Batas Wilayah Negara Tetangga Sri Lanka

Gambar Map Peta Negara Sri Lanka

Batas Negara Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka

Democratic Socialist Republic of Sri Lanka

Sri Lanka sebelumnya dikenal sebagai Ceylon, adalah sebuah negara kepulauan di Asia Selatan. Itu terletak di Samudra Hindia, barat daya Teluk Benggala, dan tenggara Laut Arab antara garis lintang 5 ° dan 10 ° N, dan garis bujur 79 ° dan 82 ° E. Dipisahkan dari anak benua India oleh Teluk Mannar dan Selat Palk, tetapi berbagi perbatasan laut dengan negara bagian Tamil Nadu di India. Sri Jayawardenepura Kotte adalah ibu kota legislatifnya, dan Kolombo adalah kota terbesar dan pusat keuangannya.

Menurut mitologi Hindu, ada jembatan darat antara daratan India dan Sri Lanka. Legenda mengklaim bahwa jalan masih bisa dilewati dengan berjalan kaki hingga tahun 1480 M, sampai angin topan memperdalam saluran tersebut. Posisinya masih dangkal hingga 1 meter (3 kaki) menghalangi navigasi. Titik tertinggi adalah Gunung Pidurutalagala (Pedro) tinggi 2.524 meter di atas permukaan laut.

Sri Lanka memiliki 103 sungai. Yang terpanjang adalah Sungai Mahaweli, memanjang 335 kilometer. Air Terjun tertinggi adalah Bambarakanda, dengan ketinggian 263 meter (863 kaki). Garis pantai Sri Lanka panjangnya 1.585 km (985 mil). Sri Lanka memiliki 45 muara dan 40 laguna. Sri Lanka tidak memiliki Perbatasan darat dengan Negara lain di Dunia.

Batas Wilayah Area Negara Tetangga Sri Lanka:

Sebelah utara:  Negara India dipisahkan oleh Selat Palk.
Sebelah timur laut:  Teluk Benggala di Samudra Hindia.
Sebelah timur:  Samudra Hindia.
Sebelah tenggara:  Samudra Hindia.
Sebelah selatan:  Samudra Hindia.
Sebelah barat daya:  Negara Maladewa di Samudar Hindia.
Sebelah barat:  Negara India dipisahkan oleh Selat Palk.
Sebelah barat laut:  Negara India dipisahkan oleh Selat Palk.
Peta Negara Sri Lanka dan negara tetangga
Arah Mata Angin Indonesia

Batas wilayah area negara tetangga sri lanka di benua asia, dilut.com