Cara Cerdas Membaca Buku Supaya Paham

Anak Kecil Gemar Membaca Buku

Membaca buku bermutu sama seperti melakukan percakapan dengan orang hebat dari masa lalu.” – Rene Descartes

Anda mungkin gemar membaca buku-buku yang menghibur, tapi Anda memiliki kendala dalam membaca buku-buku tema tertentu. Anda mungkin bisa menyelesaikan bacaan , tetapi lupa secepat Anda selesai membacanya. Anda kesulitan mencerna buku bisnis yang tebal, majalah ekonomi, jurnal ilmiah, dan karya orang lain yang tidak bisa dibaca dengan mudah.

Saya akan berbagi saran agar Anda membaca apa yang seharusnya Anda baca dan yang tidak seharusnya Anda baca. Melalui hal ini, Anda dapat menghemat waktu untuk membaca. Inilah petunjuk yang harus Anda ikuti.

 

Tentukan Tujuan Membaca

Apa tujuan Anda membaca? Jika jawaban terbaik Anda adalah bos saya mengharuskannya, atau guru saya mewajibkannya. Itu menyiratkan bahwa Anda memerlukan beberapa alasan yang lebih tepat. Jika tujuan Anda membaca sebuah bab hanya agar dapat berkata,”Saya telah menyelesaikan tugas membaca,” ini merupakan pekerjaan yang sia-sia. Lebih baik Anda meletakkan buku tersebut di bawah bantal, dan berharap Anda dapat menyerap buku tersebut secara otomatis.

Jika Anda dapat menemukan beberapa alasan membaca, Anda akan menemukan diri Anda terhanyut halaman demi halaman dan menguasai isinya lebih banyak dan bukan sekedar mengingat judul babnya saja. Menurut para ahli membaca, ada 6 tujuan mendasar dalam membaca, yaitu:

  • Menangkap pesan dalam bacaan.
  • Menemukan rincian yang penting.
  • Menjawab pertanyaan yang khusus.
  • Mengevaluasi isi yang Anda baca.
  • Mengaplikasikan hal yang Anda baca, dan
  • Menggunakan Petunjuk dalam Buku.

Ada lembaran khusus yang dapat Anda temukan pada setiap buku teks (kecuali novel), ini adalah rambu-rambu yang menuntun Anda dalam memahami buku yang Anda baca.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengawali membaca sebuah buku.

 

Daftar Isi

Halaman ini memuat judul bab, dan sub bab pada halaman buku. Beberapa daftar isi sangat terperinci, mendaftarkan setiap topik yang dibahas dalam setiap bab.

 

Kata Pengantar

Halaman ini adalah gambaran informasi yang akan Anda temukan dalam buku tersebut.

Pendahuluan

Halaman ini ditulis sendiri oleh si penulis atau oleh beberapa nama penulis lain yang diminta oleh penulis untuk menambahkan kesan pada karyanya. Bagian pendahuluan biasanya memuat pandangan umum tentang buku, rangkuman bab demi bab, untuk memberi sentuhan mengenai isi buku secara keseluruhan.

 

Catatan Kaki

Dapat ditemukan dalam teks (nomor kecil diikuti kalimat kutipan, contoh: Bobby Prabawa 25). Catatan dijelaskan langsung pada halaman terkait atau di bagian khusus pada halaman akhir teks. Catatan kaki digunakan untuk mengambil sumber langsung, kutipan, ide, penjelasan lebih lanjut tentang suatu hal.

Catatan kaki adalah tambahan penjelasan atau tambahan informasi di luar teks. Anda juga boleh membuat kebiasaan baru dengan mencari sumber yang dikutip sebagai bacaan yang Anda telusuri lebih lanjut. Jika teks menggunakan istilah yang mungkin kurang Anda pahami, penulis akan menambahkan dalam

 

Glosarium

Daftar istilah yang akan menjelaskan semua istilah tersebut.

 

Daftar Pustaka

Berada di halaman akhir buku, yang mencantumkan referensi yang digunakan penulis dalam menyusun atau menulis buku tersebut. Daftar bacaan yang direkomendasikan, atau keduanya. Daftar pustaka ini disusun sesuai dengan alphabet untuk memudahkan Anda mencari informasi lebih lanjut dalam topik tertentu.

 

Lampiran

Terdiri dari data pelengkap, atau contoh yang berhubungan dengan teks yang berada pada bagian akhir buku. Bagian terakhir buku biasanya adalah indeks. Indeks adalah daftar urutan referensi berdasarkan abjad disertai dengan nomor halaman, nama tertentu, perihal, dan topik di dalam teks.

Membiasakan diri untuk memaksimalkan semua alat bantu dalam sebuah buku membuat kesibukan membaca dan mengingat Anda lebih mudah.