Batas Wilayah Negara China / Republik Rakyat Tiongkok

Batas Negara Republik Rakyat Tiongkok

People’s Republic of China (Bahasa Inggris)

Tiongkok adalah sebuah negara di Asia Timur dan kesatuan republik sosialis satu partai yang dipimpin oleh Partai Komunis China (PKC). Ini adalah negara terpadat di dunia, dengan populasi lebih dari 1,4 miliar.

China mengikuti offset waktu standar tunggal UTC+08:00 meskipun mencakup lima zona waktu geografis dan berbatasan dengan 14 negara, terbanyak kedua dari negara mana pun di dunia, setelah Rusia berbatasan dengan 16 negara.

Meliputi area seluas sekitar 9,6 juta km2, ini adalah negara terbesar ke 3 atau ke 4 di dunia. Negara ini secara resmi dibagi menjadi 23 provinsi, lima daerah otonom, dan empat kotamadya yang dikontrol langsung Beijing (ibu kota), Tianjin, Shanghai (kota terbesar), dan Chongqing, serta dua wilayah administratif khusus Hong Kong dan Makau.

Peta Hongkong dan Makau

Ketika kedaulatan atas Hong Kong dan Makau dikembalikan ke China pada tahun 1997 dan 1999, dua wilayah administratif khusus didirikan di bawah kebijakan Satu Negara, Dua Sistem.

Garis pantai negara China sepanjang 18.000 km (11.000 mil).

Cina awalnya diperkirakan memiliki 50.000 sungai. Namun, karena perbedaan statistik, kehilangan air dan tanah, serta perubahan iklim, saat ini hanya tersisa sekitar 22.000 sungai. Sungai-sungai di Cina memiliki panjang total 420.000 kilometer. Sungai Yangtze memiliki panjang 6.300 kilometer dan memiliki daerah tangkapan air 1,8 juta kilometer persegi. Ini adalah sungai terpanjang di China dan Benua Asia ke 3 di dunia, setelah Sungai Amazon dan Sunai Nil. Sungai terpanjang kedua di Cina adalah Huang He (Sungai Kuning) 5.464 kilometer.

 

Batas Wilayah Area Negara Tetangga China (Tiongkok):

Sebelah utara:  Negara Rusia dan Mongolia.
Sebelah timur laut:  Negara Rusia.
Sebelah timur:  Korea Utara , Korea Selatan dipisahkan oleh Laut Kuning,

dan Jepang dipisahkan oleh Laut China Timur.

Sebelah tenggara:  Negara Taiwan dipisahkan oleh selat Taiwan,

Filipina dipisahkan oleh Laut China Selatan.

Sebelah selatan:  Negara Vietnam, Laos, Myanmar.
Sebelah barat daya:  Negara Bhutan, Nepal, India, Pakistan.
Sebelah barat:  Negara Afghanistan, Tajikistan, Kirgizstan.
Sebelah barat laut:  Negara Kazakhstan.
Peta Negara China Tiongkok dan negara tetangga di benua asia
Arah Mata Angin Indonesia

Batas wilayah map peta area negara tetangga china tiongkok di dunia, dilut.com