Batas Wilayah Negara Tetangga Rwanda

Gambar Peta Negara Rwanda

Batas Negara Republik Rwanda

Republic of Rwanda

Adalah sebuah negara yang terkurung daratan (tidak punya laut) di Great Rift Valley, di mana kawasan Danau Besar Afrika dan Afrika Timur bertemu. Terletak beberapa derajat di selatan Khatulistiwa. Julukan “tanah seribu bukit”, dengan geografi yang didominasi oleh pegunungan di barat dan sabana di timur, dengan banyak danau di seluruh negeri. Iklimnya sedang hingga subtropis, dengan dua musim hujan dan dua musim kemarau setiap tahun. Rwanda memiliki populasi lebih dari 12,6 juta yang tinggal di lahan seluas 26.338 km2, dan merupakan negara daratan Afrika yang paling padat penduduknya. 1 juta orang tinggal di ibu kota dan kota terbesar Kigali.

Rwanda adalah negara terkecil ke 4 di daratan benua Afrika setelah Gambia, Eswatini, dan Djibouti. Titik terendah adalah Sungai Rusizi pada 950 meter (3.117 kaki) di atas permukaan laut. Rwanda terletak di Afrika Tengah/Timur.

Daerah aliran sungai antara cekungan drainase utama Kongo dan Nil membentang dari utara ke selatan melalui Rwanda, dengan sekitar 80% wilayah negara mengalir ke Sungai Nil dan 20% ke Kongo melalui Sungai Rusizi dan Danau Tanganyika. Sungai terpanjang di negara itu adalah Nyabarongo. Rwanda memiliki banyak danau, yang terbesar adalah Danau Kivu. Danau ini menempati lantai Albertine Rift di sepanjang sebagian besar perbatasan barat Rwanda, dan dengan kedalaman maksimum 480 meter (1.575 kaki), ini adalah salah satu dari dua puluh danau terdalam di dunia.

 

Batas Wilayah Area Negara Tetangga Rwanda:

Sebelah utara :  Negara Uganda.
Sebelah timur laut :  Negara Uganda.
Sebelah timur :  Negara Tanzania.
Sebelah tenggara :  Negara Tanzania.
Sebelah selatan :  Negara Burundi.
Sebelah barat daya :  Negara Kongo Demokratik.
Sebelah barat :  Negara Kongo Demokratik.
Sebelah barat laut :  Negara Kongo Demokratik.
Gambar Peta Rwanda dan Negara Tetangga
Arah Mata Angin Indonesia

Batas wilayah map peta area negara tetangga rwanda di dunia, dilut.com