.

Tampilan responsive ini harus menonaktifkan tampilan mobil yang masih ada di blogger.com yaitu memilih tampilan “dekstop”. Bila masih memilih mobile, template-nya tidak akan tampil. Biasanya, settingan ini muncul ketika menggunakan template lain, bukan dari blogger.com.

Kecuali template anda diambil dari Blogger, penyetingan desktop dan mobile tidak akan muncul.

Jadi, pada intinya, anda harus memilih template yang memang sudah responsive bila ingin membuat blog yang menarik.

 

9. Batasi Iklan

Iklan yang terlalu banyak akan menyebabkan loading blog menjadi lambat/berat. Kadang2 iklan yang akan muncul itu2 saja sehingga pembaca blog akan merasa risih dibuatnya.

Hindari iklan Pop up jika tidak sangat penting bagi Blog/Website, karena pembaca tentu akan risih jika harus menutup iklan yang sering muncul dan menghalangi pengunjung untuk membaca konten.

 

10. Related Artikel

Artikel terkait akan sangat membantu pembaca blog yang sangat serius ingin mendapatkan informasi penting. Dengan memasang related artikel di posisi yang strategis maka pembaca akan betah berlama lama di blog karena mereka mendapatkan apa yang mereka cari.

 

11. Matikan Auto Play

Video ataupun lagu yang langsung jalan ketika pembaca baru saja membaca konten tentu sangat mengganggu. Apalagi jika video dan ataupun lagu tersebut tidak ada hubungannya dengan artikel yang kita baca.

 

12. Next Page

Next Page

Jika artikel di blog sangat panjang misal 2000 sd 5000 kata, membuat Next Page memang terasa wajar untuk menghindari kebosanan membaca. Tapi jika artikel pendek tentu sangat menjengkelkan apabila harus sampai menekan tombol selanjutnya sampai 5x hanya untuk menemukan inti berita yang ringan dan santai.