Cara Hemat dalam Membelanjakan Uang Jajan

Makan Jajan

Uang jajan habis sebelum datang kiriman dari orang tua….hemmm nyesek deh…Puasa atau ngutang teman adalah solusi kebanyakan orang.

Bagaimana sih pengelolaan uang kalian?

Apakah sudah baik?

Tak terbatas atau tak terhingganya pengeluaran, tetap saja kamu juga butuh mengelolanya dengan baik.

Sebab keberadaan uang bukan merupakan barang tetap yang tidak pernah habis.

Apabila kamu mulai mengatur keuangan dari saat ini. Suatu hari nanti pasti bisa mengelola keuangan dalam jumlah yang sangat besar.

Hal itu harus menjadi kebiasaan rutin untuk lebih menghemat uang yang ada di tabungan.

 

Bagaimana Cara Hemat Uang Jajan?

How does it sound to you? Kamu cukup mengusahakan dengan maksimal dan menambah semangat dalam menghemat uang.

Sehingga hadirnya motivasi itu akan memberikan kesan baru dalam hidup kamu.

Berikut langkah-langkah cara hemat dalam membelanjakan uang.

 

1. Membuat Daftar Belanja

Sebenarnya pembuatan daftar belanja tidak hanya sekadar menuliskannya saja terkait barang yang akan dibeli. Namun, kamu juga harus melakukan sortir antara kebutuhan dan keinginan. Sebab terkadang belanja bukan melihat kebutuhannya tetapi hanya ingin memiliki.

Jika kamu terus mengikuti keinginan dan mengincar semua barang. Maka jangan heran kalau keuangan kamu cepat habis. Karena kamu tidak bisa memprioritaskan kebutuhan yang penting terlebih dahulu.

Itulah mengapa membuat daftar belanja menjadi sangat penting. Selain kamu bisa memilah kebutuhan primer, juga dapat menghemat keuangan agar tidak boros. Hilangkan daftar belanja yang hanya menjadi penggoda uang kamu.

 

2. Membandingkan Harga Sebelum Membeli

Apabila kamu ingin membelanjakan uang, pastinya harus bersusah payah dulu. Taking your time untuk membandingkan setiap harga dari barang yang ingin kamu beli. But of course, cara seperti ini memang butuh waktu dan kesabaran.

Namun, dengan ini juga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran keuangan dari yang seharusnya. Sebab setiap toko barang mempunyai perbedaan harga yang berbeda. Kalau bisa dapat yang lebih murah dan kualitas sama, mengapa memilih harga mahal.

Still it’s worth it the fight, hemat artinya berhati-hati dalam menggunakan uang.

It’s not the amount of money we spent today, but habit we’re building along the years that counts. You’ll thank yourself later on.

 

3. Menyisihkan Uang untuk Ditabung

Membiasakan diri menabung

Seharusnya jika kamu mendapatkan uang jajan harian, mingguan atau bahkan bulanan menyisihkan untuk tabungan. But is it an easy thing to do? Kebanyakan orang-orang tidak memikirannya hal itu.

Padahal dengan menabung kita memiliki cadangan uang untuk ke depannya. Sebab tidak setiap saat kamu mempunyai uang lebih untuk jajan atau belanja. Jika terlatih dari sekarang, kamu akan terbiasa dengan sendirinya.

 

4. Memanfaatkan Promo atau Cashback Ketika Belanja

Buat kamu yang doyan belanja pada online shop atau retail, maka harus menerapkan cara ini.

Pasalnya sekarang sudah banyak toko online yang memberikan promo atau cashback setiap pembeliannya, hal ini akan lebih menghemat pengeluaran keuangan kamu.

Kamu bisa memanfaatkan momen untuk mendapatkan barang keinginan. Jadi kamu bisa belanja lebih untung dari biasanya. Lumayan kan dapat promo diskon dan cashback hingga 10% setiap melakukan checkout.

 

5. Masak Sendiri

Tidak semua orang bisa masak sendiri dan memilih untuk jajan di luar. Apalagi kita juga perlu membeli alat2 memasak pada awalnya yang lumayan menghabiskan uang. Padahal dengan memasak sendiri kamu bisa menghemat pengeluaran hingga 50% lho. Capek, Malas dan memang butuh belajar agar kita bisa memasak sendiri di tempat yang jauh dari orang tua.

Bagaimana, mudah kan cara hemat dalam membelanjakan uang? Sebenarnya mau hemat atau tidak itu tergantung dari cara kamu mengelolanya. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur antara kebutuhan dan keinginan.