Bahaya dan Cara Menghindari Menggaruk Gigitan Nyamuk

Tahukah Anda, ternyata menggaruk bekas gigitan nyamuk bukan hanya mengakibatkan luka atau bentol pada kulit, lho! Menggaruk gigitan nyamuk bisa memberikan efek yang lebih berbahaya daripada itu. Jika garukan yang Anda lakukan menembus hingga ke kulit, kemungkinan akan terjadi infeksi pun akan lebih besar.

Banyak orang yang berpendapat, menggaruk bekas gigitan nyamuk atau serangga lainnya bisa meredakan rasa gatal dengan cepat. Tapi, Anda perlu mengingat bahwa garukan itu bisa lebih berbahaya. Salah satu penelitian yang di lakukan di Universitas Purdue menyebutkan bahwa menggaruk bekas gigitan bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Bahkan, malah akan memperlambat waktu penyembuhan.

Berdasarkan penelitian tersebut, menggaruk bekas gigitan nyamuk bisa membuat rasa gatal yang melekat lebih lama. Yang mengerikan lagi, garukan bisa mengakibatkan pendarahan hingga koreng. Hmmm, tidak mau kan hal tersebut terjadi pada diri Anda? Oleh karena itu, berusahalah untuk tidak menggaruk bekas gigitan nyamuk.

Ada beberapa cara yang efektif yang bisa Anda lakukan untuk menghindari garukan pada bekas gigitan nyamuk.

1. Sabun dan Air

Pertama, segera bersihkan area kulit yang digigit dengan menggunakan sabun dan air. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel dikulit Anda akibat bekas gigitan tersebut.

2. Es Batu

Cara lainnya, coba berikanlah es pada bekas gigitan. Es dipercaya bisa membantu mengompres bekas gigitan nyamuk. Selain itu, es bisa membantu mengurangi pembengkakan yang bisa saja terjadi di sekitar bekas gigitan. Tindakan tersebut bisa juga membantu mematirasakan area bekas gigitan dan mengurangi rasa gatal itu.

3. Lotion

Coba gunakan lotion. Oles lotion pada area bekas gigitan nyamuk atau serangga. Tujuannya untuk menenangkan kulit dan mengurangi rasa gatal yang berlebih. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan krim hidrokortison yang memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi. Agar warna kemerahan pada kulit bekas gigitan berkurang dan untuk mengurangi rasa gatal.

4. Jangan biarkan kuku Anda panjang

Jika Anda masih benar-benar tidak tahan dengan rasa gatal meskipun sudah melakukan beberapa cara di atas, jangan biarkan kuku Anda panjang dan kotor. Anda boleh menggaruknya asalkan tidak merusak kulit dan meninggalkan bekas luka.

5. Gunakan media lain yang lembut

Cara lain, Anda bisa menggaruknya dengan media lain seperti kain atau rambut. Gunakan alat yang memiliki tektur lembut dan tidak merusak kulit kita.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana bahayanya menggaruk bekas gigitan nyamuk? Agar tidak membekas dan menjadi kemerahan bahkan luka, lebih baik gunakan beberapa alternatif cara di atas agar kulitmu pun tetap sehat. Yuk, segera antisipasi gigitan nyamuk sekarang juga!