6 Cara Belajar Banyak Bahasa Asing Sampai Mahir

Gambar cewek membaca kamus

Orang yang memiliki IQ normal, masih bisa mempelajari dua bahasa. Bahkan, orang Indonesia sudah terbiasa berbicara memakai bahasa daerah dan bahasa nasional. Bahkan banyak orang Indonesia yang mahir dua bahasa asing. Sehingga, ini bisa sebagai dasar bahwa menguasai banyak bahasa asing pun bisa, setidaknya dua bahasa yang mahir dikuasai.

Lalu bagaimana cara belajar banyak bahasa asing sampai mahir? Tentunya, pembahasan mahir berbahasa bisa pada dua macam kemahiran yaitu mahir menulis dan berbicara bahasa asing. Beberapa orang mahir berbahasa dengan dua macam.

 

1. Memilih Bahasa Asing Yang Memiliki Potensi Pengembangan Kualitas

Mengapaa Anda belajar bahasa Inggris?

Biasanya, mereka belajar bahasa inggris karena untuk kebutuhan ujian sekolah, bekerja di luar negeri dan sebagainya. Jadi, kepentingan belajar bahasa inggris lebih ke pengembangan kualitas.

Tentunya, mereka yang berniat mempelajari banyak bahasa asing karena memiliki beberapa pengembangan kualitas sebagai tujuanya.

2. Memilih Bahasa Utama Sebagai Dasar Belajar Banyak Bahasa Asing

Cara memilih bahasa utama bisa mengikuti berdasarkan bahasa ibu. Asalkan bahasa ibu adalah bahasa formal seperti bahasa Indonesia. Karena bahasa Indonesia memiliki tradisi belajar bahasa yang dilakukan secara formal.

Bisa juga yang menjadi bahasa utama adalah bahasa Inggris yang sebagai bahasa internasional.

Tetapi, lebih baik berfokus pada bahasa ibu alias bahasa Nasional karena lebih mendukung tradisi berbahasa untuk bangsanya sendiri.

Apa tujuan memilih bahasa utama sebagai cara menguasai banyak bahasa:

  • Agar memiliki fokus kemahiran berbahasa, baik secara lisan atau tulisan
  • Kepentingan mengumpulkan beberapa terjemahan kosakata berdasarkan kosakata bahasa utama

3. Mematangkan Tata Bahasa Pada Bahasa Utama

Cara belajar banyak bahasa asing justru dengan cara memfokuskan kemahiran pada tata bahasa yang menjadi bahasa utama. Sekalipun masing-masing bahasa asing memiliki tata bahasanya sendiri, ini tidak menjadi persoalan berat.

Sebagai misal, menguasai bahasa tata Indonesia. Pelajari persoalan EYD. Pelajari juga bagaimana aturan SPOK. Kata dan kalimat baku pada bahasa Indonesia apa saja. Sampai pada pembuatan kalimat efektif dan tidak efektif bahasa Indonesia.

Hasil mahir menguasai bahasa Indonesia inilah yang akan digunakan sebagai modal menguasai banyak bahasa.

4. Pembuatan Kamus Multi Bahasa Asing

Bahasa pada dasarnya seperti saudara kembar namun tak sama. Artinya, kata dari bahasa manapun berasal dari satu arti/makna. Seperti, kata “aku” akan memiliki kesamaan makna dengan ‘I’(bahasa Inggris) dan ‘ana’ (bahasa Arab).

Bagaimana kepentingan dalam hal cara belajar banyak bahasa asing? Artinya adalah ketika membuat kamus, anda bisa memasukkan banyak kata bahasa asing dalam bahasa utama.

Bisa juga membeli kamus yang berisi beberapa bahasa asing.

5. Berfokus Menghafal Kosakata Yang Dibutuhkan

Banyak orang menghafal kosakata sembarangan. Padahal, kosakata yang dihafalkan tidak menjadi prioritas seperti kepentingan ujian, kepentingan bisnis, kepentingan pekerjaan dan lainnya.

Apalagi, di era translit online, para pembelajar bahasa asing jauh lebih dimudahkan dalam mendapatkan arti sebuah kata.Jadi, berfokus pada kosakata yang dibutuhkan tidak akan mengganggu kemampuan menguasai banyak bahasa asing.

6. Beberapa Faktor Penting Belajar Banyak Bahasa Asing

Setiap bahasa memiliki ciri khas sebagai pembeda. Hal ini yang perlu dipahami dan dikuasai para pembelajar bahasa asing.

Berikut faktor penting cara belajar banyak bahasa asing.

a. Menguasai tata bahasa

Tata bahasa dalam kata lain adalah ilmu grammar (bahasa Inggris) atau nahu-sorof (bahasa Arab). Hal ini yang paling penting dipelajari. Karena dengam berfokus menguasai ini, tidak akan mengganggu menguasai bahasa asing yang lain.

b. Menguasai aksara

Ada baiknya memilih belajar bahasa asing yang memiliki kesamaan aksara. Tetapi, akasara yang terbanyak konon adalah aksara latin. Bagi orang yang ingin belajar bahasa mandarin, mau tidak mau harus menguasai aksara mandarin.

c. Menguasai bunyi sebuah bahasa

Bahasa Inggris memiliki perbedaan bunyi antara kata yang ditulis dengan kata yang diucapkan. Hal ini yang menyulitkan berbicara bahasa ingggris.

Pad intinya, belajar menguasai bunyi bahasa memiliki kepentingan tersendiri agar bisa disebut mahir. Bila salah bunyi, persoalannya bisa menjadi salah makna/arti. Jadi perlu diperhatikan juga dalam hal bunyi sebuah bahasa.