Bisakah Blog Pribadi Banyak Pengunjung?

Konten Blog

Jawabannya bisa iya bisa tidak.

Lho kok gitu…

Banyak pengunjung juga tergantung dari target dari pemilik blog. 1000 pengunjung perhari untuk sebagian blogger itu sangat sedikit, tapi bagi sebagian blogger yang lain sudah sangat banyak. Membalas komentar dari beberapa orang di blog pribadi bisa jadi sangat melelahkan untuk blog dengan trafik ribuan orang per hari. Tentu kita tidak dapat membandingkanya dengan semua jenis blog yang ada di internet.

Blog pribadi adalah blog yang memang diurus secara pribadi yang berisi seputar kehidupan pribadi seseorang. Apa yang ditulis berdasarkan apa yang menjadi keahlian pribadinya, yang menjadi pengalaman pribadinya. Jadi, di sini tidak mengandalkan penulis lain dalam menghadirkan artikel terbaru.

Jadi, di sini perlu dibedakan antara “membuat blog pribadi” dengan “blog milik pribadi”. Walaupun ada titik kesamaan bila berkaitan dengan kepemilikan. Blog pribadi artinya adalah blog milik pribadi.

Blog pribadi biasanya menggunakan kata ganti orang pertama yakni “aku” atau “saya”. Sebagai lawan bicaranya menggunakan kata “kamu” atau “anda”. Blog pribadi biasanya matang dalam menulis berdasarkan pengalaman.

 

Apakah Blog Pribadi Masih Bisa Mendapatkan Banyak Pengunjung?

Inti utama mendapatkan banyak pengunjung bukan persoalan masalah blog pribadi atau tidaknya. Tetapi faktor yang sudah umum seperti terpenuhinya artikel SEO, menarget kata kunci yang memiliki banyak pencari dan lainnya.

 

Tujuan Membuat Blog Pribadi Banyak Pengunjung

Banyak blogger yang sukses membuat blog pribadi. Walaupun sebagian blogger pada akhirnya mengandalkan tenaga orang lain dalam membuat artikel blog.

Dari pengalaman para blogger, membuat blog pribadi memiliki tujuan:

  • Untuk meraih kesuksesan melalui blogging.
  • Membangun personal brand.
  • Mengembangan skill yang berkaitan dengan blogging.
  • Menjadi pembicara secara ofline.
  • Dilirik penerbit untuk membuat buku.

 

Mengembangkan Tulisan Opini Yang Tidak Sekedar SEO

Blog pribadi adalah blog yang menyampaikan pikiran, gagasan, lewat media tulisan. Artinya, lebih kepada pengembangan narasi tulisan. Biasanya, tulisannya tidak dihasilkan dari rewrite.

Kegiatan menulis tidak selalu berfokus berdasarkan SEO yang matang. Mengurusi SEO biasanya cukup masalah riset kata kunci, judul berdasarkan kata kunci, dan penyebarankata kunci yang alamiah.

Mengembangkan naras opini tulisan yang matang, ini nilai jual tersendiri yang diminati banyak pengunjung.

 

Membuat Judul Yang Berpotensi Viral

Blog pribadi memang cocok bila memikirkan bagaimana membuat judul yang menarik, yang berpotensi viral. Kalau pun secara SEO kurang matang, setidaknya secara kualitas judul dan tulisan tidak terlihat buruk.

Rata-rata tulisan situs berita ternama memang berfokus pada pembuatan judul yang berpotensi viral. Ciri tulisan menjadi viral yaitu banyak yang share tulisannya di sosial media mereka.

Cara memviralkanya, bisa di share di sosial media. Kalau tidak memiliki banyak follower, bisa menggunakan media iklan berbayar.

Mencari ide untuk judul agar artikel bisa viral sebenernya cukup mudah. Anda bisa memberikan opini berkaitan dengan sesuatu yang sedang viral. Contohnya tentang pemilihan presiden 2024, Anda bisa membuat opini yang berkaitan dengan salah satu capres yang tentu akan menimbulkan pro dan kontra dari para pendukungnya dan akan membagikannya supaya mendapatkan respon dari orang lain. Atau tentang wabah Corona yang memang lagi banyak pembaca yang mencari informasi tersebut.

 

Mengandalkan Tampilan Blog Pribadi Kualitas Premium

Situs penjual theme Professional (themeforest.net)

Banyak penulis yang tidak serius membangun blog. Padahal kualitasnya bagus. Salah satu ketidakseriusannya yaitu masalah tampilan blog. Mungkin dengan alasan membangun blog pribadi, sehingga tidak harus serius memikirkan media atau tampilan blog (bahasa lain template blog).

Kalau sekedar tulisan pribadi, tidak perlu mempersoalan tampilan.

Kalau memang tidak mampu menampilkan kulitas premium, lebih baik mengandalkan media blog dari situs ternama seperti Kompasiana dan lainnya.

Kalau blog pribadi untuk pembaca umum, seharusnya menampilkan kualitas premium. Hal ini untuk mendukung meningkatkan banyak pengunjung. Setidaknya, tamu alias pengunjung harus dihormati dengan tampilan premium blog.

 

Membuat Blog Pribadi Untuk Membangun Kualitas Pembaca

Ciri khas blog pribadi biasanya membuat pembahsan yang runtut, berurutan, dari artikel A sampai artikel Z. Tentunya, ini berkepentingan mengembangkan kualitas pribadi pembaca.

Untuk masalah tulisan membangun kualitas pembaca, sayangnya kebanyakan blogger menghadiran konten tulisan lebih kepada tulisan tutorial. Sifatnya tulisan bersifat praktik, bukan opini.

Memang, ada banyak pembahasan bila berurusan dengan tulisan tutorial, apalagi di zaman aplikas androin sekarang ini.

Jadi, kesan blog pribadinya lebih ke arah yang berbau hal teknis, tidak jauh dari topi bloging itu sendiri.

Tetapi, blog pribadi yang seperti ini pada dasarnya yang mampu menghasilkan banyak pengunjung. Tentunya, berpotensi berlangganan terus-menerus untuk meningkatkan keahlian.