Batas Wilayah Negara Australia

Gambar Peta Batas Negara Australia

Batas Negara Australia

( Commonwealth of Australia )

Australia adalah satu satunya negara di dunia yang wilayah areanya meliputi seluruh benua Australia. Luas negara ini adalah 7.617.930 kilometer persegi dan merupakan negara terluas no 6 di dunia.

Canberra adalah nama ibu kota negara Kangguru ini, sedangkan kota terbesarnya adalah Sydney, Melbourne, Brisbane, Perth, dan Adelaide.

Jumlah penduduk Australia pada tahun 2021 sekitar 25,8 juta jiwa dan termasuk negara dengan kepadatan penduduk terjarang di dunia yaitu hanya dihuni 3,4 jiwa/km2.

Populasi Australia terkonsentrasi di sepanjang pantai timur dan tenggara. Geografi benua ini sangat beragam, mulai dari pegunungan Alpen Australia dan Tasmania yang tertutup salju hingga gurun besar, hutan tropis dan sedang, padang rumput, padang rumput, dan hutan.

Daratan Australia memiliki total panjang garis pantai 35.821 km (22.258 mil) dengan tambahan 23.860 km (14.830 mil) garis pantai pulau. Ada 758 muara di seluruh negeri dengan sebagian besar terletak di zona tropis dan sub-tropis. Australia memiliki zona ekonomi eksklusif terbesar ke-3 seluas 8.148.250 km2 (3.146.060 sq mi). ZEE ini tidak termasuk Wilayah Antartika Australia (tambahan 5.896.500 kilometer persegi).

 

Batas Wilayah Area Negara Tetangga:

Sebelah utara: Indonesia, Timor Leste, Papua Nugini.

Sebelah timur laut: Kepulauan Solomon, Vanuatu.

Sebelah timur: Samudra Pasifik.

Sebelah tenggara: Selandia Baru.

Sebelah selatan: Samudra Hindia.

Sebelah barat daya: Samudra Hindia.

Sebelah barat: Samudra Hindia.

Sebelah barat laut: Samudra Hindia, Indonesia.

Peta Negara Australia dan Negara Tetangga
Gambar Mata Angin

Batas wilayah map peta area negara tetangga australia, dilut.com