Categories
Kesehatan

Cara Diet Alami dan Menyehatkan

Bagi Anda yang ingin melakukan diet, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa cara alami berikut ini agar lebih sehat. Kunci utama kesuksesan bagi seseorang yang berdiet, terletak pada individunya masing-masing. Oleh karena itu, yuk simak dahulu cara diet alami yang menyehatkan sebagai berikut!

Cara Diet Alami dan Menyehatkan

 

1. Tetap Sarapan

Sarapan memang sangat penting bagi setiap individu agar energinya dapat tetap terisi dengan baik dan aktivitas yang Anda lakukan tetap dapat berjalan dengan lancar. Namun, faktanya sarapan kerap kali ditinggalkan oleh banyak orang karena beranggapan sarapan bisa membuat tubuh mereka bertambah gemuk. Padahal persepsi tersebut salah besar.

Bagi sebagian besar orang awam yang belum memahami makna diet sebenarnya, mereka hanya memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan dengan mengabaikan sarapan. Ketika Anda tidak sarapan, hal tersebut justru memberikan dampak buruk pada keberhasilan diet yang Anda lakukan.

Sistem metabolisme tubuh pun melambat dan akan berdampak buruk pada keberhasilan diet Anda. Oleh karena itu, sarapan tetap tidak boleh ditinggalkan. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat, protein seperti sayuran, putih telur serta susu yang mengandung gizi dan nutrisi yang cukup baik.

 

2. Cukup Minum Air Putih

Ketika bangun tidur, tubuh pasti membutuhkan cairan. Air putih sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan Anda. Dalam hal ini, air putih memiliki fungsi yang sangat baik dalam menurunkan proses berat badan. Oleh karena itu, perbanyaklah mengkonsumsi air putih agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik sehingga dapat membantu proses metabolisme agar berjalan dengan lancar.

Dalam sehari, sebaiknya konsumsi air putih sebanyak 8 gelas. Air putih sangat baik untuk program diet Anda. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan agar Anda dapat merasa kenyang sebelum mengkonsumsi makanan. Apabila Anda mengkonsumsi segelas air putih sebelum makan, hal itu dapat membantu Anda mengurangi porsi makan karena perut Anda sudah merasa kenyang terlebih dahulu.

 

3. Aktif Bergerak atau Berolahraga

Treadmill

 

Bergerak atau berolahraga sangat baik, sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Olahraga yang teratur sangat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Lakukanlah jogging, lari, senam, ataupun jalan santai secara rutin supaya tubuh Anda tetap sehat.

Bagi Anda yang sibuk dengan pekerjaan di kantor, solusi lainnya adalah dengan berjalan-jalan di tempat kerja. Salah satu caranya adalah apabila Anda terbiasa menggunakan lift, coba beralihlah pada tangga. Hal tersebut bisa sangat membantu Anda dalam membakar kalori tubuh dan intinya usahakan agar tubuh Anda dapat tetap bebas bergerak.

 

4. Konsumsilah Makanan Yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda. Terutama bagi Anda yang sedang diet, protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein merupakan salah satu zat dalam menunjang diet yang sangat dianjurkan.

Protein memiliki fungsi yang sangat luar biasa karena dapat membantu dalam proses pembakaran lemak dan sangat cocok pada diet Anda. Protein bisa Anda dapatkan melalui jenis sumber makanan seperti putih telur. Selain itu, Anda bisa mengkonsumsi oatmeal ataupun gandum. Protein sangat dianjurkan di pagi hari ketika Anda sarapan pagi.

 

5. Konsumsi Makanan Yang Kaya Serat

Makanan yang mengandung serat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dalam menurunkan berat badan Anda. Konsumsilah makanan berserat ini pada siang ataupun malam hari. Makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah atau sayuran sangat baik dalam membantu proses diet Anda.

 

6. Makanan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan salah satu jenis sumber makanan yang mengandung gula. Karbohidrat sederhana biasanya sulit diserap oleh tubuh sehingga sangat mudah berubah menjadi timbunan lemak. Makanan karbohidrat sederhana biasanya terdiri dari nasi, mie ataupun pasta. Sudah sebaiknya makanan tersebut digantikan dengan karbohidrat yang lebih kompleks seperti beras merah, Gandum, Oatmeal, Sereal ataupun kacang-kacangan.