Batas Wilayah Negara Tetangga India

Gambar Peta Negara India

Batas Negara Republik India

India adalah sebuah negara di benua Asia bagian Selatan. India adalah negara terpadat ke-2 setelah China, negara terbesar ke-7 berdasarkan luas daratan, dan demokrasi terpadat di dunia.

India terletak di utara khatulistiwa antara 6° 44′ dan 35° 30′ lintang utara dan 68° 7′ dan 97° 25′ bujur timur. Garis pantai India panjangnya 7.517 kilometer (4.700 mil).

Sungai-sungai besar asal Himalaya yang secara substansial mengalir melalui India termasuk Sungai Gangga dan Brahmaputra, keduanya mengalir ke Teluk Benggala.

Iklim India sangat dipengaruhi oleh Himalaya dan Gurun Thar, yang keduanya mendorong musim panas dan musim dingin yang sangat penting secara ekonomi dan budaya.

Gangga adalah sungai lintas batas Asia yang mengalir melalui India dan Bangladesh. Sungai sepanjang 2.525 km bermuara di Himalaya barat di negara bagian Uttarakhand, India, dan mengalir ke selatan dan timur melalui Dataran Gangga India Utara ke Bangladesh, di mana ia bermuara di Teluk Benggala. Mendukung lebih dari 11% populasi dunia saat melewati daerah berpenduduk terpadat di planet ini, sungai ini merupakan sungai terbesar ketiga di Bumi berdasarkan debit.

Himalaya membentuk barisan pegunungan di Asia yang memisahkan dataran anak benua India dari Dataran Tinggi Tibet. Rentang ini memiliki beberapa puncak tertinggi di planet ini, termasuk yang tertinggi, Gunung Everest. Lebih dari 100 puncak dengan ketinggian melebihi 7.200 m (23.600 kaki) terletak di Pegunungan Himalaya.

Himalaya berbatasan atau melintasi lima negara: Bhutan, India, Nepal, Republik Rakyat Cina, dan Pakistan. Kedaulatan wilayah Kashmir disengketakan antara India, Pakistan, dan Cina. Pegunungan Himalaya berbatasan di barat laut dengan pegunungan Karakoram dan Hindu Kush, di utara dengan Dataran Tinggi Tibet, dan di selatan dengan Dataran Indo-Gangga. Beberapa sungai besar dunia, Indus, Gangga, dan Tsangpo-Brahmaputra, muncul di sekitar Himalaya, dan gabungan cekungan drainasenya menampung sekitar 600 juta orang. Himalaya telah membentuk budaya Asia Selatan dan Tibet secara mendalam; banyak puncak Himalaya yang disakralkan dalam agama Hindu dan Buddha.

Batas Wilayah Area Negara Tetangga India:

Sebelah utara :  Negara China.
Sebelah timur laut :  Negara China, Nepal, Bhutan.
Sebelah timur :  Negara Bangladesh, Myanmar.
Sebelah tenggara :  Teluk Benggala.
Sebelah selatan :  Negara Srilanka yang dipisahkan selat Palk dan Samudra Hindia.
Sebelah barat daya :  Samudra Hindia.
Sebelah barat :  Samudra Hindia.
Sebelah barat laut :  Negara Pakistan.
Arah Mata Angin Indonesia

Batas wilayah map peta area negara tetangga india di dunia, dilut.com